Pulau Sabu Surga Wisatanya Nusa Tenggara Timur


Pulau Sawu terletak di Kabupaten Sabu Raijua, Provinsi Nusa Tenggara Timur. daerah pulau sawu memiliki 5 kecamatan yaitu kecamatan hawu mehara, kecamatan sabu liae, kecamatan sabu timur, kecamatan sabu barat dan kecamatan sabu tengah. asal sempakar tau, Pulau Sawu juga dikenal dengan nama Pulau Sabu. sabu disini bukan sabu-sabu narkoba ya para pembaca sempaker. di dekat Wisata Pulau Sawu terdapat juga pulau yang berbeda yaitu Pulau Raijua. wisata pulau sabu dan pulau raijua adalah wisata yang paling menarik untuk dikunjungi bila anda lagi liburan di Provinsi Nusa Tenggara Timur. wisata Pulau Sabu adalah salah satu destinasi surga wisatanya nusa tenggara timur. Pulau Sawu ini memiliki luas sekitar 414 km2. selain wisata pulau komodo dan labuan bajo, wisata pulau sawu tidak kalah menariknya dari wisata yang telah terkenal sampai mancanegara itu. pulau ini lebih tepat nya terletak di sebelah selatan perairan laut sawu di sebelah timur pulau sumba dan sebelah barat pulau rote. Keadaan iklim di pulau Sabu dipengaruhi letaknya yang berdekatan dengan benua Australia. Karenanya pulau ini mempunyai ciri khas dengan musim kemarau yang panjang dan dengan curah hujan rendah. Dalam setahun hanya 14-69 hari musim hujan. Sejauh mata memandang hanya tampak bukit-bukit kapur yang kurang subur dengan beberapa puncak perbukitan yang menjulang, tetapi ketinggiannya tidak melebihi 250-an meter. Pulau sabu juga memiliki berbagai macam tempat yang dapat di kunjungi dan bisa dibilang cukup banyak yang bisa anda lihat disini. terdapat fakta unik jika anda berkunjung ke pulau sabu dimana masyarakat setempat mengucapkan salam dengan menempelkan hidungnya  kepada tamu yang datang. hal ini adalah sebagai penghormatan oleh masyarat didaerah Pulau Sabu ini.  


Pulau Sabu Nusa Tenggara Timur

sebelum memberikan informasi wisata yang terdapat di pulau sawu, ternyata ada banyak hal yang bisa anda lihat di Pulau Sawu ini seperti lapangan terbang derdamu, sumber mata air berbentuk kolam alam di Menia (Ei Mada Bubu), Memiliki Jutaan Pohon Lontar yang membuat kekhasan dari Pulau Sabu, Terdapat 2 Pelabuhan di wilayah Seba dan Sabu Timur, Pulau Sabu juga memiliki alam bawah laut yang sangat indah namun belum tersosialisasi dengan baik kepada wisatawan, Di Pulau Sabu memiliki acara adat Hole yang biasa diadakan pada bulan April-Juni dan merupakan ritual upacara adat utama dan teramai di Pulau Sabu, Terdapat situs Batuan Megalitik di Kampung Namata, Desa Raeloro Kecamatan Sabu Barat dan Hallapadji (Kolo Rame) di Desa Eilogo Kecamatan Liae, Situs Benteng Hurati di Sabu Timur, Situs Benteng Inggris di Ege Sabu Liae, Situs Scheber di Desa Raeloro Kecamatan Sabu Barat, Terdapat kekhasan dengan cara membuat Garam di Pulau Sabu dengan Daun Lontar dan Kulit Kerang Kima, Memiliki 1 Hotel, dengan nama Hotel Rai Hawu, Adat Suku Sabu yang sangat kental dan masih mempertahankan budayanya di Desa Jiwuwu, Peddaro, Kudjiratu, Eimadake, Lobohede, Loboadju, Tanahhawu, Bolou, Seba, Liae, Limaggu, Raerobo dan Deme. ada beberapa objek wisata menarik yang harus anda kunjungi jika ke Pulau Sabu yaitu : 

Objek Wisata Pantai Boddo Sabo adalah sebuah pantai indah yang dimana Pantai tempat melihat Sunset yang sangat indah layaknya Pantai Kuta di Bali dan Pantai ini juga merupakan pusat yang cukup ramai di Pulau Sabu. pantai ini memiliki pasir yang sangat indah. pantai ini bagus untuk bermain air serta pasir bersama teman-teman dan keluarga anda. 

Pantai Boddo

Gua Liemadira

objek wisata Gua atau Goa Liemadira ini hampir mirip dengan goa yang berada di kabupaten kupang yaitu wisata goa cristal. gua lie madira ini merupakan sebuah objek wisata alam yang terletak di Kecamatan Hawu Mehara (Mesara). Dalam bahasa Sabu Lie berarti Gua/Lubang/Bongkahan Batu Karang Besar. Lie Madira adalah Gua yang di dalamnya terdapat kolam pemandian yang sangat indah. Konon menurut cerita para tetua adat, bahwa air dalam gua tersebut dapat menyembuhkan berbagai penyakit yang diderita oleh manusia serta menjadikan kita awet muda. Airnya sangat jernih dan hangat. Pemandangan di dalam gua bisa terlihat laut lepas (Samudera Indonesia). pengunjung atau wisatawan bisa juga berenang di dalam kolam pemandian gua liemadira. untuk kuliner atau tempat makan tidak terdapat disini.  

