Indahnya Panorama Jembatan Ampera Kota Palembang


Jembatan Ampera merupakan suatu identitas yang otentik untuk Kota Palembang. Palembang sangat di kenal dengan Ampera dan Ampera adalah lambang dari Kota Palembang. Kegiatan sehari-hari kehidupan warga Kota Palembang pasti tidak bisa lepas dari jembatan ini karena Jembatan Ampera lah penghubung utama di pusat Kota Palembang antara daerah hulu ke hilir pun sebaliknya dari hilir ke hulu. Melintasi lebarnya Sungai Musi.

Tidak bisa dibayangkan apabila Jembatan Ampera tersebut tidak ada, pastinya kehidupan warga di Palembang akan sangat terganggu dan tidak minim aktifitas, serta arus ekonomi Palembang akan terhambat karena perputaran uang melalui Jembatan Ampera terjadi setiap hari antara hulu ke hilir dan sebaliknya menjadikan bergeraknya roda ekonomi,  serta para pegawai akan terhambat waktu kerjanya karena hanya Ampera yang dapat menghubungkan rumah ke tempat kerja mereka, demikian pula pelajar dan mahasiswa yang sekolah dari hilir ke hulu atau sebaliknya hulu ke hilir akan sangat terganggu dan menghambat waktu tempuh untuk menuntut ilmu bila Ampera tidak ada. Sehingga sebagian besar kegiatan di Pusat Kota Pelembang di jembatani oleh Jembatan besar ini.



Baca Juga : Wisata Danau Kaolin Bangka Belitung

Jembatan Ampera
Lain halnya saat dulu dengan sekarang, semenjak dicanangkannya program Visit Musi tahun 2008 lalu maka sejak saat itulah semua asset wisata yang ada di Sumsel pada umumnya dan di Palembang pada khususnya dikembangkan dan direnovasi kembali oleh pemerintah Kota dan Provinsi. Tidak terkecuali Jembatan Ampera ini, kalau dulu jembatan kebanggaan Wong Palembang cuma sekedar menjadi alat penghubung daerah yang dibatas sungai dari Palembang hulu dan Palembang hilir sekarang semuanya telah berubah, Jembatan Ampera kini menjadi objek wisata murah meriah dan wajib dikunjungi terutama bagi wisatawan luar Kota Palembang, bahkan untuk warga lokal pun Jembatan Ampera tidak bosan-bosannya untuk dikunjungi dan sekedar menikmati suasana pinggiran Sungai Musi dengan background Jembatan Ampera. Menjadikan lokasi ini sebagai lokasi hunting foto yang cukup terkenal dengan view jembatannya.

Ampera Palembang

Lampu-lampu yang berwarna-warni menghiasi Jembatan Ampera merupakan salah satu daya tarik sendiri bagi para wisatawan yang berkunjungun ke Plaza Benteng Kuto Besak dimalam hari dimana tempat ini merupakan spot terbaik bagi wisatawan untuk menikmati keindahan Jembatan Ampera saat malam datang. Uniknya lampu hias yang mengelilingi Jembatan Ampera dapat berubah-ubah setiap beberapa detik sekali bagaikan suasana pesta yang tidak ada habisnya, hal ini menjadi daya tarik tersendiri terutama bagi para fotografer yang ingin mengabadikan Jembatan Ampera dengan warna-warna yang berbeda penuh variasi.

Ditambah dengan sarana yang memadai yaitu terdapatnya taman yang menghiasi keempat sudut Jembatan Ampera yaitu 2 sudut Taman di Hilir dan 2 sudut Taman yang kelak ada di Hulu menjadikan jembatan ini semakin menarik untuk dikunjungi untuk tempat refreshing mata dan penyejuk hati yang gundah, hal ini senada dengan usulan Presiden pertama RI saat itu dimana beliau mensyaratkan untuk membangun taman kembar di bawah Jembatan Ampera di dua daerah berbeda yaitu hilir dan hulu dengan filosofi sebagai lambang penuh keadilan dan kesetaraan antara seberang hilir dan seberang hulu walaupun sampai saat ini nyatanya ketimpangan terjadi dimana bagian hilir lebih berkembang dari bagian hulu.





Semua fasilitas yang ada sekarang diharapkan untuk selalu dirawat khususnya bagi para pengunjung, terutama sekali adalah lampu hias yang mengelilingi Jembatan Ampera karena bagian yang paling menarik dari Jembatan Ampera sekarang adalah lampu warna-warni yang bisa berubah tiap beberapa detiknya yang melekat di sekeliling Ampera. Sekilas dengan lampu yang menghiasi Jembatan Ampera memanipulasi mata kita untuk merasakan suasana yang sama dengan Jembatan San Francisco (Golden Gate) di USA. Dan, tidak lupa untuk menjagai kebersihan yang merupakan nilai pokok suatu kawasan wisata karena apabila kawasan wisata itu kotor dan jorok maka tentunya para bakal wisatawan akan enggan untuk berkunjung dan datang menikmati suasana jembatan indah ini. Oleh karena itu, jagalah kota kita dan buanglah sampah pada tempanya.  Kalau anda ingin beriman maka jagalah kebersihan karena kebersihan adalah sebagian dari iman. Selamat berlibur!

2 Responses to "Indahnya Panorama Jembatan Ampera Kota Palembang"

  1. Beberapa tempat wisata yang saya sukai seperti.

    - wisata jogja

    - wisata semarang

    - wisata lembang

    - wisata bali

    Menjadi daya tarik sendiri untuk menikmati alam indahnya indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga suka jalan2..
      cuma uang tak ada ...
      hahaha

      Hapus