Kawah Putih, Saljunya Sumatera Utara


Kawah Putih Salju Dolok ini terletak di Desa Dolok Marawa, Kecamatan Silau Kahean, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara. Kawasan ini merupakan sebuah kawasan bukit kapur dengan warna yang unik. tempat ini mirip dengan sebuah danau yang memiliki warna tanah yang unik yaitu berwarna putih yang menyerupai seperti salju. di tengah kawasan kawah putih ini terdapat danau air panas yang berwarna biru kehijauan. Kawah Putih Tinggi Raja ini terbentuk dari proses panas bumi yang mengandung belerang sehingga membentuk bukit kapur putih seperti bukit-bukit salju dengan luas mencapai 30 Ha. di tempat ini juga terdapat sungai dan airnya terasa hangat karena aliran sungai berasal dari aliran air panas kawah putih. Kawasan ini belum terkenal dan anda wajib untuk mengunjunginya. namun perlu di ingat bahwa jalan menuju ke tempat wisata ini kurang bagus banyak warga setempat yang meminta uang.


Kawah Putih Tinggi Raja

Temapat Wisata Salju Dolok Tinggi Raja adalah tempat wisata yang eksotis di kawasan cagar alam seluas 176 hektar dan memiliki luas kawah mencapai 4 hektar. kawasan ini berada di kawasan hutan hujan tropis dataran rendah yang subur dan hijau dengan komposisi pohon yang beraneka ragam. ada 2 kawasan yang dapat anda kunjungi di wisata ini yaitu Bukit Kapur yang di lalui oleh aliran air panas yang membuat bebatuan ini menjadi indah di pandang mata. Kemudian Karpet Alam yang terbentuk dari aliran sungai yang berlumut yang di lewati air panas menjadikan berbatuan tersebut seperti sebuah karpet yang berwarna hijau keputihan. disini juga terdapat kolam air panas yang tidak begitu besar yang nampak bergelembung dari dasar kolam. pengunjung dilarang untuk mandi di daerah tersebut karena mungkin air nya terlalu panas.   

Pesona Kawah Putih Salju Dolok Tinggi Raja

disini juga terdapat sebuah tempat pemandian yang bisa anda pakai untuk berendam. sumber air panas ini di percaya mengandung belerang yang baik bagi kesehatan kulit anda. terdengar mitos dari penduduk setempat bahwasan di kawasan ini, jika anda membawa makanan bagi teman yang non muslim jangan membawa makanan yang mengandung daging babi karena dapat menurunkan hujan di kawasan tersebut. anda juga dapat merebus telur di kawasan kawah tetapi, jika telur yang anda rebus berkurang maka anda jangan menuduh teman anda dulu karena mitos dari tempat ini hal tersebut terjadi karena telur anda di ambil oleh penunggu kawasan kawah putih ini. sumber air panas ini suhunya mencapai 90 derajat ini berasal dari celah-celah bukit kecil yang ada di sekeliling kawasan wisata kawah putih tersebut. 

Salju Dolok Tinggi Raja Sumatera Utara

Akses Lokasi Wisata 

Jalan pertama yang bisa anda lalui untuk sampai ke Salju Dolok Tinggi Raja adalah melalui kota medan kemudian ke Lubuk Pakam lalu ke Galang kemudian sampai ke Dolok Tinggi Raja. jalur lainnya anda bisa melalui dari Masihul kemudian Nagori Dolok dan sampai ke Dolok Tinggi Raja. jalur terakhir yang bisa anda gunakan juga adalah dari Medan-Lubuk Pakam-Galang-Bangun Purba-Dolok Tinggi Raja. waktu tempuh semua rute tersebut sekitar 2 sampai 3 jam perjalanan. jadi anda tinggal pilih yang mana rute yang akan anda lewati.


Akomodasi

di kawasan ini tidak terdapat penginapan untuk anda menginap karena letaknya di daerah hutan tropis dataran rendah. alangkah baiknya anda membawa makanan sendiri dari luar agar lebih aman meskipun di kawasan terdapat tenda-tenda kecil warga setempat yang berjualan makanan dan minuman siap saji. tapi sayangnya masyarakat setempat tidak menjaga tempat tersebut dari sampah-sampah yang berserakan akibat berjualan di kawasan wisata tersebut.



Demikianlah informasi tentang wisata Kawah Putih Dolok Tinggi Raja. tempat ini juga disebut salju panasnya milik Desa Dolok Merawa. Kunjungi Wisata Yang Masih Alami Ini.

0 Response to "Kawah Putih, Saljunya Sumatera Utara "

Poskan Komentar