air terjun gulamo, Green Canyonnya kampar


Wisata Air Terjun Gulamo terletak di Desa Tanjung Alai, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Air Terjun Gulamo memiliki air yang jernih membiru dan hutan yang masih asri. wisata sungai gulamo ini bagi masyarakat setempat seperti Green Canyonnya Jawa Barat atau cukang taneuh. destinasi wisata kabupaten kampar sangat unik dengan keindahannya, membuat para wisatawan dalam negeri maupun wisatawan luar negeri ingin mengunjunginya. di sekitar wisata air terjun, terdapat juga sebuah wisata air terjun batang kapeh desa lubuk bingau. di unjung sungai gulamo terdapat air terjun gulamo yang tingginya sekitar 3 sampai 5 meter dengan memberikan udara sejuk. wisata air terjun gulamo memiliki 3 tingkatan yang berbeda dan ketinggian pun berbeda. objek wisata ini sangat indah dengan pemandangan di kelilingi hutan serta di bingkai oleh tebing yang menjulang. saat perjalanan mengitari danau PLTA untuk sampai ke Lokasi, pengunjung akan melihat batang pohon sebagai pemandangan utama dan batu-batu besar indah yang dimana dulunya pepohonan ini sengaja di tenggelamkan untuk membangun sebuah bendungan. air sungai ini memiliki warna hijau terang. karena air sungai nya bergitu jernih, pengunjung akan dapat melihat pasir putih yang berada di dasar sungai. pengunjung dan wisatawan bisa melakukan aktivitas berenang dan bermain air di sungai maupun di dekat air terjun gulamo. selain air terjun gulamo, wisata riau yang populer lainnya adalah wisata ulu kasok kampar atau yang dikenal dengan raja ampatnya riau. wisata air terjun ini sering menjadi sebuah tempat lokasi penelitian oleh ikatan ahli geologi indonesia.


Air Terjun Gulamo Kampar

wisata-wisata yang berada di provinsi riau tidak kalah indahnya terhadap wisata yang berada di provinsi sumatera barat. kabupaten kambar di juluki sebagai negeri seribu air terjun karena banyak memiliki destinasi pariwisata alam yang menarik. wisata sungai gulamo bisa juga di bilang hampir mirip dengan wisata grand canyon sungai colorado di utara arizona amerika serikat. aktivitas lainnya dapat pengunjung lakukan selain berenang dan main air adalah tubing atau body rafting. kawasan sungai gulamo juga pernah menjadi lokasi syuting acara perjalanan dan pertualangan di televisi swasta. pesona sungai dan air terjun gulamo ini memberikan kesejukan maupun ketenagan bagi pengunjung yang menghabiskan waktu liburannya. saat mengitari danau PLTA, pengunjung akan melihat berbagai aktivitas petani karambah ikan mas yang sedang mencari ikan di sekitarnya. tebing-tebing di daerah sungai gulamo memiliki ketinggian sekitar 10 hingga 15 meter. tempat ini slalu ramai di kunjungi oleh para wisatawan lokal maupun wisatawan asing dan menjadi destinasi wisata populer di kabupaten kampar.  

Objek Wisata Sungai Gulamo

Harga Tiket Masuk Wisata Air Terjun Gulamo

para pembaca sempaker tidak perlu khawatir dengan tiket masuk ke lokasi air terjun gulamo ini, karena tidak di pungut biaya tiket masuknya alias gratis. namun, pengunjung hanya menyediakan biaya untuk sewa perahu pompong untuk sampai ke lokasi tujuan. jika wisatawan menggunakan jasa tour dan travel atau sebuah paket wisata, pengunjung hanya membayar 200 ribu rupiah untuk sampai ke air terjun gulamo ini. paket wisata ini sudah termasuk semua nya seperti trasportasi dari pekanbaru, makan dan sewa perahu. biaya ini akan bisa berubah. 

Perahu Motor Pompong Sungai Gulamo

Fasilitas Objek Wisata Sungai Gulamo Kampar

para pembaca sempaker harus tau fasilitas yang ada di wisata adanya perahu untuk mengelilingi sungai dengan pelampung. karena tempat nya jauh dari pemukiman warga, jadi fasilitas disini belum memadai dan belum lengkap. namun warung untuk belanja makanan ringan tersedia disini. wisata ini akan di kembangkan menjadi destinasi pariwisata yang indah.


Akses Lokasi Air Terjun Gulamo 

unutk sampai ke lokasi, pengunjung dan wisatawan harus menggunakan perahu pompong di bawah jembatan dua batuba surek di kabupaten kampar. untuk pengunjung yang berada di luar pulau sumatera , harus menggunakan pesawat dulu untuk sampai ke kota pekanbaru. dalam berjalanan menggunakan perahu pompong, pengunjung akan melewati danau PLTA kota Panjang. saat berada di hulu sungai pengunjung dan wisatawan akan melihat aliran sungai gulamo yang diapit oleh bebatuan yang mirip dengan Green Canyon jawa barat. dari aliran ini lah pengunjung dan wisatawan akan melihat sebuah air terjun yang masih alami. jika pengunjung dan wisatawan dari pekanbaru, untuk sampai ke lokasi tujuan memerlukan waktu di perjalanan sekitar 2 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum hingga sampai ke jembatan satu. saat sampai di daerah danau PLTA pengunjung harus menyeberangi danau PLTA dengan menggunakan perahu motor kayu dengan tarif 750.000 ribu rupiah yang berdaya angkut sekitar sembilan orang. perahu telah di lengkapi dengan baju pelampung, yang biasanya di tumpangi turis untuk berkeliling sungai gulamo. dari menggunakan perahu pengunjung akan menempuh waktu perjalanan sekitar 1 jam untuk sampai ke lokasi air terjun gulamo. jadi, lumayan lama pengunjung berada di atas perahu dan dapat makan.





Demikianlah Informasi Tentang Objek Wisata Air Terjun dan Sungai Gulamo Kampar. pembaca semapaker ajak saudara, teman, keluarga, pacar, sahabat dan pasangan untuk berlibur kesini. 

0 Response to "air terjun gulamo, Green Canyonnya kampar"

Posting Komentar