Wisata Istana Maimun adalah Salah Satu Istana Terindah di Indonesia


Istana Maimun terletak di Desa kelurahan Aur, Kecamatan Medan Maimun, Kabupaten/Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara. Istana Maimun memiliki luas sebesar 2.772 m2 dan memiliki 30 ruangan. Istana Maimun terdiri dari 2 lantai dan memiliki 3 bagian yaitu bangunan induk, bangunan sayap kiri dan bangunan sayap kanan. Bangunan istana ini menghadap ke utara dan pada sisi depan terdapat bangunan Masjid Al-Mashun atau yang lebih dikenal dengan sebutan Masjid Raya Medan. Istana Maimun menjadi tujuan wisata bukan hanya karena usianya yang tua, namun juga desain interiornya yang unik, memadukan unsur-unsur warisan kebudayaan Melayu, dengan gaya Islam, Spanyol, India dan Italia. Namun sayang, tempat wisata ini tidak bebas dari kawasan pedagang kaki lima. wisata istana maimun medan merupakan bangunan bersejarah dan menjadi sebuah icon kota medan. istana maimun ini bangunannya memiliki khas melayu yang berwarna kuning. Istana Maimun adalah salah satu istana paling indah di indonesia dengan arsitektur mempersona dan memiliki sejarah menarik. keunikan istana maimun kota medan terlihat dari perpaduan kebudayaan melayu yang bernuansa islam di negara besar lainnya seperti italia, spanyol dan india. istana maimun adalah sebuah istana peninggalan dari kerajaan deli yang di sebut istana putri hijau. Didalam istana maimun terdapat sebuah marmer prasasti di depan tangga yang bertuliskan bahasa Belanda, yang merupakan bukti nyata terdapat pengaruh Belanda. didalam istana maimun terdapat juga berbagai macam perabot seperti toilet, lemari, meja, kursi dan pintu. di daerah komplek wisata istana maimun terdapat juga sebuah meriam puntung. warna kuning istana ini memiliki arti kebudayaan melayu, sedangkan nuansa eropa terlihat dari berbagai ornamen yang ada di istana seperti lemari, lampu, pintu dorong, kursi dan meja. Wisata Istana maimun sangat kental dengan pengaruh agama islam. pengunjung dan wisatawan dapat melihat dari bentuk lengkung di bagian atap istana yang memiliki bentuk mirip perahu terbalik. selain wisata istana maimun juga terdapat sebuah wisata lain seperti masjid al mashun atau biasa di kenal dengan masjid raya medan.  


Istana Maimun Sumatera utara

ada sebuah tanaman yang bernama Sri deli medan yang sering dijadikan pada waktu bulan ramadhan sebagai area wisata kuliner ketika berbuka puasa. wisata istana maupun pada hari libur slalu di kunjungi oleh berbagai wisatawan lokal dan luar negeri. di depan istana maimun terdapat lapangan rumput yang sering di gunakan anak-anak untuk bermain bola. keunikan saat ingin memasuki istana maimun harus melewati beberapa anak tangga agar sampai ke ruang utama istana. biasanya terdapat pemusik yang melantunkan irama khas melayu di sisi pintu utama. keindahan wisata istana maimun tidak dapat di bantahkan meskipun telah berusia lebih dari 125 tahun. istana maimun juga terdapat sebuah foto-foto kerajaan sultan, perabotan rumah tangga belanda kuno dan berbagai jenis senjata. wisata istana maimun juga menjadi sebuah wisata edukasi keluarga  atau sebuah musem yang sempat di renovasi yang di kelola oleh yayasan sultan ma'moen al rasyid. bagian atap menyerupai sebuah kubah yang di warnai dengan warna cokelat yang sangat menarik. bagian pintu istana maimun juga di desain melengkung yang identik dengan gaya negara persia. di bagunan utama terdapat balairung yang di gunakan untuk tempat tunggu bagi tamu yang ingin menghadap raja. istana maimun ini salah satu wisata yang cukup populer di indonesia dengan keunikan budaya melayu.  

