Pantai Selat Baru, Wisata Andalan Kedua Kabupaten Bengkalis


Pantai Selat Baru merupakan salah satu pantai terbaik yang ada di Kabupaten Bengkalis setelah Pantai Rupat Utara. Lokasi Pantai Selat Baru berada di Desa Selat Baru, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau. Pantai Selat Baru adalah Pantai paling indah kedua setelah Pantai Rupat pada Bengkalis Utara. Nama Selat Baru Sendiri diambil dari sebuah Desa dimana Pantai itu berada, yakni Desa Selat Baru yang juga menjadi Ibukota Kecamatan Bantan. Pantai ini salah satu wisata andalan Kabupaten Bengkalis. Kawasan Pantai Selat Baru memiliki Pantai yang landai dan berpasir halus sepanjang 2 Km dengan jarak 200 Meter dari bibir Pantai. Pantai ini memiliki gelombang yang stabil, tidak lebih dari 1 Km kecuali ada musim angin utara. dengan bantuan pemerintah kabupaten, Pantai Selat Baru telah menjadi sebuah Objek Wisata andalan yang pernah ada pada Provinsi Riau.


Pantai Selat Baru, Wisata Andalan Kedua Kabupaten Bengkalis

Sejarah Pantai Selat Baru  

Dahulu banyak orang yang bertanya kenapa nama Pantai ini Selat Baru, apakah karna berdekatan dengan Selat Malaka, atau nama tersebut hanya populer dari mulut ke mulut hingga generasi sekarang. banyak yang tidak mengetahui dulu nama Pantai ini di kenal dengan nama Silo Baru (Batu Bara). Menurut orang Tua dan Tokoh masyarakat di daerah ini nama Selat Baru di populerkan oleh seorang Sersan Kompeni Tuan Controleur yang datang ke Selat Baru saat itu, mereka sedang memperkuat dan menambah kekuasaannya di daerah Bengkalis dialah yang pertama menyebut daerah ini dengan nama Selat Baru. hal itu terjadi sekitar tahun 1927 M. 

Batu Pantai Selat Baru

awal penamaan Pantai Silo Baru ini sebelum menjadi Selat Baru, itu terjadi karna di pengaruhi oleh suku jawa yang membuka hutan di daerah ini dan memenukan sebuah Batu yang terdapat pada tengah hutan di daerah tersebut. itulah awal mula kenapa pertama kali dinamakan Silo Baru. Batu tersebut telah berumur ratusan tahun. terdapat 3 batu besar dan kecil. konon katanya dulu batu itu hanya terdapat 2 buah batu. namun, tangan-tangan jahil mencoba untuk memecahkan batu tersebut dan dibawa pulang tetapi, batu tersebut kembali ketempat asalnya. di sekitar daerah ini telah di tempati suku asli yang berkerja sebagai nelayan yang di ketuai oleh ketua suku yang bernama tali, namun mereka bukan menetap tapi selalu berpindah-pindah untuk mencari ikan. Penemuan batu itu sangat mengagetkan ketua kelompok dan anak buahnya yang dikala itu di ketuai oleh Mbah Abdul Rojak. di daerah batu tersebut dikisahkan di tumbuhi pohon kandis, jambe, rambai, manggis dan beberapa buah pohon langka lainnya yang selama ini tidak di daerah lain di sekitar hutan tersebut. Konon Batu itu terdapat di bawah pohon kandis yang dihuni oleh lebah Gung atau Lebah Hitam dan besar. ada juga air yang mengalir menyerupai pancuran hingga suara air tersebut kedengaran dari puluhan meter. arah air mengalir tidak dapat terlihat, karna air tersebut masuk ke semacam lubang sumur yang mungkin mengalir dari bawah tanah menuju ke sungai. pernah juga di kabarkan di dekat batu tersebut ada 2 buah patung kuningan suami istri namun sampai sekarang hal itu belum ada kepastiannya. waktu itu tempat batu tersebut sangat angker jika ada yang mendekat ke arah batu tersebut lebah-lebah pun akan menyerang. tetapi Mbah Abdul Rozak akhirnya membuat ruwatan dengan di adakan pementasan wayang semalam suntuk untuk meminta izin ke penunggu tempat tersebut untuk jangan mengganggu robongan mereka.


Pantai Selat Baru

Di wilayah pantai ini setiap tahunnya diadakan acara seperti lomba perahu Jong, Gasing dan layang-layang. pengunjung juga dapat menonton beberapa kesenian tradisional dan atraksi budaya daerah setempat. dari pantai ini pengunjung atau wisatawan dapat menyaksikan bias biru Gunung Ledeng dari negara tetangga, Malaysia. sambil menikmati angin laut dan riak gelombang dari selat malaka. ada pula kehadiran elang laut yang memangsa ikan di laut menjadi pemandangan menarik lainnya bagi para pengunjung ataupun wisatawan.

Kegiatan Lomba di Pantai Selat Baru

Akses Lokasi Pantai Selat Baru

Jika anda ingin menikmati wisata Pantai Selat Baru dari pekanbaru anda dapat menaiki kapal fery. setelah anda mencapai pelabuhan Bengkalis anda dapat melanjutkan dengan menaiki kendaraan umum atau bus untuk sampai ke lokasi pantai. jika anda yang berada dari luar kota dan menggunakan pesawat anda harus ke kota Pekanbaru dulu. 



Demikianlah informasi tentang wisata Pantai Selat Baru pada Kabupaten Bengkalis. masih banyak wisata Provinsi Riau yang dapat anda kunjungi dan wisata disini juga tidak kalah dengan wisata yang berada pada Pulau Jawa. Jangan Lupa Kunjungi Pantai Selat Baru.

0 Response to "Pantai Selat Baru, Wisata Andalan Kedua Kabupaten Bengkalis"

Poskan Komentar