Pantai Solop, Wisata Tersembunyi di Indragiri Hilir


Pantai Solop adalah salah satu objek wisata unggulan kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau. Pantai Solop memilik pemandangan yang cukup mengesankan, dimana pasir putih yang sering dikenal dengan nama Pasir Sirsak terhampar disepanjang bibir pantai, yang terdapat di kawasan Hutan Bakau.

Hutan Bakau yang mengelilingi Pantai Solop merupakan Hutan Bakau terindah di Indonesia. Pantai Solop ini berada di Desa Pulau Cawan Kecamatan Mandah Kabupaten Indragiri Hilir. Pantai Solop ini dipopulerkan oleh mantan Gubernur Riau H.M. Rusli Zainal melalui sebuah lagu Zapin, yang di kenal dengan Zapin Pantai Solop. Yang mana lagu ini dikenal juga sebagai lagi pengiring senam di zaman kepemimpinan Bapak Rusli Zainal.

Baca Juga : Air terjun Aek Martua, di atas air terjun ada air terjun

Di daerah Riau daratan, Pantai merupakan salah satu objek wisata yang masih tergolong jarang. Karena sebagian besar masyarakat Riau lebih memilih untuk mengunjungi Pantai di Sumatera Barat, seperti pantai Air Manis yang dikenal dengan Malin Kundangnya. Mungkin salah satu faktor penyebabnya adalah masyarakat Riau sendiri kurang tahu bahwa Riau juga memiliki objek wisata Pantai.


Pantai Solop

Pantai Solop ini berada di bagian timur Pulau Sumatera yang merupakan jalur transportasi utama yang menghubungkan Kota Tembilahan dengan kota-kota lainya di sekitar baik yang ada di Provinsi Riau seperti Bengkalis, maupun daerah Kepulauan Riau seperti Tanjung Balai Karimun, Tanjung Batu, Batam dan Tanjung Pinang, bahkan negara tetangga seperti Malaysia dan Singapure.

Tempat Menarik Lainya di Pantai Solop

Selain menikmati keindahan pasir putih seperti putihnya sirsak yang unik di Pantai ini, anda juga dapat menikmati keindahan hutan Mangrove sepanjang mata memandang, yang tidak tertandingi yang mengelilingi Pantai Solop ini. Selain itu Pantai Solop juga dikelilingi oleh pulau-pulau kecil di seberangnya, salah satunya adalah Pulau Sangkar Ayam yang terkenal dengan cerita rakyatnya, yaitu kisah Intan Suri dan Bujang Kelana, serta kekejaman Pendekar Katung.

Panorama Pantai Solop


Keunikan dari Pantai Ini

Keunikan dari pantai ini sendiri dan tidak ada terdapat di pantai-pantai lain yang ada di Indonesia adalah pasir putih yang merupakan pasir dari Fosil hewan laut, seperti kerang-kerang dan sejenisnya, sehingga pasir ini dikenal dengan nama Pasir Sirsak.
Pasir ini terbentuk melalui proses kejadian alam yang panjang dan terjadi akibat dari hempasan gelombang pasang maupun surut. Hal ini kemudian menyebabkan Pasir Sirsak ini terhampar di sepanjang Pantai Solop. Sehingga pantai ini terlihat indah dan memiliki keunikan serta daya tarik tersendiri yang tidak bisa ditemukan di pantai-pantai lain, serat air asin yang berwarna agak kecoklatan seperti air sungai.

Warna kecoklatan ini bukan karna disebabkan pencemaran limbah atau tidak terawatnya tempat ini, hal ini karna adanya pengaruh dari pantai yang membuat perubahan pada warna air. Kita juga tidak perlu takut dengan berbedanya warna air di Pantai ini, air di pantai ini juga sama dengan pantai-pantai yang lain yang masih bersumber air asin, hanya karna warna airnya saja yang berbeda, itu lah yang membuat keunikan-keunikan yang di miliki di Pantai ini.

Mangrove Pantai Solop


Akses Menuju Lokasi Ke Pantai Solop

Untuk menuju Pantai Solop ini kita melewati jembatan beton yang menyerupai dermaga. Serta di samping kiri dan kanan kita juga bisa menikmati pemandangn Pohon Bakau di sepanjang jembatan ini.

Akses menuju Pantai Solop


Untuk dapat sampai di Pantai Solop dapat ditempuh dengan menggunakan transportasi sungai maupun laut, karena pantai solop terletak dibagian timur Pulau Sumatera yang merupakan jalur transportasi utama yang menghubungkan Kota Tembilahan (Ibu kota kabupaten Indragiri Hilir). Dari Kota Tembilahan, untuk menuju lokasi ini dapat ditempuh melalui jalan laut sekitar 1,5 sampai 2 jam. Sedangkan dari Kecamatan Mandah  sekitar 20 sampai 40 menit.

Sedangkan dari Pekanbaru Anda dapat menggunakan mobil angkutan umum menuju ke Kota Tembilahan terlebih dahulu, perjalanan dari Pekanbaru ke Tembilahan ini jarak tempuh sekitar 6 sampai 7 jam.



5 Responses to "Pantai Solop, Wisata Tersembunyi di Indragiri Hilir"

  1. kami izin share ya artikel2nya mas, mksh sblumnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke mas ,,,,
      yang penting jangan lupa cantumkan sumbernya ya ...

      Hapus
  2. Kalo dari tembilahan ksana pake ap ya..berapa itu tarif perjalanannya..pengen bgt ksana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berapa orang mau kesana?? Perorang 250.000 sudah Paket Pergi Pulang Sama Makan..

      Hapus
    2. Assalamualaikum...
      Minta infonya bang...
      Kalo mau mancing kesana ada yg sewa boad ga ya...??
      Pengen mancing di sungai hutan bakaunya...

      Hapus