Balairung Wisata Istana Maimun Sumatera Utara

Sejarah Singkat Berdirinya Istana Maimun

Istana Maimun adalah sebuah istana kesultanan deli di sumatera utara. Istana Maimun ini di desain oleh arsitek italia yang di bangun oleh Sultan Deli dan Sultan Mahmud Al Rasyid. Pembangunan istana maimun ini dimulai dari tanggal 26 Agustus 1888 dan selesai pada tanggal 18 Mei 1891. istana maimun berdiri karena campur tangan pihak negara-negara lain juga. Meriam puntung merupakan jelmaan dari adik putri hijau dari kerajaan Deli yang bernama Mambang Khayali. Putri Hijau menjelma menjadi senjata meriam, agar senantiasa mempertahankan istana dari serbuan pasukan raja Aceh, semua itu dilakukannya karena cintanya ditolak oleh sang putri Hijau. Dikisahkan, di Kerajaan Timur Raya, hiduplah seorang putri yang cantik jelita, bernama Putri Hijau. disebut putri hijau, karena tubuhnya memancarkan warna hijau. putri hijau memiliki dua orang saudara laki-laki yang bernama Mambang Yasid dan Mambang Khayali. Suatu ketika, datanglah Raja Aceh meminang Putri Hijau, namun, pinangan ini ditolak oleh kedua saudaranya. Raja Aceh menjadi marah, lalu menyerang Kerajaan Timur Raya. Raja Aceh berhasil mengalahkan Mambang Yasid. Saat tentara Aceh hendak masuk istana menculik Putri Hijau, mendadak terjadi keajaiban, Mambang Khayali tiba-tiba berubah menjadi meriam dan menembak membabi-buta tanpa berhenti. Karena terus-menerus menembakkan peluru ke arah pasukan Aceh, maka meriam ini terpecah menjadi dua. Bagian depannya ditemukan di daerah Surbakti, di dataran tinggi Karo, dekat Kabanjahe. Sementara bagian belakang terlempar ke Labuhan Deli, kemudian dipindahkan ke halaman Istana Maimun.Setiap hari, Istana ini terbuka untuk umum, kecuali bila ada penyelenggaraan upacara khusus. jadi, makanya terdapat sebuah meriam puntung disini. meriam puntung ini mempunyai cerita dimana pada bagian ujung meriam satu melayang yang di percaya oleh penduduk setempat jatuh ke desa sukanalu, Kecamatan barus jahe tanah karo. disini juga terdapat acara musik tradisional pada hari minggu di kawasan area Wisata Istana Maimun sumatera utara. 

Objek Wisata Istana Maimun Yang Populer di kota medan

Harga Tiket Masuk Istana Maimun Medan

untuk tiket masuk ke wilayah istana maimun tergolong sangat murah meriah dengan biaya masuk sekitar 5.000 ribu rupiah per orangnya. biaya sewa pakaian adat melayu sebesar 15.000 ribu rupiah hingga 30.000 ribu rupiah per setel pakaian. untuk berfoto dan mendengarkan cerita pada meriam buntung pengunjung harus mengeluarkan biaya sebesar 3.000 ribu rupiah. terdapat juga wisata lain di sekitar istana seperti Rumah Tjong Afie yang harga tiketnya hanya 35.000 ribu Rupiah dan akan dipandu oleh guide. harga tiket dapat berubah sewaktu-waktu. 


Bagian Dalam istana maimun Kota Medan

Fasilitas Istana Maimun Medan

terdapat berbagai macam fasilitas yang di tawarkan disini seperti busana adat melayu, aksesoris melayu, toilet, restoran gaya belanda dan masih banyak lagi yang lain. di sekitaran wisata istana maimun terdapat juga penginapan dan hotel jika pengunjung ingin beristirahat serta ingin berlama-lama di kota medan dengan berbagai variasi harga hotel dari murah hingga mahal. 

Sejarah Meriam Puntung atau Buntung Sumatera Utara


Akses Lokasi Wisata Istana Maimun

para sempaker untuk sampai ke tujuan lokasi objek wisata ini sangatlah mudah. jika anda pengujung dari luar pulau sumatera, maka alangkah baiknya menggunakan pesawat untuk sampai ke kota medan. letak istana ini berada di alun-alun kota medan yakni yang berjarak kurang lebih 7 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 23 menit menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Istana Maimun terletak tidak jauh dari Masjid Raya Medan yang jaraknya sekitar 40 kilometer dari Bandara Internasional Kualanamu dan 28 kilometer dari Pelabuhan Belawan yang memakan waktu kurang lebih 56 menit untuk menuju ke istana ini. bagi pengunjung dan wisatawan yang menggunakan kendaraan umum dapat menempuh beberapa rute. jika pengunjung dari Bandara Kualanamu, naik kereta api dari Stasiun dan naik kereta dengan rute Bandara Kualanamu Medan (ARS Railink), turun di Stasiun Medan. Selanjutnya naik lagi angkot jurusan Amplas dan turun di depan Istana Maimun. jika pengunjung dari Pelabuhan Belawan, naik bus jurusan Amplas dan turun di terminal Amplas. Kemudian naik lagi angkot 64 jurusan Pinang Baris, turun di depan Istana Maimun. Sementara wisatawan yang datang dari Jakarta dapat menggunakan pesawat terbang dengan rute Jakarta Medan, turun di Bandara Kualanamu. tergantung anda mau pilih memakai kendaraan pribadi atau umum. 



Demikianlah infrmasi tentang Objek Wisata Istana Maimun Provinsi Sumatera Utara. istana ini menyimpan berbagai edukasi sejarah. jika para pembaca sempaker berlibur di daerah kota menda bersama keluarga, kerabat, pacar, sahabat dan teman-teman, maka tempat wisata yang satu ini jangan sampai di lewatkan. wisatawan lokal dan mancanegara udah sampai kesini. 

0 Response to "Wisata Istana Maimun adalah Salah Satu Istana Terindah di Indonesia"

Posting Komentar