Takengon, Wisata Negeri Di Atas Awan


Provinsi Aceh, adalah provinsi dengan sejuta kekayaan alam dan keindahan yang tiada habisnya. Provinsi paling barat dari Negara Indonesia ini menyimpan begitu banyak keindahan yang tidak pernah habis untuk dieksplor. Salah satunya adalah Kota Takengon, sebuah negeri di atas awan. Kota Takengon adalah ibukota Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh, Indonesia.


Kota ini sangat terkenal dengan letak geologisnya yang sangat tinggi, karena itu takengon disebut dengan negeri di atas awan. Dengan letaknya yang tinggi, yaitu sekitar 1200 meter di atas laut membuat suhu udara di Kota Takengon menjadi sejuk dan sangat dingin. Disekitar daerah di kota atas langit ini terdapat beberapa objek wisata seperti Danau Laut Tawar, Pantan Terong dan Gua Puteri Pukes.



Di Kota Takengon ada beberapa objek wisata yang wajib di kunjungi, yaitu :
Takengon berasal dari bahasa aceh yaitu "Tikungan" yang arti nya kelokan, karena untuk menuju ke kota ini harus melewati rute tanjakan perbukitan dan menelusuri lereng-lereng gunung dengan jalan berkelok-kelok yang terjal dan curam, dengan jurang kadang disebelah kiri dan kadang disebelah kanan, penuh pepohonan lebat sepanjang jalan. Kota Takengon sangat terkenal dalam berbagai macam hal, baik itu objek wisata, kuliner, pemandangan alam, refreshing, bersepeda, sehingga tempat ini menjadi destinasi yang sangat tepat untuk dikunjungi bagi Anda yang merasa galau, jenuh dengan pekerjaan yang begitu banyak, liburan akhir tahun maupun liburan sekolah. Namun tetap gunakan kebutuhan akan wisata menjadi kegiatan yang positif, bersyukur dengan cara tidak merusak alam ciptaan Allah Subhanahu Wata'ala yang indah dan mempesona di bumi Indonesia ini.

Takengon, Negeri Atas Awan

Keindahan Alam Kota Takengon

Pemandangan alam yang begitu mempesona dan memanjakan mata terus terasa sepanjang perjalan ke kota atas awan ini. Melewati kaki Gunung Geureundong dengan jalannya yang berliku-liku membuat kepala sedikit pusing namun akan terbalaskan dengan suasana alam yang jarang kita lihat ini. Bayangkan saja dengan ketinggian 1200 mdpl kalau di dunia pendakian gunung, ketinggian tersebut sudah masuk kategori gunung lho. Karena itu dataran ini yang sangat cocok untuk budidaya Kopi Arabika, Tembakau dan Damar.

Jika berada di Kota Takengon, indra penglihatan kita akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan alam yang luar biasa. Pemandangan indah akan kayanya alam nusantara ini. Kita akan melihat Danau Laut Tawar, yang begitu luas dan hampir tampak seluruh permukaannya. Serta dikelilingi oleh bukit-bukit yang menjadikan view kita seperti sebuah cawan berisikan air. Juga tidak kalah kerennya bangunan-bangunan rumah disekitar danau. Terlihat seperti sebuah dermaga yang sangat luas.

Baca Juga : Wisata Air Terjun Blang Kolam

Pemandangan langit yang luas sejauh mata memandang. Dengan awan yang begitu jelas terlihat sangat dekat bagaikan kita sedang berada di atasnya. Serasa kita sedang berpijak di awan tersebut. Melihat gerakannya yang begitu cepat dan berubah-ubah layaknya perasaan manusia. Karena itu selalu mengucap syukur dengan semua nikmat yang tiada habisnya ini. Di tempat ini terdapat banyak objek wisata yang sangat mirip dengan sisi lainnya di negara Indonesia, yaitu Sumatera Barat. Dengan Danau Laut tawar layaknya Danau Maninjau, Puncak Pantan Terong layaknya Puncak Lawang, cerita rakyat Puteri Pukes menjadi batu seperti cerita Malin Kundang, Kopi Gayo dengan Kopi Lawang. Dan masih banyak lagi hal yang sangat mirip dari kedua daerah antara Aceh dan Sumbar.
Negeri atas awan

