Wisata Religi, Masjid Agung Madani Rokan Hulu


Masjid Madani Islamic Centre terletak di Desa Pematang Berangan, Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau. Masjid ini dibangun dengan uang rakyat multiyears APBD Rohul, dikawasan Islamic Centre Pasir Pangaraian menjadi mesjid terbaik di Riau Tahun 2015. berdirinya masjid agung madani ini adalah sebuah ide dari Bupati Rokan Hulu. Masjid ini didirikan karna di latar belakangi belum adanya masjid refresentatif untuk dijadikan sebagai tempat sholat dan kegiatan keagamaan setingkat kabupten. Masjid ini bukan hanya menjadi kebanggaan warga riau semata, karena masjid ini telah menjadi icon wisata relegius kota pasir pangaraian saat ini. bukan hanya wisatawan lokal yang berkunjung ke masjid ini, melainkan wisatawan mancanegara banyak yang telah mengunjungi Masjid Agung Madani Rokan Hulu ini. Masjid ini didirikan diatas lahan seluas 22 Ha. Luas Bangunan Masjid Agung Madani ini 15.800 yang dapat menampung 15.000 hingga 20.000 jamaah di dalam Masjid yang megah ini.



Masjid Agung Madani Rokan Hulu

Masjid Agung Madani ini di desain seperti Masjid Nabawi yang berada di Madinah. Bangunan di Masjid ini penuh dengan lambang dan simbol keislaman. Masjid Agung Madani Islamic Centre Rokan Hulu dihiasi dengan berbagai kaligrafi serta lampu gantung seberat 2 ton, terbuat dari Pelat Kuningan dari Italia, dan batu hias, Batu Oksi dari Jawa Timur, Batu Akik dari Kalimantan dan Turki, Batu Cris Topas dari Jawa Barat dan Batu Kalimaya dari Banten, kaca lampu Gold Spectrum dari Amerika dan bagian tengah merupakan perisai muslim, bagian pinggir terdapat rantai yang merupakan persatuan umat Islam, 8 bilah pedang sabilillah Khaidir Ali, 16 busur panah Syaidina Ali bin Abi Tholib dan 8 tombak Abu Bakar Assiddiq, ditambah dengan bunga Kusuma lambang kejayaan Islam dan dikelilingi surat Al-Fatihah, surat Al –Kafirun, surat Annas serta 99 Asmaul Husna. Masjid Agung Madani juga dilengkapi dengan sarana MCK Mandi Cuci Kakus) yang cukup dan memadai, tempat wudhu yang nyaman dan bersih, sejadah dari Turki. Fitur utama bangunan masjid ini terdiri bangunan utama masjid dan bangunan plaza yang dikelilingi oleh arcade. Arsitektur masjid mengadopsi bangunan masjid modern bergaya arabia dengan kubah besar berdiameter 25 meter di atap bangunan utama di apit empat menara di setiap sudut bangunan masjid masing masing setinggi 66.66 meter ditambah dengan satu menara utama setinggi 99 meter yang terpisah dari bangunan utama masjid.

Dalam Masjid Agung Madani Islamic Centre

Fasilitas Masjid Agung Madani Rokan Hulu

di lingkungan Masjid Agung Madani terdapat juga Fasilitas umum seperti Klinik, Fitnes Centre, Perpustakaan Manual, TV Madani, Radio Daerah, Aula Serbaguna, Toserba, Ruangan Belajar dan Perpustakaan Digital yang langsung terkoneksi dengan perpustakaan Kota Mesir sehingga banyak mahasiswa dan pelajar yang mencari referensi tentang pelajaran mereka.



Masjid Agung Madani

Akses ke bangunan utama masjid ini terdiri dari 9 pintu masing-masing 3 pintu di tiga sisi bangunan masjid. semua pintu tersebut diberi nama terdiri dari, Pintu utama di sebelah timur diberi nama Pintu Babussalam di apit oleh pintu Khodijah di sebelah kanan dan pintu Aisyah disebelah kirinya. Pintu Utama di sebelah selatan diberi nama Pintu Aisyah I di apit oleh Pintu Usman Bin Afan disebelah kanan dan Pintu Umar Bin Khatab  di sebelah kirinya. Pintu utama disisi Utara diberi nama pintu Khadijah I di apit pintu Abu Bakar As Siddiq di sebelah kanan dan Pintu Umar Bin Khatab di sebelah kirinya. Masjid Agung Madani Islamic Centre Rokan Hulu juga menyelenggarakan buka puasa setiap hari Senin dan Kamis. I’tikaf bersama sekali dalam sebulan serta kegiatan peringatan hari besar Islam, khususnya adalah bulan Ramadhan disediakan makan sahur atau berbuka untuk 500 orang setiap harinya di Masjid Agung Madani.

Kegiatan Ceramah Masjid Agung Madani


Akses Lokasi Masjid Agung Madani Rokan Hulu

jika anda tertarik ingin pergi ke Wisata Religi yang terkenal di Riau ini anda tinggal berangkat dari Kota Pekanbaru dengan jarak 169 Km dengan waktu tempuh sekitar 3 jam 50 menit melewati jalan lintas Petapahan - Garuda Sakti. anda dapat menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi untuk sampai ke wisata Islamic Centre yang megah di Riau ini. 


Demikianlah informasi tentang Objek Wisata Masjid Agung Madani Islamic Centre Rokan Hulu. Masjid ini adalah banggaan bagi masyarakat Riau. Ayo Kunjungi Segera Masjid Ini!

0 Response to "Wisata Religi, Masjid Agung Madani Rokan Hulu"

Poskan Komentar