Pantai Kuta Lombok yang menyimpan sejarah


Pantai Kuta Lombok terletak di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat. biasanya Pantai Kuta identik dengan Pantai yang paling terkenal di Pulau Bali. selain Pantai Kuta di Pulau Bali, juga terdapat Pantai Kuta di kawasan pulau lombok yang tidak kalah menawan dari pantai kuta bali. Wisata Pantai Kuta Lombok memiliki pasir yang putih dan juga bersih serta garis pantai yang bergelombang. pantai kuta lombok terdapat jajaran terumbu karang yang sehat, Sehingga memperlihatkna pemandangan yang romantis dan menakjubkan. pantai ini memiliki garis pantai sepanjang 7,2 km. di sekitar pantai kuta lombok terdapat sebuah bukit yang bernama bukit mandalika. dari puncak wisata bukit mandalika ini pengunjung dapat melihat air laut pantai yang begitu bening dengan pemandangan pantai yang sungguh eksotis. pengunjung atau wisatawan dapat melakukan aktivitas seperti snorkeling, bermain air laut, berselancar serta melihat sunset yang indah. selain pantai kuta lombok, pengunjung juga dapat mengunjungi wisata lain seperti pantai seger, pantai selong belanak, pantai mawun dan gua aan. Desa Kuta mulai menjadi tempat tujuan wisata yang menarik di Indonesia sejak didirikannya banyak hotel-hotel baru. Selain keindahan alam yang dapat dinikmati di desa ini, satu kali dalam setahun diadakan upacara Sasak di desa ini yaitu upacara Bau Nyale. Dalam upacara ini para pelaut mencari cacing Nyale di laut. Menurut legenda, dahulunya ada seorang putri, bernama Putri Mandalika, yang sangat cantik, banyak pangeran dan pemuda yang ingin menikah dengannya. Karena ia tidak dapat mengambil keputusan, maka ia terjun ke air laut. Ia berjanji sebelumnya bahwa ia akan datang kembali satu kali dalam setahun. Rambutnya yang panjang kemudian menjadi cacing Nyale tersebut. 



Pantai Kuta Lombok

sekitar 20 menit dari pantai kuta lombok juga terdapat sebuah pantai tanjung aan yang memiliki keunikan pasir seperti merica yang dapat pengunjung dan wisatawan datangi. wisata pantai kuta lombok ini memiliki air laut yang biru yang membentuk setengah lingkaran dan berkelok serta di kelilingi hijau nya perbukitan. kabupaten lombok menempati jajaran destinasi wisata indonesia yang paling banyak di kunjungi oleh wisatawan mancanegara. pantai kuta lombok juga di kenal dengan nama mandalika resort. pantai kuta lombok juga memiliki spot wisata terbaik yang di akui oleh dunia diantaranya tanjung aan yang menduduki peringkat ke empat pantai terbaik dunia versi tripadvisor dalam travellers choice award dan pantai gerubuk yang terpilih sebagai 10 spot surfing paling populer di asia. disini pengunjung juga dapat melakukan diving yang dimana pemandangan indah bawah laut yang menawan serta mendaki bukit mandalika. Untuk mengenang pengorbanan Ratu Mandalika, di bagian Pantai Kuta dibuat patung atau monumen Putri Mandalika yang sedang terjun ke lautan. pesona terumbu karang yang masih alam dapat memanjakan mata pengunjung dan wisatawan. bukan hanya pengunjung dan wisatawan lokal aja yang telah sampai ke pantai kuta lombok, namun wisatawan mancanegara pun telah banyak sampai ke lokasi pantai kuta lombok sekedar untuk mecoba berselancar, diving dan tracking. 

Wisata Pantai Kuta Lombok

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai Kuta Lombok

untuk biaya tiket masuk ke pantai kuta lombok belum ada harga tiket masuk yang khusus. biasanya para pengunjung dan wisatawan hanya membayar biaya parkir sebesar 5.000 ribu rupiah untuk kendaraan roda dua dan 10.000 ribu rupiah untuk kendaraan roda empat. untuk tarif dan biaya sewa taksi ke lokasi pantai kuta ini di kenai biaya sebesar 250.000 ribu rupiah.  



Patung Putri Mandalika Pantai Kuta Nusa Tenggara Barat

Fasilitas dan Akomodasi Pantai Kuta Lombok

fasilitas di pantai kuta lombok tergolong cukup lengkap dengan adanya tempat penyewaan alat-alat snorkeling untuk tujan menyelam pengunjung. jika para wisatawan ingin menginap di daerah pantai kuta lombok ini, terdapat berbagai macam penginapan dan hotel terdekat seperti kuta indah hotel, kuta paradise lombok, blue mongkey villas, family house lombok, hammerhead hotel, novotel hotel lombok, puri itoma dan bumbangku beach cottage. disini juga terdapat berbagai macam fasilitas modern seperti jet sky, banana boat dan windsurfer. bagi pengunjung yang ingin makan dan minum jangan khawatir karena disini juga terdapat sebuah restoran. pantai kuta juga terdapat sebuah penjual pernak pernik khas lombok yang menawarkan songket sasak. pantai kuta lombok telah di lirik oleh berbagai hotel besar seperti bungalow Cockatoo, novotel coralia, segara anak bungalow dan masih banyak lagi yang lainnya. bagi pengunjung yang mau mengelilingi laut, disini juga terdapat tempat untuk menyewa perahu di sekitar pantai kuta lombok ini. fasilitas umum juga terdapat disini seperti toilet, area parkir, toko sovenir, penyewaan selancar, MCK, mushola atau tempat ibadah dan pos polisi pariwisata. pengunjung dan para wisatawan juga akan mendapat kan fasilitas palarayang di sekitar pantai mandalika

Objek Wisata Pantai Mandalika Lombok

Akses Lokasi Wisata Pantai Kuta Lombok

untuk sampai ke lokasi pantai kuta lombok, pengunjung dapat melalui beberapa rute perjalanan yang telah ada. pengunjung dan para wisatawan dapat berjalan dari kota mataram yang memiliki jarak tempuh 72 km ke arah tenggara yang menghabiskan waktu tempuh perjalanan sekitar 90 menit. disaran kan jika mengunjungi wisata yang satu ini jangan menggunakan kendaraan umum karena relatif mahal dan susah untuk mencari kendaraan umum disini. lebih baik menyewa mobil pribadi atau bisa menggunakan jasa tour dan travel. sebelum sampai ke lokasi tujan, pengunjung akan melewati desa sade yang dimana desa ini terkenal dengan penduduk suku sasak yaitu penduduk asli pulau lombok. tempat ini juga sebuah wisata lombok yang terkenal dengan kain khas tenun tradisionalnya dari penduduk asli pulau lombok.





Demikianlah Informasi tentang Objek Wisata Pantai Kuta Lombok. tempat ini bagus untuk menemani liburan anda bersama keluarga, pasangan, pacar, teman, sahabat dan yang lainnya. pantai kuta lombok tidak kalah indah di banding pantai kuta  yang paling terkenal di bali.

0 Response to "Pantai Kuta Lombok yang menyimpan sejarah"

Posting Komentar