Danau Tondano, Danau Terluas Di Sulawesi Utara


Danau Tondano terletak di Desa Remboken, Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara. Danau Tondano memiliki luas sekitar 4.728 hektar dan berada pada ketinggian 600 meter di atas permukaan laut dan juga di kelilingi oleh 4 gunung dan dataran tinggi yang indah yang berada di sekitarnya. keempat dataran tinggi itu adalah Pegunungan Lembean, Gunung Kaweng, Bukit Tampusu dan Gunung Masarang. Luas Danau Tondano yang disebut sebagai Danau Terluas di Sulawesi Utara ini mencakup 3 buah kecamatan yaitu Kecamatan Eris, Kakas dan Remboken. Danau ini memiliki pemandangan yang sangat indah.


Danau Tondano

Sejarah Singkat Danau Tondano

Konon katanya danau ini memiliki cerita rakyat yang kemudian menjadi sebuah Danau. dimana legendanya adalah sebuah kutukan dari orang tua karena anaknya kawin lari. legenda ini masih di percaya oleh masyarakat setempat. di kisahkan pada zaman dahulu di sekitar danau tersebut terjadi hambatan asmara dari kedua remaja lawan jenis yang di mabuk cinta karena tidak di setujui dari kedua orang tua mereka. karena cinta mereka sangat besar, mereka tidak mau mendengarkan saran dari orang tua mereka dan kemudian mengambil keputusan untuk melakukan kawin lari. karna hal itu orang tua mereka marah dan membuat kembaran gunung kaweng tersebut meletus dengan dasyat sehingga bekas letusannya menjadi sebuah Danau.
Artikel Terkait : Keindahan Danau Maninjau Sumatera Barat
Danau Tondano 2

jika anda ingin berkeliling danau anda dapat menyewa perahu motor warga setempat dengan harga 50.000 ribu untuk 10 orang. jika anda bosan berkeliling anda juga dapat memancing ikan di danau ini. jenis ikan di danau ini juga beragam jenis ikan air tawar seperti ikan mujair, kabos, udang dan sebagainya. di danau ini anda juga dapat melihat Gunung Kaweng yang begitu menakjubkan. anda juga dapat merasakan kesejukan udara danau.

Dermaga Danau Tondano

danau ini juga memiliki tempat beristirahat layaknya dermaga kecil atau tempat untuk anda menikmati suasana danau sambil makan bersama keluarga. jika anda ingin menginap di daerah ini terdapat berbagai resort atau penginapan di sekitar wilayah danau. biaya untuk sebuah resort atau penginapannya seharga 175.000 an. selain menghabiskan waktu anda di wisata Danau Tondano, terdapat juga wisata lain yang dekat dengan Danau Tondano ini seperti Sumaro Endo di Desa Leleko, Kecamatan Remboken, Kabupaten Minahasa. Sumaro Endo adalah sebuah tempat rekreasi atau wahanna yang murah meriah dan banyak di kenal traveller. di kawasan danau anda juga dapat mencicipi makanan khas manado yang dominan dengan rasa pedas. anda dapat membelinya di warung sekitar danau Tondano. menu yang ada pun beragam seperti woku belanga dan ikan berbumbu rempah bagi anda yang menyukai pedas.


Rumah Apung Danau Tondano

Akses Menuju Lokasi

untuk bisa sampai ke Danau Tondano anda bisa memulai dari Kota Manado. dari Kota Manado bergeraklah menuju Desa Remboken yang terdekat dengan Kota Tomohon. perjalanan anda sekitar 3 jam perjalanan dari Kota Manado. anda juga bisa sampai ke wisata yang satu ini dari Kota Tomohon menuju Tondane Lake. di dalam perjalanan anda akan menemui jalan yang berkelok, jadi waspada dan berhati-hati dalam perjalanan anda karena jalan yang tidak mulus.



Demikianlah informasi wisata tentang Danau Tondano yang terluas di Sulawesi Utara. tempat ini wajib anda kunjungi jika anda berjalan ke sulawesi utara. Ayo Kunjungi Danau Tondano.

1 Response to "Danau Tondano, Danau Terluas Di Sulawesi Utara "