Air Terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep Lombok


Air Terjun Sendang Gile dan Air Terjun Tiu Kelep Terletak di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Air Terjun Sendang Gile terletak di ketinggian 600 meter di atas permukaan laut dan memiliki ketinggian kurang lebih 31 meter. Air Terjun ini memiliki dua tingkatan. dimana tingkatan pertama muncul dari atas tebing dan jatuh kedasar kolam di bawahnya. selanjutnya dari kolam ini air meluncur ke bawah membentuk tingkatan kedua dan jatuh membentuk sungai yang ada di bawahnya. dasar air sungai relatif datar, sehingga banyak wisatawan yang mandi di bawah Air Terjun. Lokasi Air Terjun ini masih berada dalam Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. konon nama Sendang Gile di ambil dari cerita penduduk setempat yang secara tidak sengaja menemukan Air Terjun ini di kala memburu singa gila yang mengacau di sebuah kampung dan kemudian lari masuk ke hutan.


Air Terjun Sendang

Hal menarik lainnya yang membuat Air Terjun ini berbeda adalah para penduduk setempat mempercayai bahwa Air Terjun ini memiliki unsur magis yang bisa membuat seseorang menjadi lebih muda satu tahun dari usianya apabila membasuh muka atau mandi dengan Air Terjun tersebut. tidak jauh dari Air Terjun Sendang Gile, di lokasi ini juga akan di temui dua Air Terjun Lain yaitu Air Terjun Tiu Kelep dan Air Terjun Batara Lejang. posisi kedua nya berada di atas Air Terjun Sendang Gile ke arah hulu. ketiga Air Terjun ini memiliki tempat masuk yang sama.

Pintu Masuk Waterfall

Setelah anda puas bermain air dan menikmati indahnya wisata di Air Terjun Sendang Gile. bagi anda yang mempunyai jiwa berpetualang sebaiknya anda melanjutkan ke Air Terjun Tiu Kelep. ketinggian Air Terjun ini sekitar 42 meter dan karakteristiknya bertingkat-tingkat. nama dari Tiu Kelep sendiri mengandung arti kolam terbang atau sebuah kolam dimana terdapat buih-buih air yang berterbangan. jalan untuk menuju Air Terjun Tiu Kelep lebih menantang dan lebih berat di bandingkan Air Terjun Sendang Gile karena posisinya berada di hulu dari Air Terjun Tersebut.

Air Terjun Tiu Kelep

jika anda ingin melihat Air Terjun selain Air Terjun Sendang Gile dan Air Terjun Tiu Kelep, ada satu lagi Air Terjun yang tidak kalah menarik di tempat ini yaitu Air Terjun Batara Lejang. Air Terjun Batara Lejang berada di hulu atas dari dua air terjun di bawahnya yaitu Air Terjun Sendang Gile dan Air Terjun Tiu Kelep. Air Terjun Batara Lejang tidak seindah dan tidak setinggi kedua saudaranya, sendang gile dan tiu kelep. namun, air terjun ini lebih besar dengan posisi masih sangat alami dan belum banyak wisatawan yang mengunjunginya. yang menarik di Air Terjun Batara Lejang ada air panas yang jernih yang dapat menghangatkan badan anda.

Air Terjun batara Lejang


Tiket, Fasilitas dan Akomodasi Air Terjun

Tiket untuk memasuki kekawasan Air Terjun ini anda harus menyediakan uang sebesar 5000 ribu rupiah per orang. pada kawasan objek wisata ini memang tidak terlalu banyak fasilitas yang tersedia, kecuali hanya ada satu toilet dan tempat ganti pakaian serta sedikit berugak atau rumah panggung kecil untuk berteduh yang berada hanya di kawasan Air Terjun Sendang Gile. di sarankan untuk membawa makanan atau membeli dulu di warung-warung kecil di lapangan parkir dekat pintu masuk karena di lokasi Air Terjun tidak ada yang menjual minuman atau makanan kecil tersebut. jangan berharap ada penginapan disana untuk beristirahat. di kawasan ini hanya ada tempat Camping Ground untuk mendirikan tenda. jika ingin menginap tempat terdekat ada di Desa Senaru berupa Home Stay. harga per kamarnya tidak terlalu mahal yang berkisar 150.000 sampai 200.000 ribu rupiah permalamnya untuk sekali menginap.

akses jalan menuju air terjun

Akses Menuju Lokasi Air Terjun 

akses lokasi untuk menuju Air Terjun Sendang Gile, Tiu Kelap dan Batara Lejang adalah sama karna wisata ini dalam satu tempat wisata yang sama. berjarak kurang lebih 60 km dari Ibukota Mataram. untuk menuju Desa Senaru di perlukan waktu sekitar 2 hingga 3 jam dengan kendaraan roda empat dari pusat Kota Mataram. ada dua rute yang bisa anda tempuh untuk menuju kesana yaitu pertama Pusuk dan kedua melalui Pantai Senggigi. tidak ada kendaraan umum yang menuju langsung ke lokasi ini. oleh sebab itu pengunjung biasanya menyewa kendaraan di rental-rental mobil atau motor yang banyak di temukan di Pusat Kota Mataram. harga sewa motor di pulau lombok sekitar 50.000 ribu rupiah perhari. sedangkan harga sewa mobil udah termasuk bahan bakar dan sopir kurang lebih 600.000 ribu rupiah per 10 jam. setelah anda sampai di kawasan wisatanya akses jalur berbeda antara Air Terjun Sendang GIle, Tiu Kelep dan Batara Lejang karena memiliki jalan yang berbeda untuk menuju Objek Wisata.

1. Akses Menuju Air Terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep

Dari pintu masuk pada Desa Senaru ke Lokasi Air Terjun, pengunjung harus berjalan kaki menuruni 315 anak tangga melalui sebuah lembah yang cukup terjal dan membutuhkan waktu sekitar 20 menit. perjalanan alternatif biasanya ada saat rute anda pulang yang dapat menyenangkan adalah menyusuri pinggir lembah yang agak curam mengikuti saluran irigasi dan menyeberangi jembatan irigasi terbuat dari beton setinggi 50 m. sedangkan Air Terjun Tiu Kelep berjarak sekitar 15 menit lagi dari Air Terjun Sendang Gile dengan berjalan kaki.


2. Akses Menuju Air Terjun Batara Lejang

untuk mencapai Air Terjun tersebut harus melewati jalur pendakian ke Gunung Rinjani. perjalanan dari Pos pemeriksaan pertama sampai pintu rimba bisa di tempuh dalam waktu sekitar 30 menit. selanjutnya dari pintu rimba itu, ada jalan setapak menuju Batara Lejang. disarankan jika anda ingin kesana untuk menyewa penunjung jalan atau Guide yang di sediakan di pintu masuk atau membawa teman yang sudah pernah kesana. 



Demikianlah informasi Air Terjun yang terletak pada Desa Senaru yang memiliki tiga buah Air Terjun dalam satu kawasan objek wisata. anda dapat mengunjungi Air Terjun ini satu persatu untuk memuaskan liburan anda atau menghabiskan waktu untuk bermain air bersama keluarga, teman dan pasangan anda. Selamat Berkunjung Pada Wisata ini.

0 Response to "Air Terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep Lombok"

Poskan Komentar