Museum Siwalima Kota Ambon


Museum Siwalima terletak di Desa Amahusu, Kecamatan Nusanime, Kabupaten Ambon, Provinsi Maluku. museum biasanya identik dengan tempat objek wisata peninggalan benda-benda sejarah namun, museum ini berada di atas bukit yang menghadap teluk kota ambon. wisata museum siwalima di bagi menjadi dua bangunan yaitu bangunan pertama di beri nama museum kelautan siwalima dan bangunan kedua di beri nama museum budaya siwalima. wisatawan dan pengunjung juga bisa meminta permintaan khusus untuk menikmati sajian musik local, pementasan tari dan demo pembuatan kain tenun. jika berkunjung disini Pertama kali yang akan dijumpai oleh para pengujung adalah kata Usu Mae Upu di depan pintu masuk yang mempunyai arti “Mari silakan masuk”. Wisata Museum Siwalima memiliki koleksi sejarah yang ribuan yang terbagi menjadi sepuluh jenis yaitu geologika, biologika, etnografika, arkeologika, historika, numismatika heraldika, filologika, keramika, teknologi modern, dan seni rupa. museum ini di perkirakan memiliki koleksi 5300 koleksi bersejarah yang setiap 5 tahun akan ada perubahan koleksi yang akan di pamerkan. benda-benda yang terdapat di museum siwalima kebanyakan berasal dari kabupaten Maluku Tenggara Barat, Maluku Barat Daya, dan Maluku Tengah. Rata-rata koleksi yang ada merupakan sumbangan dari berbagai pihak, baik masyarakat sipil maupun institusi lainnya, salah satunya adalah Pusat Penelitian Laut Dalam Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2LD-LIPI) yang menyumbangkan seekor hiu yang diawetkan di dalam akuarium dan kerangka siput serta kerang-kerangan juga ada disini. 


Museum Siwalima Kota Ambon

Sejarah Singkat Museum Siwalima

museum siwalima ini didirikan pada tanggal 8 november 1973 namun, museum ini baru di resmikan pada tanggal 26 maret 1977. kata siwalima adalah bentukan dari 2 kata, menurut sejarah kedua kata tersebut diambil dari sejarah kerajaan-kerajaan yang pernah ada di provinsi maluku. kata siwa yang berarti sembilan yang diambil dari kata ulisiwa yang merupakan kumpulan 9 kerajaan di wilayah selatan maluku dan kata lima yang diambil dari kata patalima yang merupakan kumpulan 5 kerajaan di wilayah utara maluku. Museum Siwalima Ambon juga menyuguhkan permainan tradisional yang dikelola oleh masyarakat Maluku sendiri. permainan ini disuguhkan dengan berpegang teguh pada norma dan adat kebiasaan yang sudah tertanam di dalamnya. Akibatnya, kegiatan ini dapat menciptakan rasa senang dan rasa gembira.

Museum Siwalima Ambon

Museum Kelautan Siwalima 

bangunan ini tersimpan sejarah kelautan masyarakat ambon seperti benda-benda sejarah dan binatang-binatang laut. wisata museum kelautan siwalima terdapat kerangka ikan paus dengan panjang 9M, 17M dan 19M serta terdapat juga kekayaan kehidupan laut maluku. didalam bangunan terdapat ruangan pameran yang dimana menampilkan Busana Pengantin Nusantara ,busana-busana pengantin yang ada di Indonesia dan busana khusus pengantin Maluku. 

Museum Kelautan Siwalima

Museum Budaya Siwalima

bangunan ini tersimpan segala hal yang berkaitan dengan budaya maluku seperti bangunan asli maluku, pakaian adat, alat-alat pertanian, senjata adat, perlengkapan upacara adat, uang lama dan berbagai guci pada masa penjajahan jepang. didalam bangunan terdapat ruangan pameran dimana menampilkan keindahan laut maluku dan alat-alat transportasi yang digunakan dari zaman dulu sampai yang modern. selain itu juga ada beberapa rangka paus dan buaya.

Museum Budaya Siwalima

Harga Tiket Museum Siwalima 

untuk harga tiket memasuki museum siwalima harganya terbilang murah serta terjangkau yakni 5000 ribu rupiah untuk orang dewasa dan 2000 ribu rupiah untuk anak-anak. jika pengunjung atau wisatawan membawa rombongan maka akan membayar tiket masuk 1500 per orangnya. 


Fasilitas Museum Siwalima 

objek wisata museum siwalima juga memilki berbagai fasilitas umum yaitu toilet, mushola dan tempat parkir. disini juga terdapat tourgate yang dimana mereka akan menjelaskan semua yang ada dengan detail didalam museum ini dana akan mejelaskan sejarah museum siwalima ini. 

Samurai Museum Siwalima

Akses Lokasi Museum Siwalima 

bagi wisatawan yang berada di luar kota ambon, harus menggunakan kendaraan umum atau lebih bagusnya menggunakan pesawat biar lebih cepat sampai ke kota ambon. museum ini tidak jauh dari pusat kota ambon yakni berjarak sekitar 5 KM dan dapat di capai menggunkan kendaraan umum yang menuju ke arah taman makmur atau menggunakan kendaraan pribadi.


Demikianlah informasi tentang Objek Wisata Museum Siwalima Maluku. pengunjung dapat mengenal sejarah dan budaya provinsi maluku disini. wisata edukasi ini dapat menambah wawasan tentang budaya lokal. ayo kunjungi segera musuem yang populer di kota ambon. 

0 Response to "Museum Siwalima Kota Ambon"

Posting Komentar