Wisata Pantai Pok Tunggal Yang Tersembunyi


hallo sempaker, kali ini saya akan memberikan informasi tentang wisata pantai yogyakarta. Pantai Pok Tunggal terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Kidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai-pantai di pula jawa sendiri masih banyak yang di juluki sebagai The Hidden Paradise Of Beach atau pantai surga yang tersembunyi. banyak berbagai pantai yang belum di kenal oleh masyarakat dan wisatawan, tetapi memiliki pemandangan alam yang begitu indah. daerah kabupaten gunung kidul terkenal dengan kawasan wisata pantai yang unik, indah dan menarik para wisatawan lokal maupun mancanegara. selain wisata pantai tok tunggal, kabupaten gunung kidul juga memiliki berbagai pantai yang lainnya seperti wisata pantai baron, pantai indrayanti, pantai sadranan dan masih banyak lagi yang lainnya. Pantai Pok Tunggal memiliki pasir yang putih, bersih dan sangat halus. keunikan pantai ini bukan hanya terlihat dari pasir pantai yang putih dan bersih, namun memiliki tebing perbukitan karst yang menambah kecantikan dari pantai pok tunggal ini. pada bagian sebelah timur terdapat terbing-tebing dari batu karang yang di tumbuhi oleh tanaman dan pepohonan yang lebat. nama pantai pok tunggal diambil dari sebuah pohon langka dan tua yang bahkan masih berdiri kokoh di pinggir pantai ini. nama lain dari pantai pok tunggal adalah pantai pohon duras yang menjadi tempat pengambilan gambar atau spot foto yang sangat menarik. terdapat keberadaan aliran sungai bawah tanah yang merupakan mata air tawar dan aliran sungai ini sebagai sumber air bagi penduduk sekitar. wisata pantai pok tunggal juga terdapat monyet-monyet kecil yang berlompatan di pepohonan. bagi pengunjung dan wisatawan yang ingin memberikan makan monyet-monyet ini anda tidak perlu khawatir, karena monyet-monyet disini sudah jinak. pantai pok tunggal memiliki ombak yang tidak terlalu besar dan air laut yang tenang. objek wisata pantai pok tunggal ini juga memiliki air laut yang bening, dimana pengunjung yang suka menyelam akan melihat keindahan bawah laut pantai pok tunggal ini. keindahan alam pantai pok tunggal akan terlihat lebih indah disaat sunset datang atau sebuah matahari terbenam. 




Menikmati Sunset Pantai Pok Tunggal Yogya

keunikan lainnya terlihat dari warung makan di sekitar pantai yang memiliki menu tradisional dengan santapan yang terbuat dari bahan dasar ikan karena olahan dari laut ini sendiri langsung di dapatkan dari nelayan yang memancing di pinggir pantai. terdapat juga tempat makan yang menyajikan makanan khas dari luar negeri. tinggi tebing-tebing yang berada di pantai pok tunggal berkisar 50 meter, ada juga pengunjung yang melakukan aktivitas memanjat tebing meskipun belum adanya fasilitas ini. di tahun 2019 akan di kembangkan lagi fasilitas yang belum ada di pantai Pok Tunggal ini. ombak pantai pok tunggal disini memiliki warna biru yang bagus untuk melakukan foto selfie di pinggir pantai. banyak wisatawan asing atau mancanegara yang berkemah disini dengan membawa tas yang begitu besar. pantai pok tunggal terletak di antara pantai indrayanti dan pantai siung dimana masih memilki pasir pantai yang masih alami. pantai pok tunggal ini diapit oleh dua bukit yaitu bukit tirta pok tunggal asri yang berada di sebelah barat dan bukit panjong yang berada di sebelah timur. icon unik pantai pok tunggal yang sering menjadi tempat spot foto para pengunjung dan wisatawan adalah sebuah pohon duras. pohon duras akan menjadi lebat saat musim hujan, namun disaat musim kemarau pohon ini akan menggugurkan daunnya dan akan terlihat ranting-ranting kayu pohon ini. kesuburan pohon duras adalah lambang kemakmuran bagi warga setempat. ada beberapa objek wisata tidak jauh dari pantai pok tunggal yang bisa anda kunjungi seperti wisata pandai sundak, pantai timang, goa jomblang, pantai krakal, pantai wediombo, pantai slili, pantai drini, pantai kukup, pantai siung, pantai ngobaran, pantai sepanjang, pantai jogan, pantai watu lumbung, pantai jungwok dan pantai ngrenehan. pantai yang tenang ini akan menjadi liburan anda semakin bergembira.    