Danau Laut Tawar Takengon

Sebuah kawasan wisata yang terletak di Dataran Tinggi Gayo, Kabupaten Aceh Tengah, Aceh. Kota Takengon berada di sisi barat danau ini. Masyarakat setempat menyebut danau ini dengan sebutan Danau Lut Tawar. Bentuk geologisnya yaitu memiliki luas 5.472 hektare dengan panjang 17 km dan lebar 3,219 km. Volume airnya kira-kira 2.537.483.884 m³. Danau ini hidup berbagai macam hewan air tawar seperti ikan dan udang. Dan konon masyarakat setempat mengatakan bahwa disekitaran danau juga masih banyak habitat satwa langka seperti trenggiling, landak, siamang, kijang, kucing hutan dan harimau.



Danau Laut Tawar

Pantan Terong


Wisata ketinggi yang berada di puncak bukit Dataran Tinggi Gayo Takengon Kecamatan Bebesen Kabupaten Aceh Tengah yang bernama Puncak Pantan Terong. Dengan ketinggian 1.830 meter dan mempunyai jarak 7,5 km ke arah barat dari Kota Takengon. Dari puncak ini hampir terlihat seluruh desa di Takengon serta pemandangan indah Danau Laut Tawar dan hijaunya bukit barisan yang mengapit hilir danau.
Pantan Terong

Gua Puteri Pukes

Salah satu objek wisata yang wajib dikunjungi jika berwisata ke takengon adalah wisata ke Loyang Puteri Pukes. Loyang adalah sebutan untuk gua/goa, sedangkan Puteri Pukes adalah legenda yang ada di daerah Kota Takengon. Untuk letak geografisnya gua ini berada di kaki bukit Kecamatan Kebayakan yaitu arah menuju ke Kecamatan Nosar Kabupaten Aceh Tengah, dimana untuk menuju lokasi ini dibutuhkan waktu sekitar 2 km menurun dari Kota Takengon.

Gua Puteri Pukes

Gayo Highland dan Kopi Gayo

Gayo merupakan salah satu daerah yang berada di puncak bukit barisan. Dataran tinggi Gayo meliputi wilayah Kabupaten Aceh Tengah dan kabupaten Bener Meriah serta kabupaten Gayo Lues. Gayo Highland atau yang dikenal dengan nama Bur Gayo (bur = Gunung/Bukit) oleh masyarakat sekitar. Banyaknya dataran tinggi di daerah Takengon menjadikannya mendapat sebutan negeri di atas awan dan Kota Seribu Gunung. Udara nya yang segar dan penampakan alam yang alami di puncak gayo membuat mata sangat fresh dan hati menjadi tentram. 
Gayo Highland

Kawasan Gayo ini sangat terkenal dengan kopinya yaitu Kopi Gayo, ini juga salah satu yang membuat Aceh terkenal dengan kopinya. Biasanya kopi yang tumbuh di dataran tinggi mempunyai cita rasa yang nikmat dan khas. Kopi Gayo juga dikenal dengan nama Kopi Takengon. Kopi Gayo ini adalah salah satu jenis kopi arabica yang dulunya sangat langka dan hanya tumbuh di daerah afrika.
Kopi Gayo

Lokasi dan akses ke Takengon

Jika dair Kota Banda Aceh. Anda bisa menggunakan bus umum atau menyewa mobil untuk datang ke Takengon dengan jarak tempuh sekitar 8 - 9 jam. Anda juga bisa juga pergi ke Danau Laut Tawar melewati Kota Medan dan jarak tempuhnya yang lebih singkat, yaitu sekitar 3-4 jam saja. Untuk lebih jelasnya bisa kita lihat pada peta dibawah ini. Nah, jika Anda memang ingin berkunjung ke Takengon Anda bisa menggunakan petunjuk arah dibawah ini dengan mencantumkan posisi Anda. (ilustrasi dibawa dari Banda Aceh ke Takengon)



Baca Juga : Objek wisata di Pulau Weh

1 Response to "Takengon, Wisata Negeri Di Atas Awan"