Pulau Mursala, Wisata Air Terjun Laut


Pulau Mansalar atau yang lebih di kenal dengan nama Pulau Mursala merupakan pulau terbesar yang berada di kabupaten Tapanuli Tengah dan memiliki pesona alam tersendiri.

Pulau yang luas 8.000 hektar ini berjarak sekitar 22,5 km dari kota Sibolga dan masuk di wilayah kecamatan Tapian Nauli, Kabupaten Tapanuli Tengah, Provinsi Sumatera Utara.

Pulau Mursala memiliki hamparan pasir putih yang sangat indah. Selain itu, bukan hanya keindahan pulau yang bisa kita lihat terdapat juga obyek wisata yang menjadi andalan di pulau mursala ini, yaitu air terjun pulau mursala. Yang bisa dilihat seperti gambar di bawah ini.




Air Terjun Mursala

Air terjun Pulau Mursala ini memiliki ketinggian sekitar 35 m, air terjun ini merupakan air terjun yang sangat unik karena aliran air terjun ini langsung masuk ke laut. karena letak bagian air terjun ini berada di bagian Pulau Mursala yang langsung berhapan dengan samudera Hindia maka aliran air terjun ini langsung masuk ke laut.air terjun seperti ini cuma ada beberapa di dunia dan di indonesia hanya ada 2 (dua) air terjun seperti ini, satu lagi berda di kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara yang bernama air terjun Kahatola. air terjun ini berasal dari aliran sungai terpendek di dunia dengan lebar sekitar 400 m, dengan panjang 700 m yang mengalir melalui bebatuan granit yang berda di tebing pulau yang terus meluncur kebawah dengan suara gemuruh masuk dedalam area laut, dan menciptakan keindahan tersendiri.
Selain mempunyai keunikan tensendiri, air terjun Pulau Mursala ini juga dekat dengan wisata lain nya dengan pesona alam yang indah seperti Pulau puti, Pulau Silabu Na Godang, Pulau Kalimantung Na Menek, Pulau Jambe, dan masih banyak pulau lainya .



Air terjun Pulau Mursala rasanya tawar. Nah, ada yang misterius soal asal muasal sumber air terjun ini. Sebagian warga setempat menduga, sumber airnya berasal dari Danau Toba, yang mengalir lewat bawah tanah. Konon, terkadang ditemukan jerami di aliran air terjun saat musim panen padi di kawasan danau Toba. Tapi ada juga yang menyebut, airnya berasal dari sebuah sungai yang membelah Pulau Mursala. Mana yang benar? Belum ada penelitian yang membuktikannya.

Akses :
Dari sibolga perjalanan dilajutkan melalui jalur laut menggunakan perahu cepat dari dermaga yang berada di pesisir kabupaten Pandan, dari dermaga menuju pulau mursala dikenakan tarif sekitar Rp. 1.300.000/perahu dengan jarak tempuh sekitar 1 jam, atau bisa juga menggunakan perahu biasa dengan harga yang murah dan jarak tempuh sekitar 3 jam.

0 Response to "Pulau Mursala, Wisata Air Terjun Laut"

Poskan Komentar