Pengalaman Yang Susah Terlupakan Saat Menyambangi Gunung Bromo

Gunung Bromo
Hai bro udah pada kenal Gunung Bromo Belum nih?  Gue punya cerita sedikit tentang Gunung Bromo nih. Gunung Bromo berasal dari kata Brahma (salah seorang Dewa agama Hindu). Bromo merupakan gunung api yang masih aktif dan terkenal sebagai ikon wisata Jawa Timur. Gunung ini tidak sebesar gunung api lainnya di Indonesia tetapi memiliki pemandangannya yang istimewa sehingga anda terpukau dengan sendirinya.

Keindahannya yang luar biasa membuat wisatawan yang mengunjunginya akan berdecak kagum. Jangan katakan Anda pernah ke Jawa Timur bila belum menapakkan kaki di gunung api yang indah ini. Gunung Bromo di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru memiliki keunikan dengan pasir laut seluas 5.250 hektar di ketinggian 2392 m dpl. Anda dapat berkuda dan mendaki Gunung Bromo melalui tangga dan melihat Matahari terbit. Lihatlah bagaimana pesona Matahari yang menawan saat terbit dan terbenamnya akan menjadi pengalaman pribadi yang mendalam saat melihatnya secara langsung.



Gunung Bromo Sunset
Dari puncak Gunung Penanjakan di ketinggian 2.770 m, wisatawan dari seluruh dunia datang untuk melihat panorama Matahari terbit dari Gunung Bromo. Pemandangannya sungguh menakjubkan dan yang akan Anda dengar hanya suara jepretan kamera wisatawan saat menangkap momen yang tidak bisa didapatkan di tempat lain. Suhu udara di Gunung Bromo berkisar antara 3°-20° celcius, namun dapat berada beberapa derajat di bawah nol selama musim kemarau. Jika Anda tidak kuat dengan udara dingin, sebaiknya Anda membawa jaket, sarung tangan, dan topi atau penutup kepala lainnya. Setelah Matahari terbit cuacanya dengan cepat menjadi cukup panas di sini.

Saat sunrise di Bromo sangat luar biasa dimana Anda akan melihat latar depan Gunung Semeru yang mengeluarkan asap dari kejauhan dan Matahari bersinar terang naik ke langit. Di bawah lautan pasir Anda dapat menikmati suasananya dengan berkuda, menyusuri menggunakan kendaraan (jeep), serta cukup dengan menyeruput kopi atau teh panas akan sangat nikmat rasanya. Jangan lupa pula untuk bercengkrama dengan penduduk pribumi yang ramah untuk mendapatkan cerita menarik tentang gunung api ini.



Gunung Bromo Sunrise

Pengunjung biasa mengunjungi kawasan ini sejak dini hari dengan tujuan melihat terbitnya matahari. Untuk melihatnya, Anda harus menaiki Gunung Pananjakan yang merupakan gunung tertinggi di kawasan ini. Medan yang harus dilalui untuk menuju Gunung Pananjakan merupakan medan yang berat. Untuk menuju kaki Gunung Pananjakan, Anda harus melalui daerah yang menyerupai gurun yang dapat membuat Anda tersesat.

Saat harus menaiki Gunung Pananjakan, jalan yang sempit dan banyak tikungan tajam tentu membutuhkan ketrampilan menyetir yang tinggi. Untuk itu, banyak pengunjung yang memilih menyewa mobil hardtop (sejenis mobil jeep) yang dikemudikan oleh masyarakat sekitar. Masyarakat sekitar berasal dari suku Tengger yang ramah dengan para pengunjung.Itu dia selayang tentang Gunung Bromo semoga kalian para petualang punya mimpi untuk sampai kesana.

1 Response to "Pengalaman Yang Susah Terlupakan Saat Menyambangi Gunung Bromo"

  1. Sunrise di Bromo indah sekali. Semoga suatu bisa melihat secara langsung.

    BalasHapus