Keindahan Gunung Rinjani Harus ditutup Sementara Pasca Gempa Lombok


Gunung Rinjani terletak di Desa Sembalun Lawang, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Ternggara Barat. Gunung Rinjani adalah gunung tertinggi nomor dua di indonesia. wisata gunung rinjani memiliki ketinggian sekitar 3.726 mdpl yang dimana gunung ini menjadi tempat favorit bagi pendaki indonesia dengan pemandangan indahnya. gunung ini merupakan bagian dari wisata taman nasional gunung rinjani yang memiliki luas sekitar 41.330 ha. wisata gunung rinjani selalu menjadi tujuan bagi pengunjung dan wisatawan yang hobi nya mendaki. bukan hanya wisatawan lokal yang mendaki gunung rinjani ini, namun wisatawan asing atau mancanegara juga sering menjadikan tujuan mereka untuk mendaki. bagi pendaki pemula, anda dapat melewati jalur melalui padang savana sembalun lawang. savana di dekat gunung rinjani memiliki panjang sekitar 6 km dengan rerumputan yang tumbuh menjulang dengan ketinggian sekitar 1,5 meter. pelawangan sembalun merupakan tempat dimana pendaki menginap atau bermalam untuk melepas lelah dan berisitrahat sebelum sampai di puncak gunung rinjani. saat menaiki gunung pengunjung akan melihat keindahan pulau lombok dan melewatkan sunset pada sore hari. gunung rinjani juga memiliki saingan gunung lainnya seperti gunung semeru, yang dimana ada tempat yang di kunjungi para pendaki yaiut ranu kumbolo. gunung rinjani mempunyai anak gunung seperti Gunung Batu jari dengan ketinggian 2.367 mdpl. selain panorama keindahan di puncak gunung rinjani, wisata gunung rinjani juga menyimpan keunikan flora dan faunanya yang beraneka ragam. flora yang ada di gunung rinjani sekitar 2000 meter akan anda temukan Cemara gunung dan disaat berada di ketinggian 3000 meter anda akan menemukan bunga edelwais. kalau bagian faunanya, terdapat berbagai macam jenis burung, landak, rusa, monyet perak, monyet ekor panjang dan lain-lain.  


Taman Objek Wisata Gunung Rinjani

anak gunung rinjani memiliki sebuah danau kecil yang dimana air danau tersebut membentuk air terjun yang sangat indah. terdapat jenis ikan mas dan mujair sehingga sering di gunakan untuk memancing. wisata gunung rinjani juga menyimpan berbagai misteri dan mitos. banyak yang mengaitkan penyebab terjadinya gempa berkekuatan 7,0 skala richter di lombok dengan kisah mistih gunung rinjani ini. ada 5 misteri dan mitos yang di percaya oleh masyarakat setempat seperti misteri pertama yang dimana sebagai tempat tinggal jin penunggu bernama dewi anjani. yang kedua misteri mistis danau segara anak yang dimana jika pengunjung melihat danau segara anak terlihat luas maka umur anda masih panjang, namun jika pengunjung melihat danau segara anak terlihat sempit maka umur anda tinggal sedikit. misteri yang ketiga adalah larangan untuk tidak mengeluh dan berfikir hal-hal negatif. misteri keempat yaitu adanya sebuah larangan untuk tidak menginjakkan kaki didaerah area tertentu. misteri yang terakhir adalah banyak pendaki yang menghilang dan dipercaya mereka tersesat dan hidup didunia jin. setiap gunung memiliki keindahannya masing-masing seperti gunung semeru yang terkenal memiliki ranu kumbolo dan gunung rinjani memiliki danau segara anak. terdapat kawah gunung batu jari di pinggiran danau yang terletak di tengah-tengah danau segara anak. jika para pendaki gunung menuju perjalanan puncak rinjani akan banyak melihat berbagai keindahan lainnya seperti sebuah goa susu dan goa payung mas. panorama yang begitu lengkap di gunung rinjani ini yang dimana dapat melihat sunset dan berbagai wisata lain yang berada di kawasan gunung rinjani. gunung rinjani juga merupakan gunung dengan tata letak terbaik di asia tenggara. gunung rinjani telah banyak mendapatkan Penghargaan dunia yang telah diterima salah satunya yakni World Legacy Award untuk kategori Destination Stewardship dari Conservation International and National Geographic Traveler pada tahun 2004. Pada tahun 2005 TNGR masuk menjadi 3 besar Tourism for Tommorow Award kategori Destination Award dari World Travel & Tourism Council. Sedangkan pada tahun 2007 menjadi finalis Tourism for Tommorow Award. namun di sayangkan jalur untuk mendaki gunung rinjani ditutup pasca gempa lombok yang terlah terjadi. di perkirakan jalur akan di buka pada tahun 2020 sampai keadaan dalam situasi normal. selain gunung rinjani, terdapat juga sebuah wisata lain yang berada di sekitar gunung rinjani seperti wisata ali trekking, abel travel, green rinjani trekking, air terjun sendang gile, air terjun tiu kelep, desa wisata sembalun, dan wisata air terjun tetebatu. di area gunung rinjani juga terdapat sebuah destinasi bukit pengasingan dan desa adat senaru. untuk mengawali liburan anda, anda juga dapat menyewa jasa tour dan travel untuk menaiki gunung rinjani ini dengan berbagai macam paket wisata lombok untuk para traveller local dan dunia.  

