Air Terjun Batu Dinding, Berjuta Keindahan Kampar


Wisata Air Terjun Batu Dinding adalah salah satu tempat wisata yang terletak di Desa Tanjung Belit Kecamtan Kampar Kiri Hulu, Provinsi Riau.

Air Terjun ini memiliki nama yang unik dan pantas menjadi tujuan utama untuk berwisata saat anda berada di Pekanbaru,Riau. Objek Wisata ini masih belum di publikasikan oleh pemerintah setempat sehingga belum memiliki fasilitas tempat penginapan ataupun restoran.



Air terjun batu dinding

Di sekitar area Air Terjun Batu Dinding anda akan melihat Object Wisata lain seperti Tugu Equator atau Tugu Khatulistiwa dan tempat bersejarah Istana Kerajaan Gunung Sahilan. Air Terjun Batu Dinding tidak terlalu tinggi, airnya pun begitu jernih sehingga ikan-ikan kecil yang berenangpun terlihat. Banyak wisatawan yang memanjat kebagian atas air terjun dan melakukan lompatan indah yang memacu adrenalin tapi, ingat tetap hati-hati saat memanjat karena pijakan batunya licin. Keindahan dari bagian puncak Air Terjun sangat istimewa dan memberikan kondisi Alam yang masih sangat alami dengan udara yang dingin.

istana gunung sahilan

Akes Lokasi Air Terjun Batu Dinding

Untuk mengunjungi Air Terjun Batu Dinding anda memerlukan waktu sekitar 3 jam dari Pekanbaru ke Lipat Kain dengan jarak tempuh 72 Km. Setelah sampai di Lipat Kain anda akan melanjutkan perjalanan menuju Desa Gema dengan jarak 27 Km. Dari Desa Gema anda akan menuju Lokasi dengan jarak 5 Km untuk sampai ke Desa Tanjung Belit.



akses batu dinding

Untuk menuju Desa Tanjung Belit tidak ada petunjuk pasti atau petunjuk arah jadi, alahkah baiknya bertanya kepada masyarat setempat agar tidak tersesat. Sepanjang perjalanan menuju Desa Tanjung Belit anda akan melihat pemandangan alam seperti Kebun Sawit, Karet, Sungai, dan Hutan. 

rute batu dinding

Untuk menuju Desa Tanjung Belit ada dua jalan yang dapat anda tempuh antara belok kiri dan belok kanan. Jika anda memilih belok kiri akan ada jalan yang terjal dan pebukitan diamana dulunya hanya dapat di akses dengan berjalan kaki tetapi sekarang telah bisa di akses oleh sepeda motor. Jika anda belok kanan anda harus menyeberangi sungai Subayang dengan menggunakan perahu Pompong dengan tarif sewaan Perahu seharga Rp.10.000. Sesampainya di Desa Tanjung Belit, anda harus berjalan kaki menuju Lokasi Air Terjun Batu Dinding dengan waktu lebih kurang 45 menit. Jika anda membawa kendaraan, kendaraan anda dapat dititipkan di halaman rumah warga yang menjadi tempat parkir dengan tarif parkir Rp.3000. 

Ada 3 Air Terjun yang berada di tempat komplek Air Terjun Batu Dinding ini, salah satunya Air Terjun Selancar  merupakan Air Terjun Tertinggi dan memiliki kolam kecil yang dangkal. Tarif masuk ke Objek Wisata Air Terjun Batu Dinding seharga Rp.5000/orang. Ayo Lestarikan Wisata Yang Tersimpan di Provinsi Riau.

1 Response to "Air Terjun Batu Dinding, Berjuta Keindahan Kampar"