Coban Talun, Wisata Terpopuler dan terHits di Malang


Air Terjun Coban Talun terletak di Dusun Wonorejo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kabupaten Kota Batu, Provinsi Jawa Timur. coban artinya adalah air terjun. destinasi wisata coban talun yang lagi hits dan terpopuler di kota malang. kota malang jawa timur menjadi incaran bagi wisatawan lokal untuk mengunjungi berbagai wisata yang berada di kota malang. kota malang terkenal dengan batu dan buah apelnya dan sekarang juga dikenal dengan berbagai wisata menarik yang berada di kota ini. wisata terkenal di kota malang selain dari air terjun coban talun adalah wisata museum angkut dan Eco Green Park yang memberikan nuansa taman wisata untuk keluarga. kota malang yang berdekatan dengan kota surabaya ini juga memiliki destinasi wisata yang mempesona dan indah untuk anda kunjungi. sebenarnya ada banyak objek wisata air terjun selain coban talun seperti coban rondo, coban cangar dan coba rais. namun coban talun sekarang menjadi air terjun yang lagi hits di jawa timur. air terjun coban talun memberikan suasana panorama yang eksotis di pebukitan kota malang. nama nya pulau jawa dan kota malang pasti setiap wisatanya memberikan udara yang dingin dan sejuk. coban talun ini adalah sebuah destinasi wisata yang cukup terkenal di kalangan backpacker,  wisatawan local dan wisatawan asing atau turis. air terjun coban talun memiliki ketinggian sekitar 75 meter dan terletak 950 meter di permukaan laut. karena terlalu dinginnya tempat wisata ini, suhu di tempat ini mencapai 18-23 derajat celcius. kawasan wisata air terjun coban talun ini termasuk kedalam kelas hutan lindung yang terdiri dari hutan pinus dan rimba campur. keberadaan hutan pinus dan hutan rimba inilah yang membuat kesejukan kawasan air terjun talun ini. setiap tempat yang berada di kawasan hutan atau air terjun pasti menyimpan berbagai cerita mistis dan mitos, sama halnya dengan coban talun juga memiliki cerita mistis yang angker. disini terdapat juga sebuah taman bunga yang mempesona. terdapat sumber air terjun yang memiliki arus yang sangat besar. air terjun dari wisata ini adalah hulu dari sungai brantas. air terjun coban talun terbentuk dari proses batuan beku yang di akibatkan adanya erupsi vulkanik dari pegunungan secara geografinya. ada juga wisawatan seperti anak kuliah yang camping disini dan melakukan aktivitas pratikum perkuliahan mereka disni. selain pemandangan yang indah saat bersantai di area air terjun, disini juga memiliki spot berfoto bagi anda pengunjung dan wisatawan yang ingin mengabadikan foto anda ke dalam sosial media seperti facebook, instagram, twitter dan whatsapp. salah satu spot berfoto yang asik adalah taman bunga atau kebun bunga yang memiliki berbagai macam bunga beserta warnanya yang di tanam di sini. taman bunga ini sering juga di gunakan untuk foto pra wedding dan shooting video untuk sebuah majalah. terdapat spot bernama jembatan asmara yang memiliki panjang jembatan sekitar 14 meter yang dapat di percaya bisa mempertahankan hubungan.     



Air Terjun Coban Talun Yang Tersembunyi

saat pengunjung mengunjungi wahanna taman bunga sangat indah dan mempesona sebagai latar belakang untuk berfoto namun, ada yang kurang dari taman bunga adalah tidak adanya sentuhan edukasi perihal botani, edukasi biologi tropika, atau budi daya tanaman bunga dan hias. wahanna aphace camping di wisata air terjun coban ini memiliki konsep rumah indian. spot rumah pagupon artinya adalah sangkar burung merpati dalam bahasa jawa. selain spot apache camp dan rumah pagupon, ada satu spot yang tidak kalah bagus dari yang lain yaitu spot bunga matahari raksasa. tempat ini cocok untuk liburan dari berbagai kalangan usia. pada dasar air terjun coba talun terdapat kolam air dangkal yang bisa pengunjung dan wisatawan untuk bermain air ataupun berenang. disini juga terdapat wahanna untuk berfoto yaitu bendungan coban yang gagah dan cantik. selain museum angkut, wisata terdekat lainnya yang dapat anda kunjungi antara lain seperti taman rekreasi selecta, batu secret zoo, taman rekreasi jawa timur, paralayang batu, bukit callindra, alun-alun kota batu, museum satwa, jawa timur park 1, kampoeng kidz, coban rondo,  jawa timur park 3, batu night spectacular, museum tubuh manusia bagong, wisata pujon kidul, pemandian air panas cangar batu, museum topeng, masjid agung annur, kebun teh wonosari, wisata desa agro bumi aji dan taman kelinci. disini juga terdapat kuliner khas jawa timur atau kota malang seperti rawon dan yan lainnya. 

