Candi Prambanan, Candi Hindunya Yogyakarta


Candi Prambanan terletak di Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Candi Prambanan adalah sebuah candi mahakarya kebudayaan Hindu dari Abad ke 10. Candi Prambanan ini memiliki tinggi sekitar 47 meter yang dimana 5 meter lebih tinggi dari Candi Borobudur. Candi ini terletak 17 kilometer dari pusat kota yogyakarta. di sekitar Candi Prambanan sekarang telah di buat sebuah taman yang indah. Candi Prambanan memiliki 3 candi utama dihalaman utama yaitu Candi WisnuCandi Brahma, dan Candi Siwa. 3 candi ini adalah sebuah lambang trimurti dalam kepercayaan agama Hindu. ketiga candi ini mengahadap ke arah timur. setiap candi utama memiliki satu candi pendamping yang menghadap ke arah barat yaitu Candi Nandini untuk Candi Siwa, Candi Angsa untuk Candi Brahma, dan Candi Garuda untuk Candi Wisnu.


Candi Prambanan

Selain candi tersebut masih ada candi yang lainnya yang terdapat di area kompleks ini. yaitu seperti Candi Kelir, Candi Apit, Candi Patok, dan Candi Perwara. semua candi ini mengelilingi Candi Trimurti. selain dari berbagai jenis candi terdapat sebuah relief yang menceritakan tentang dua kisah fenomenal dalam kerajaan Hindu yaitu Ramayana dan Krishnayana. di dalam area Candi Prambanan juga terdapat museum yaitu Musem Rumah Joglo. didalam museum ini terdapat berbagai koleksi benda-benda yang berhasil ditemukan di sekitar candi dahulu seperti arca dan bebatuan purba kala. 

Museum Rumah Joglo

Sejarah Singkat Candi Prambanan 

awal berdirinya Candi Prambanan memiliki 2 buah kisah yaitu cerita rakyat mengenai Roro Jonggrang  dan sejarah di bangunnya Candi ini pada masa kerajaan hindu di jawa yang di peroleh dari hasil penelitian para ahli. Candi Prambanan ini juga biasa di kenal dengan Candi Roro Jonggrang. Cerita Rakyat ini bermula dari Roro Jonggrang yaitu seorang putri kerajaan yang kecantikannya tidak diragukan lagi. banyak pemuda yang ingin melamar Putri Roro Joggrang ini termasuk Bandung Bondowoso. Bandung Bondowoso adalah seorang pemuda yang terkenal dengan sakti dan kuat, tetapi Putri Roro Jonggrang tidak menyukainya. setelah berfikir lama, Roro Jonggrang akhirnya mengatakan bersedia menjadi istrinya dengan syarat Bandung Bondowoso harus bisa membangun seribu candi dalam waktu semalam. karena Bandung Bondowoso percaya dengan kemampuan kekuatan dan kesaktiannya maka pemuda itu menyanggupinya. dengan bantuan jin Bandung Bondowoso berhasil membangun 999 candi. Putri Roro Jonggrang merasa takut, hingga muncul ide untuk menumbuk padi yang akan membuat ayam berkokok. ketika mendengar ayam berkokok tetapi jumlah candi belum sampai dari target yang di tentukan, Bandung Bondowoso menjadi bingung dan marah saat tau semua itu hanya sebuah tipuan dari Roro Jonggrang yang bertujuan untuk menggagalkan usahanya. akhirnya, Bandung Bondowoso mengutuk sang Putri Roro Jonggrang menjadi sebuah candi untuk melengkapi jumlah candi yang dimintanya. Candi Dewa Siwa yang merupakan Candi Induk itulah yang di percaya sebagai perwujudan Roro Jonggrang setelah di kutuk.

Candi Prambanan 2


Harga Tiket dan Tranportasi

tiket masuk wisata Candi Prambanan tergolong tidak terlalu mahal. untuk para orang dewasa hanya mengeluarkan biaya sebesar 30.000 rupiah untuk warga negara indonesia dan 18 USD untuk para turis atau warga negara asing. bagi anak-anak biaya masuk cukup mengeluarkan biaya sebesar 12.500 rupiah dan 9 USD untuk para anak warga negara asing. jika anda dari luar daerah yogyakarta anda dapat menggunakan kendaraan pribadi ataupun pesawat untuk sampai ke kota Yogyakarta. setibanya anda di Yogyakarta anda dapat menggunakan kendaraan umum yaitu bus trans jogja 1A dari jalan malioboro, Yogyakarta. waktu tempuh untuk sampai ke wisata Candi Prambanan ini sekitar 1 jam perjalanan utuk sampai ke tujuan anda.

Candi Prambanan 3

jika anda ingin menikmati Candi Prambanan pada malam purnama pada setiap bulannya, pada jam 8 malam hingga jam 10 malam. pada saat itu anda akan melihat pergelaran atau pertunjukan sendratari ramayana di panggung terbuka trimurti dengan latar ketiga candi dewa yang di soroti lampu. panggung ini hanya di periugati di saat musim kemarau karna pada musim hujan pertunjukan akan di pindahkan ke panggung tertutup. banyak yang bisa anda lakukan di tempat wisata ini seperti berfoto dengan candi-candinya, hunting bareng keluarga, mengenal seni sastra hindu, dan belanja souvenir untuk di bawa pulang sebagai oleh-oleh.



Demikianlah informasi tentang Candi Prambanan yang berada di Yogyakarta. banyak sejarah kerajaan hindu di wisata ini. terdapat berbagai jenis candi dan berjuta sejarah yang terukur disini. wisata ini akan menemani libur anda dengan keluarga anda. Ayo Kunjungi Segera!

1 Response to "Candi Prambanan, Candi Hindunya Yogyakarta"

  1. Belum pernah kesini saya gan.pdhl ya gk seberapa jauh. Bolehlah lain kali ajak saya kesini.hehehee

    BalasHapus