Gua Lie dira Kabupaten sabu raijua

Benteng Ege dan Batu Gong

objek wisata Benteng Ege dan batu Gong adalah destinasi wisata yang terletak di Kecamatan Liae. lokasi kedua objek wisata tersebut berdekatan, sehingga ketika wisatawan mengunjungi Benteng Ege dapat pula melihat Batu Gong, jadi satu tempat wisata mendapat 2 wisata sekaligus. Benteng Ege adalah pertahanan dari susunan batu karang berlapis-lapis didirikan untuk menahan serangan musuh, sedangkan Batu Gong adalah batu karang yang ada di daerah pesisir yang dapat mengeluarkan suara gong ketika dipukul. Uniknya suara yang dikeluarkan seperti halnya suara gong dari berbagai ukuran yang berbeda-beda.  

Benteng Ege dan Batu Gong

Pantai Napae

objek wisata pantai napae salah satu destinasi wisata alam yang memiliki keindahan pantai terindah Di Pulau Sabu Nusa Tenggara Timur. Pantai yang terletak di Kecamatan Sabu Barat atau berada tidak jauh dari Pelabuhan Laut Seba ini menawarkan keindahan pantai yang sangat memesona dengan hamparan pasir putih yang bersih dan masih alami serta air laut yang jernih berwarna hijau tosca. wisata pantai napae terdapat sebuah gazebo yang dapat memanjakan para wistawan saat berada disini. gazebo disini sangat unik, karena memiliki atap dari daun lontar dan alang-alang. namanya pantai pasti yang paling ditunggu-tunggu adalah melihat sebuah sunset. sunset adalah salah satu baground untuk berfoto selfie saat berada di pantai.  

Pantai Napae

Desa adat Namata

objek wisata Desa Adat Namata mengingatkan pada beberapa desa adat di Flores dan Sumba. sebenarnya ini bukan tempat wisata, namun ini adalah sejarah desa yang unik di kabupaten sabu raijua dan bisa dibilang sebuah kampung yang berada disini. Uniknya desa ini memiliki sembilan batu besar yang dikeramatkan dan konon semuanya berasal dari laut. Para pengunjung Desa Adat Namata bisa menyewa baju adat Sabu dan berfoto dengan latar belakang suasana kampung Namata. banyak yang bisa pengunjung lakukan didesa ini. 


Desa adat Namata

Danau Lederaga

Objek Wisata Danau Lederaga sebuah destinasi wisata danau yang sepintas terlihat mirip dengan Danau Wekuri di Pulau Sumba. Namun, setelah diperhatikan ulang, danau ini lebih kecil dan suasananya lebih sepi serta alami. Lokasi Danau Lederaga memang sangat terpencil. Bahkan beberapa warga lokal pun tidak mengetahui lokasi danau air payau ini.

Danau Lederaga

Pantai Seba

objek wisata Pantai seba merupakan sebuah pantai yang ada di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. Kota Kupang memang sangat terkenal akan keindahan alam yang begitu mempesona, walaupun belum bisa dimanfaatkan secara maksimal. Mwakipun demikian, keindahan kupang sudah banyak diakui wisatawan khususnya keindahan akan pantainya. Salah satu pantai yang menawan adalah pantai Seba. Pantai yang berjarak sekitar 2 kilometer dari Kecamatan ini mempunyai pasir pantai putih dan air laut yang biru seperti langit disiang hari. Kegiatan yang cocok di pantai ini adalah berjemur, mandi dan juga menyelam.

Pantai Seba Kupang

Fasilitas dan akomodasi Pulau Sabu

untuk fasilitas pulau sabu mungkin tidak akan terlalu banyak atau lengkap seperti wisata-wisata lain, karena disini tempatnya jauh dari kota serta tempat ini sangat tenang lingkungannya. untuk Penginapan atau Hotel di daerah Pulau Sabu masih sedikit pilihannya. Untuk penginapan standar, terdapat banyak homestay yang dapat kamu pilih, bahkan kamu juga bisa menyewa rumah warga dengan tarif yang sangat terjangkau. jadi, jika pengunjung ingin menginap dan beristirahat di tempat mewah bisa jauh dari pulau sabu sekitar 13 km yaitu hotel rai hawu. 


Akses Lokasi Pulau Sabu

untuk menuju pulau sabu kemungkinan pengunjung hanya bisa menggunakan kendaraan seperti pesawat terbang dan kapal, karena anda akan melewati beberapa pulau yang ada di indonesia. jika pengunjung menggunakan pesawat maka penerbangan dari kota mu menuju Bandar Udara El Tari di Kota Kupang. (khusus dari Jakarta biasanya transit terlebih dahulu di Bali). Dan sampai di Bandara El Tari Kupang, langsung ganti pesawat untuk menuju pulau Sabu dan akan mendarat di Bandar Udara Tardamu. jika pengunjung memilih menggunakan kapal, pengunjung dapat menggunakan kapal ferry. terdapat bemo dan ojek sepeda motor juga. 



Demikianlah informasi tentang Objek Wisata Pulau Sabu Provinsi Nusa Tenggara Timur. bagi para backpacker sangat bagus untuk berkunjung ke pulau sawu ini. tempat nya nyaman dan tenang, namun menyimpan berbagai macam khas masyarakat disini. terdapat banyak juga sejarah-sejarah serta wisata yang menarik di pulau ini. bagi pembaca sempaker saya merekomendasikan tempat ini jika anda lagi berlibur ke provinsi nusa tenggara timur. 

0 Response to "Pulau Sabu Surga Wisatanya Nusa Tenggara Timur"

Posting Komentar