Gunung Kembar Dua Saudara Sulawesi Utara


Gunung Dua Saudara terletak di desa atau kelurahan Kodoodan, Kecamatan Madidir, Kabupaten atau kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara. Gunung Dua Saudara adalah Gunung non aktif yang berdiri di sebelah timur gunung klabat. gunung klabat yang berhadapan langsung dengan cagar alam tangkoko batuangus. Gunung Dua Saudara sebuah gunung tertinggi di sulawesi Utara. diberi nama Gunung Dua Saudara karena gunung ini memiliki puncak yang kembar yang memberikan panorama indah dan eksotis. panorama ini semakin indah dan sempurna jika diambil dari wisata pantai selat lembeh. belum banyak yang sampai dan mendaki ke puncak gunung dua saudara ini. puncak Gunung Dua Saudara ini memiliki ketinggian 1.351 meter diatas permukaan laut atau Mdpl. tiga puncak utama di wisata yang satu ini diberi nama taman nasional tangkoko, batu angas dan gunung dua saudara. puncak tangkoko terletak di gunung berapi timur laut sekitar 3 km dari timur laut gunung dua saudara. puncak yang satu ini memiliki kawah dalam yang besar, dihuni oleh berbagai hewan dan tumbuhan langka. kawah tersebut di kelilingi oleh air danau. cagar alam ini dibuat pada tahun 1942 oleh belanda. wisata bukit gunung dua saudara ini di tumbuhi banyak pohon aren. selain pohon aren, gunung ini juga di tanam berbagai macam jenis tanaman buah-buahan seperti jagung, kelapa dan pisang. disisi lereng gunung dua saudara ini juga ada terdapat pohon vegetasi rotan, pohon beringin, hutan jati dan ilalang. bukan hanya tumbuhan dan pohon yang terdapat disini, ada juga hewan berhabitat disini seperti tarsius dan burung maleo. banyak turis datang ke gunung dua saudara untuk melihat hewan-hewan disini. biasanya pengunjung dan wisatawan datang kesini rata-rata pendaki lokal, karena gunung dua saudara tidak sepopuler gunung berapi lainnya. gunung ini diberi nama dua saudara karena puncak nya yang kembar maka dari itu di bilang dua saudara. 



Gunung Dua Saudara Sulawesi Utara

cagar alam ini memiliki luas sekitar 6.745 hektar. jika pengunjung mendaki gunung dua saudara di usahakan untuk mendaki pada cuaca yang bersahabat seperti cuaca cerah dan tidak berkabut. Bila pengunjung telah melewati perjalanan tengah meraih rimba lumut, itu adalah tanda kalau puncak telah dekat. Di puncak tesebut, anda dapat bisa lihat barak sisa yang dahulu jadikan tempat latihan TNI AD. gunung dua saudara tidak memiliki jalur tetap, jadi para pendaki di usahakan menggunakan kompas sekaligus membawa berkal makanan dan minuman sebanyak mungkin. intinya hati-hati dan tetap bersemangat untuk para pendaki gunung. 

Gunung Kembar Kota Bitung

Sejarah Satwa liar Gunung Dua Saudara

Kehidupan satwa liar di kawasan Tangkoko sudah diketahui secara luas dan dikunjungi oleh Alfred Russel Wallace pada tahun 1861. Di Tangkoko, Wallace mengumpulkan spesimen babi rusa dan maleo yang waktu itu sangat mudah dijumpai. Ketika itu, pasir hitam di pantai Tangkoko merupakan tempat bersarang dan penetasan telur maleo. Akibat eksploitasi oleh penduduk setempat, koloni maleo di pantai Tangkoko tidak lagi ditemukan pada tahun 1915, dan hanya tersisa sejumlah kecil koloni di pedalaman. Kawasan Tangkoko pertama kali ditetapkan Pemerintah Hindia Belanda sebagai hutan lindung pada tahun 1919 berdasarkan GB 21/2/1919 stbl. 90, dan diperluas pada tahun 1978 dengan ditetapkannya Cagar Alam Dua sudara dengan luas 4.299 hektare berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pertanian No. 700/Kpts/Um/11/78. Pada 24 Desember 1981, Surat Keputusan Menteri Pertanian No. 1049/Kpts/Um/12/81 menetapkan kawasan ini sebagai Cagar Alam Gunung Tangkoko Batuangus. Surat keputusan yang sama menetapkan kawasan seluas 615 hektare di antara Cagar Alam Tangkoko dan Kelurahan Batuputih sebagai Taman Wisata Batuputih, dan kawasan seluas 635 hektare di antara Cagar Alam Tangkoko dan Desa Kasawari sebagai Taman Wisata Alam Batuangus.  

Hewan Satwa Liar Gunung Dua Saudara

Harga Tiket Masuk Gunung Dua Saudara 

untuk tiket masuk ke gunung dua saudara ini pengunjung harus mengeluarkan biaya yang cukup mahal. bagi anda pengunjung dan wisatawan lokal, anda wajib membayar tiket masuk sekitar 75.000 ribu rupiah perorangnya dan untuk para wisatawan mancanegara akan dikenakan biaya sekitar 85.000 ribu rupiah. jadi siapkan juga biaya bagi anda yang menggunakan kendaraan umum bus dan taksi saat menuju lokasi gunung dua saudara sulawesi utara ini.


Pemandangan Puncak Gunung Dua Saudara

Fasilitas dan Akomodasi Gunung Dua Saudara

akomodasi penginapan yang bagus saat pengunjung dan wisatawan mendaki gunung dua saudara. tempat penginapan terdekat yaitu di botanica nature resort.penginapan ini di lengkapi fasilitas seperti barbekyu, teras berjemur, free wifi, antar jemput bandara dan lain-lain.

Dua Saudara Mountain Sulawesi Utara

Akses Lokasi Wisata Gunung Dua Saudara

untuk para sempaker sampai ke tujuan dan dapat menikmati pendakian gunung dua saudara, jika anda dari luar pulau sulawesi tentunya anda harus menaiki pesawat biar cepat ke kota manado. akses jalan dari kota manado ke kota bitung berjarak sekitar 44 km. pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum seperti bus umum dan taksi. 





Demikianlah Informasi tentang Objek Wisata Gunung Dua Saudara di Kota Bitung. gunung yang kurang populer ini bagus juga untuk para pendaki pemula. meskipun kurang populer dari gunung yang lain, namun gunung ini patut di coba juga untuk yang pengen mendaki gunung.  

0 Response to "Gunung Kembar Dua Saudara Sulawesi Utara"

Posting Komentar