Aphace Camp Air Terjun Coban Talun

Harga Tiket Masuk Air Terjun Coban Talun 

harga tiket masuk untuk memasuki destinasi wisata yang indah ini, anda cukup membayar uang tiket masuk sebesar 10.000 ribu rupiah per orangnya. biaya ini hanya untuk tiket masuknya saja, jika anda berkemah dan melakukan kegiatan camping pengunjung dan wisatawan akan di kenakan biaya lagi. apalagi pengunjung dan wisatawan ingin memasuki area aphace camp di dikenakan biaya sekitar 5000 ribu rupiah. bagi pengunjung yang ingin menginap di area aphace camp di kenakan biaya sebesar 500 ribu rupiah untuk 4 orang dan dapat sarapan pagi maupun malam. uang parkir untuk kendaraan roda dua sekitar 5000 ribu rupiah. menginap di rumah pagupon di kenakan biaya sekitar 300 ribu rupiah permalamnya. jadi untuk penginapan, hotel dan resort telah tersedia disini dengan berbagai macam harga dan fasilitas tentunya. 



Pesona Keindahan Coban Talun Malang

Fasilitas Air Terjun Coban Talun

terdapat banyak fasilitas umum disini seperti mushola, toilet, tempat makan atau kantin, ruang serbaguna, rumah pohon, hammock, cafe, kamar mandi dan rafting. karena konsep dari wisata ini adalah memadukan ekosistem wisata alami dengan ekosistem wisata buatan. disini ada sebuah area camping ground untuk para wisatawan yang ingin berkemah dan menginap disini. di kawasan air terjun coban talun terdapat juga berbagai macam wahanna yang dapat anda gunakan untuk bermain di lokasi ini. kebun bunga atau taman bunga menjadi salah satu fasilitas yang sering di kunjungi para wisatawan dan anak muda. wahanna yang di tawarkan disini tergolong banyak seperti rumah pagupon dan apache camp. pengunjung juga dapat melakukan aktivitas dengan menyewa sebauh ATV atau motor roda empat dan motor trail yang dimana biaya sewanya berbeda-beda. ada satu spot coban talun yang di percaya memiliki mitos romantis. karena jika setiap sepasang kekasih dapat melewati jembatan ini maka di percaya hubungan mereka akan langgeng atau bertahan lama. jembatan ini dikenal dengan nama jembatan asmara yang terbuat dari bambu dan juga kayu. terdapat juga toko souvenir. 

Taman Bunga Wisata Air Terjun Coban Talun

Akses Lokasi Coba Talun Kota Batu 

para pengunjung sempaker, anda tidak perlu khawatir dengan akses jalan menuju coban talun ini karena lokasi coban talun sangat mudah di cari dan di dapatkan. bagi pengunjung dan wisatawan yang berada di luar pulau jawa anda harus menggunakan pesawat untuk sampai ke kota malang karena kalau memakai pesawat cepat sampainya di banding memakai kendaraan umum. untuk sampai ke lokasi wisata yang satu ini sangatlah mudah, karena letak objek wisata ini berdekatan dengan wisata museum angkut dan jatim park. disarankan pengunjung menggunakan kendaraan pribadi biar lebih nyaman di perjalanan daripada menaiki kendaraan umum. akses jalan utama selalu macet disaat hari weekend dan liburan. pengunjung tidak perlu khawatir karena masih ada jalan alternatif lainnya. jika pengunjung berangkat dari arah kota surabaya menuju daerah gempol dan kemudian lanjutkan perjalanan anda hingga mojekerto. setelah sampai di mojekerto anda akan melihat pertigaan dan tugu adipura yang letaknya di tengah-tengah jalan. dari sini belok ke jalan ari langga yang sudah ada papan petunjuk jalan menuju wisata coban talun. bagi para pengunjung yang datang dari arah selatan yaitu kota batu, wisatawan langsung menuju ke arah pusat kota batu. kemudian di pertigaan belok ke kiri. setelah belok kiri ambil jalan kearah kanan dan belok ke kiri pada pertigaaan berikutnya yang menuju wisata jatim park dan museum angkut. ketikan pengunjung dan wisatawan sampai ke perempatan wisata museum angkut, ambil jalur sebelah kanan yang menuju lokasi wisata. untuk jalur utama berjarak 2 km yang membutuhkan waktu sekitar 30 hingga 60 menit untuk menuju lokasi tujuan. untuk masuk ke wisata coban talun tidak bisa menggunakan kendaran untuk masuk kedalam, karena tidak memungkinkan kendaraan untuk masuk. jadi, kendaraan anda di tinggal di tempat area parkir yang telah di sediakan dan pengunjung masuk dengan berjalan kaki. berhati-hatilah berjalan menuju ke lokasi karena jalan licin dan banyak hutan nanti tersesat. jadi saat anda telah sampai ke depan pintu gerbang lokasi anda harus menyeberangi sungai atau DAM dari area parkir kendaraan anda dengan jarak 2 Km untuk sampai ke coban talun. 





Demikianlah informasi tentang objek wisata Air Terjun Coba Talun Kota Batu. wisata ini lagi hits dan ramai di kunjungi oleh para wisatawan dari berbagai daerah. bisa di katakan wisata ini lagi populer di daerah kota malang. jadi bagi para pembaca sempaker, anda di rekomendasikan saat anda berada di kota malang anda harus pergi berlibur kesini bersama keluarga anda. 

2 Responses to "Coban Talun, Wisata Terpopuler dan terHits di Malang"

  1. wah ini satu satunya tempat wisata Malang coban yang pengen aku datangi, tapi gak ada barengannya yak :')

    BalasHapus