Pohon Duras Lambang Kemakmuran Kabupaten Gunung Kidul

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai Pok Tunggal

untuk menikmati desaran air pantai pok ini, pengunjung dan wisatawan hanya membayar biaya masuk sebesar 10.000 ribu rupiah per orangnya. terdapat juga beberapa penginapan disini yang dimana bagi para wisatawan lokal maupun asing yang ingin beristirahat. harga penginapan disini rata-rata 150.000 hingga 500.000 ribu rupiah per malamnya. untuk parkir kendaraan pengunjung di kenakan biaya sebesar 3.000 hingga 15.000 ribu rupiah tergantung kendaraan apa yang di pakai. untuk kendaraan roda dua di kenakan biaya 3.000 ribu rupiah dan untuk kendaraan roda empat di kenakan biaya sebesar 5.000 ribu rupiah. biaya penyewaan payung pantai sebesar 20.000 ribu rupiah dan biaya penyewaan gazebo sebesar 60.000 ribu rupiah. fasilitas umum seperti toilet juga dikenakn biaya sebesar 2.000 hingga 3.000 ribu rupiah. untuk yang menggunakan mini bus akan di kenakan biaya parkir sekitar 15.000 ribu rupiah. untuk bagi yang ingin camping di area pantai pok tunggal akan di kenakan biaya sebesar 5.000 hingga 10.000 ribu rupiah per malamnya. harga-harga ini bisa jadi berubah tergantung perkembangan. 

Gazebo Pantai Pok Tunggal

Fasilitas dan Akomodasi Pantai Pok Tunggal

fasilitas umum yang terdapat di wisata pantai pok tunggal tidak terlalu banyak namun terdapat sebauh toilet, mushola, gazebo, warung makan, penyewaan payung, penginapan, hotel, resort, gust house, homestay, penyewaan camping dan area parkir. fasilitas umum di pantai pok tunggal tidak lengkap seperti pantai-pantai yang lain di yogyakarta, namun pengunjung dan wisatawan masih bisa melakukan berbagai aktivitas di wisata pantai pok tunggal seperti aktivitas berenang, bermain air, snorkeling, berjemur dan diving. karena disini fasilitasnya kurang lengkap, jadi bagi para wisatawan yang ingin melakukan aktivitas snorkeling dan diving harus membawa sendiri peralatan untuk melakukan diving. tempat ini masih dalam perkembangan, jadi para pengunjung ataupun wisatawan tidak akan melihat spot wahanna air seperti banan boat, jetski dan sebuah perahu. disini juga dapat melakukan aktivitas camping bersama keluarga dan teman-teman anda. bagi wisatawan yang membawa bola atau volly bisa juga beraktivitas di pasir pantai yang indah ini. penginapan yang bisa pengunjung pilih di pantai pok tunggal seperti griya limasan gunung kidul, calida hotel dan Queen of The South Resort.     




Payung Pantai Wisata Pantai Pok Tunggal Yogyakarta

Akses Lokasi Wisata Pantai Pok Tunggal 

untuk akses lokasi tidaklah sulit untuk mencapai pantai pok tunggal yang indah ini. bagi anda pengunjung atau wisatawan yang berada di pulau selain jawa, anda dapat menggukan pesawat untuk sampai ke kota yogyakarta. jika pengunjung dari luar kota seperti malioboro, wonosari, wonogiri, sukoharjo, klaten dan solo akan menempuh jarak sekitar 70 km dengan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi dan kendaraan umum. rute perjalanan dari hutan bunder menuju lgading terus logandeng kemudian suyono hingga sampai di bundaran tugu BPD dan menuju jalan kyai legi terus jalan lingkar selatan yogyakarta kemudian sampai di jalan KRT Djojodiningrat lalu ketemu jalan girisubo lalu wonosari terus jalan saptosari kemudian tepus lalu lokasi pantai pok tunggal. karna kendaraan umum atau bus belum ada sampai kesini, pengunjung dan wisatawan dapat menaiki ojek online untuk sampai ke lokasi. 



Demikianlah informasi tentang Objek Wisata Pantai Pok Tunggal yang Eksotis Yogyakarta. Pantai ini sungguh sepi dari keramaian dan memiliki pemandangan yang indah serta menjadi salah satu tempat liburan yang sangat tenang. jika bermain di kota yogyakarta, jangan lupa mengunjungi wisata yang satu ini ya para pembaca sempaker. tunggu apalagi ayo buruan.

0 Response to "Wisata Pantai Pok Tunggal Yang Tersembunyi "

Posting Komentar