Gili Ketapang, Pulau Kecil Yang Tersembunyi


Pulau Gill Ketapang merupakan sebuah Pulau kecil yang terletak antara Pulau Jawa dan Madura. Pulau ini terletak 5 Mil di tengah laut dari pelabuhan tanjung tembaga probolinggo. tapi, hingga sekarang belum ada jembatan untuk menghubungkan kedua pulau tersebut. masih kurang fasilitas untuk mengunjungi pulau tersebut. seperti tidak adanya kapal untuk menuju kesana,tapi jika wisatawan ingin berkunjung kesana bisa menggunakan kapal motor kecil untuk sampai kesana. tetapi kapal motor kecilnya pun tersedia sangat terbatas. secara administratif, pulau ini masih termasuk dalam kabupaten Probolinggo. Pulau ini terletak di Desa Ketapang, Kecamatan Sumberasih, Probolinggo, Provinsi Jawa Timur. Pulau ini memiliki luas 68 Ha. Kalau Traveller mengira bahwa gili hanya ada di Lombok, kini waktunya traveller pergi ke Probolinggo dimana terdapat Pulau kecil yang cantik dan tidak kalah dengan gili-gili di Lombok.


Pulau Kecil Gill Ketapang

Sejarah Singkat Pulau Gili Ketapang 

Asal usul Pulau ini tidak terlepas dari mitos masyarakat yang mengatakan bahwa pulau tersebut dapat bergerak hingga ke tengah laut. Pulau ini mulanya berlokasi pada di satu daratan yang sama dengan daratan yang ada di desa ketapang. Kemudian setelah meletusnya Gunung Semeru, daratan yang ada di Desa Ketapang itupun akhirnya terbelah dan terpisah satu sama lain. salah satu daratan yang terpisah ini membentuk pulau-pulau kecil dan salah satunya yaitu pulau Gili Ketapang ini. Pulau itu bergerak ke tengah laut hingga sejauh 5 Mil. semenjak terpisah akhirnya pulau tersebut diberi nama dengan Gili Ketapang yang diambil dalam bahasa madura dimana Gili artinya mengalir dan Ketapang adalah sebuah nama Desa dikala daratan ini masih bersatu. menurut kepercayaan masyarakat, hingga kini Pulau Gili Ketapang ini semakin menjauh perlahan ke tengah laut. sebagian besar penduduk Gili Ketapang menggantungkan hidupnya di laut sebagai nelayan untuk mencari ikan untuk kehidupan mereka.

Pantai Pulau Gill Ketapang


Rute Ke Pulau Gili Ketapang

Transportasi dari Pelabuhan Tanjung Tembaga menuju Gili Ketapang satu-satunya hanyalah kapal motor. penyeberangan di mulai sekitar jam 08.00 pagi sampai 16.00 sore. sedangkan untuk penyeberangan dari Gili Ketapang dari Kota Probolinggo sekitar pukul 06.00 pagi sampai pukul 18.00 sore. kapal motor itu berkapasitas 20 orang, biasanya kapal akan jalan bila pengemudi kapal jalan meras cukup atau target penumpang sudah tercapai. jika anda membawa kendaraan pribadi seperti kendaaraan roda empat maka harus anda parkir di sekitar pelabuhan. sedangkan waktu tempuh dari Probolinggo ke Gili Ketapang memakan waktu sekitar 45 menit tergantung cuaca. jika anda ingin menginap di Pulau Gili ini anda harus membawa tenda sendiri karena disini tidak terdapat penginapan untuk beristirahat.

Laut Gill Ketapang


Snorkeling Gili Ketapang Probolinggo

didalam Pulau kecil ini anda akan menemukan pesona indah yang akan membuat anda berdecak kagum saat melihatnya. karna terdapat disini wisata religi dan juga wisata alam yang masih terjaga keasliannya. hal tersebut dikarenakan Pulau ini terletak jauh dari jalur lintas Pulau Jawa. jika anda lihat dari jenis tanah Pulau ini memiliki dua jenis Pantai dengan kontur yang berbeda. pada bagian barat pulau ini memiliki pantai pasir dan biasa di pakai untuk dermaga sebagai penghubung antara pulau tersebut dengan Pelabuhan Tanjung Tembaga Kota Probolinggo. sementara di bagian timur anda akan menemukan pantai dengan hamparan karang-karang yang di beri nama pantai Yin Yang. dengan pesona di pantai Yin Yang disinilah anda akan mendapat wisata yang keren dengan melakukan Snorkeling atau Diving. 

Ekosistem Bawah Laut Pulau Gill Ketapang

Wisata di Pulau ini yang membuat sedih adalah kurang di kembangkan objek wisatanya. berbeda dengan Pulau Seribu atau Karimunjawa. padahal pada Pulau kecil ini juga memiliki wisata lain dan memiliki nilai sejarah. sebuah tempat bernama Goa Kucing yang berbentuk rumah dengan Goa di dalamnya merupakan makam salah seorang ulama yang berperan dalam penyebaran agama islam disana. Syech Ishap adalah nama ulama tersebut dan di makamnya terdapat ribuan kucing sehingga makamnya di beri nama Goa Kucing.

Goa Kucing



Demikianlah Informasi tentang Pulau Kecil yang bernama Gili Ketapang. semoga informasi ini dapat membuat anda tau betapa indahnya pesona wisata di dalam pulau kecil ini. Jika anda ada waktu sempatkan lah berlibur ke Pulau Kecil ini. Ayo Kunjungi Pulau Kecil ini.

2 Responses to "Gili Ketapang, Pulau Kecil Yang Tersembunyi"

  1. artikelnya bagus, ijin share di https://ksmtour.com , terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke ,,,,
      jangan lupa sumbernya di cantumkan ya.,.

      Hapus