Air Terjun Tiu Pupas Pulau Lombok


Air Terjun Tiu Pupas terletak di Dusun Kerurak, Desa Genggaleng, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Air Terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 M dengan kedalaman kolam 4 M dan luas 100 meter persegi. nama Tiu Pupas berarti Tiu yang artinya genangan air dalam jumlah besar dan pupas yang artinya sebuah akar yang tumbuh dari sebuah batang pohon yang biasanya hidup di tebing-tebing sungai dan juga hidup di daerah-daerah pegunungan yang memiliki suhu dingin. Air Terjun Tiu Pupas Lombok Utara adalah salah satu tempat wisata Air Terjun yang berada di Kabupaten Lombok Utara selain Air Terjun Sendang Gile, Air Terjun Tiu Kelep, Air Terjun Tiu Teja, dan Air Terjun Batara Lejang


Air Terjun Tiu Pupas Pulau Lombok

Akses Lokasi Air Terjun Tiu Pupas

Berjarak sekitar 3,5 Km dari jalan raya ledang bagian atau 5 km. waktu tempuh sekitar 20 menit dari Gondang. jika anda dari Kota Mataram berjarak sekitar 70 Km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan menggunakan kendaraan baik roda dua atau roda empat. kondisi jalan menuju air terjun ini dari Gondang sudah cukup bagus dan mudah di temukan karena ada petunjuk arahnya. untuk menuju kesana alangkah baiknya memakai kendaraan pribadi atau sewa. karena, belum tersedianya angkutan umum. Rute perjalanan yang dapat di tempuh ke Air Terjun ini adalah dari Mataram ke Pemenang terus lanjut ke Tanjung kemudian Gondang. dari Gondang ke Ledang Bagian terus kemudian Kerurak. sesampainya anda pada parkir yang terletak dekat bendungan, perjalanan anda diteruskan dengan berjalan kaki sekitar 15 menit menyusuri jalan setapak melewati bendungan, perkampungan dan hutan lindung hingga anda akan tiba di Lokasi Air Terjun Tiu Pupas yang menyimpan pesona indah berada. 


Air Terjun Tiu Pupas Pulau Lombok 2

Air Terjun ini memiliki tempat wisata lain yang dimana terdapat Bendungan Buatan yang berlokasi 400 Meter sebelum lokasi Air Terjun Tiu Pupas.Bendungan ini di bangun kira-kira pada tahun 2005 oleh Pemerintah Kabupaten Lombok Barat pada waktu itu. salah satu tujuan utama di bangunnya bendungan ini tidak lain untuk mengairi ratusan hektar sawah masyarakat Desa Genggelang yang meliputi Dusun Sankunkun dan Sembaro. Fasilitas pada wisata ini belum tersedia, karena wisata ini masih alami dan belum di berdayakan sebagai objek wisata. jika anda ingin menginap, anda sebaiknya menginap di Kota Mataram. ada Grand Legi Hotel, Bidari Hotel, Lombok Garden Hotel yang biasanya menjadi tempat menginap bagi wisatawan.



Demikianlah Informasi tentang Air Terjun Tiu Pupas Pulau Lombok yang masih alami dan terlihat sangat indah. meskipun masih belum di berdaya untuk menjadi Objek Wisata tempat ini dapat juga anda kunjungi untuk menghabiskan waktu libur anda bersama keluarga, teman, dan pasangan anda. Ayo Kunjungi Wisata Air Terjun Tiu Pupas yang Masih Alami.


0 Response to "Air Terjun Tiu Pupas Pulau Lombok"

Poskan Komentar