Gunung Rinjani Lombok

Harga Tiket Gunung Rinjani

para pembaca sempaker, untuk biaya masuk atau tiket masuk tidak ada karena untuk biaya itu sendiri anda menentukannya. pengunjung juga bisa menyewa jasa tour untuk menaiki gunung rinjani supaya aman. kemungkinan biaya yang di butuhkan akan cukup banyak, karna mencapai puncak gunung bisa mencapai 3 hari. jadi persiapkanlah berbagai macam alat untuk pendaki. 


tempat perkemahan para pendaki gunung rinjani

Peralatan yang dibawa sebelum mendaki

mungkin bagi kalian yang menyewa jasa tour pasti mereka telah memberikan alat-alat dan pelatan yang di butuhkan dengan lengkap. namun, terkandang pengunjung juga harus menyediakan sendiri apa yang di butuhkan saat mendaki. beberapa hal yang harus disediakan : 
  • Sunblock.
  • Jas hujan.
  • Topi.
  • Pakaian hangat.
  • Senter.
  • Tisu.
  • Teropong.
  • Pakaian cadangan.
  • Kamera.
  • Peralatan mandi.
  • Peralatan ibadah.
  • Sepatu dan sandal yang kuat dan nyaman.
  • Kacamata hitam.
  • Kaos kaki tebal.
  • Sarung tangan.
  • Makanan dan minuman. 
  • Obat nyeri otot.
  • Obat pribadi.
  • dll.
Akses Jalan di tutup sementara pasca gempa lombok

Akses Menuju Puncak Gunung Rinjani

Kebanyakan pendaki memulai pendakian dari rute Sembalun dan mengakhiri pendakian di Senaru, karena bisa menghemat 700 m ketinggian. Rute Sembalun agak panjang tetapi datar, dan cuaca lebih panas karena melalui padang savana yang terik atau panas. krim penahan panas matahari sangat dianjurkan agar kulit anda tidak terlalu terbakar. jadi pakailah body lotion agar kulit kalian lembab. Dari Rute Senaru menaiki tanjakan tanpa jeda, tetapi cuaca lembut karena melalui hutan. Dari kedua lokasi ini membutuhkan waktu jalan kaki sekitar 7 jam menuju bibir punggungan di ketinggian 2.641m dpl  yang akan tiba di Plawangan Senaru ataupun Plawangan Sembalun. Di tempat ini memiliki pemandangan ke arah danau, maupun ke arah luar sangat menawan. Dari Plawangan Senaru turun ke danau melalui dinding curam ke ketinggian 2.000 mdpl yang bisa ditempuh dalam waktu sekitar 2 jam. Di danau kita bisa berkemah dan memancing. Penduduk Lombok mempunyai tradisi berkunjung ke segara anakan untuk berendam di kolam air panas. Untuk mencapai puncak dari arah danau harus berjalan kaki mendaki dinding sebelah barat setinggi 700m dan menaiki punggungan setinggi 1.000 m yang ditempuh dalam 2 tahap. tahap pertama selama 3 jam dan tahap kedua selama 4 jam. Tahap pertama menuju Plawangan Sembalun, camp terakhir untuk menunggu pagi hari. Summit attack biasa dilakukan pada pukul 3 dini hari untuk mencari momen indah dengan matahari terbit di puncak Rinjani. Perjalanan menuju Puncak tergolong lumayan, karena meniti di bibir kawah dengan margin safety yang pas-pasan. Medan pasir, batu, tanah. 200 meter ketinggian terakhir harus ditempuh dengan susah payah, karena satu langkah maju diikuti setengah langkah turun agar tidak terperosok batuan kerikil. Buat highlander, tempat yang paling menantang dan disukai karena beratnya medan terbayar dengan pemandangan alamnya yang indah. Gunung Agung di Bali, Gunung Raung di Banyuwangi dan Gunung Tambora di Sumbawa terlihat jelas saat cuaca bagus di pagi hari. Untuk mendaki Rinjani tidak diperlukan alat bantu, cukup stamina, kesabaran dan gairah pendaki. Keseluruhan perjalanan dapat dicapai dalam program tiga hari dua malam, atau jika hendak melihat dua objek lain seperti Gua Susu dan gunung Baru Jari (anak gunung Rinjani dengan kawah baru di tengah danau) perlu tambahan waktu dua hari perjalanan. Persiapan logistik sangat diperlukan untuk sampai ke puncak.




Demikianlah informasi tentang Objek Wisata Gunung Rinjani Lombok. kerinduan para pendaki untuk menaiki gunung rinjani berhenti, karena sebuah bencana yang terjadi di kota lombok baru-baru ini. para pembaca sempaker harus mendoakan korban yang terkena musibah di lombok. 

0 Response to "Keindahan Gunung Rinjani Harus ditutup Sementara Pasca Gempa Lombok"

Posting Komentar