Ngarai Sianok Sumatera Barat


Ngarai Sianok adalah sebuah lembah yang curam yang terletak pada perbatasan Kota Bukittinggi, Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat. Lembah curam Ngarai Sianok ini mempunyai kedalaman 100 meter dan mempunyai panjang kurang lebih 15 meter km dengan lebar 200 meter. Ngarai Sianok adalah pemisah pulau sumatera menjadi dua bagian yang memanjang. sepanjang patahan yang dindingnya sangat curam serta tegak lurus ini membentuk lembah hijau yang merupakan hasil gerakan kulit bumi (Sinklinal). pada tahun 2007 akibat gempa yang terjadi di sumatera, dindingnya runtuh. tetapi tidak membuat keindahan Ngarai Sianok ini hilang. pada tahun 2007 Ngarai Sianok mendapatkan penghargaan sebagai The Best Tourism Object dalam ajang penghargaan Padang Tourism Award 2007 yang digelar atau berlangsung di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat.


Ngarai Sianok Sumatera Barat

Pada wisata Ngarai Sianok anda tidak hanya dapat melihat pemandangan dari lembah yang curam saja. disana juga terdapat Sungai yang mengalir di kawasan Ngarai Sianok. Airnya cukup jernih yang bermuara di Samudera Hindia. aliran Sungai ini juga sering digunakan untuk beraktivitas olah raga air seperti Arum Jeram, Kayak dan Kano. selain itu di tepi sungai Ngarai Sianok ini juga terdapat bunga Rafflesia yang tumbuh subur dan terdapat juga beraneka ragam tumbuhan obat-obatan disini yang dapat anda lihat jika anda ke Kawasan Ngarai Sianok ini.
Wisata Terdekat : Lobang Jepang Sumatera Barat
Sungai Ngarai Sianok

jika anda ingin melihat satwa liar, anda dapat masuk kedalam hutan lembah sianok. disana terdapat hewan satwa liar seperti Siamang, Monyet Ekor Panjang, Rusa, Macam Tutul, Babi Hutan dan Tapir Asia. untuk dapat menikmati keindahan Ngarai Sianok, wisatawan atau pengunjung dapat menyaksikan dari Taman Panorama yang sengaja di bangun pemerintah untuk memudahkan wisatawan menikmati kemegahan Ngarai Sianok. Taman ini sangat asri dan luas dengan udara sejuk khas pegunungan yang membuat anda ingin berlama-lama di sini.


Hutan Ngarai Sianok

Akses Lokasi, Tiket dan Akomodasi Ngarai Sianok

Jika anda yang berada di luar pulau sumatera dan ingin memakai pesawat anda tinggal turun di padang dan jika anda memiliki kendaraan pribadi boleh langsung ke Kota Bukittinggi. jadi jika anda dari Padang dan ingin menuju ke Bukittinggi anda bisa menggunakan kendaraan umum. jarak tempuh dari Kota Padang ke Kota Bukittinggi sekitar kurang lebih 2 jam. setibanya di Bukittinggi anda tinggal langsung saja menuju Wisata Ngarai Sianok dengan kendaraan umum. agar perjalanan anda lebih menyenangkan, sebaiknya anda menggunakan kendaraan pribadi atau agen Travel. untuk tiket masuk anda harus membayar sebesar 4000 ribu rupiah per orang untuk dapat melihat pemandangan panorama Ngarai Sianok. karena wisata ini letaknya di pusat kota, anda dapat menginap dan beristirahat di hotel dan villa yang nyaman di sekitar Ngarai Sianok seperti Ambun Suri Hotel Bukittinggi dan Parai Mountain Resort. 



Demikianlah informasi tentang Wisata Ngarai Sianok yang berada pada Provinsi Sumatera Barat. tempat ini menjadi tempat wisata favorit bagi wisatawan dan pengunjung. wisata ini akan menjadikan liburan anda sangat menyenangkan. Ayo Kunjungi Wisata Yang Satu Ini.

3 Responses to "Ngarai Sianok Sumatera Barat"