Gunung Ranti Yang Tersembunyi di Jawa Timur


Gunung Meranti Banyuwangi terletak di Dusun Kebundadap, Desa Taman Sari, Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur. Gunung Ranti adalah sebuah gunung baru yang menjadi tempat para pendaki untuk dapat mencobanya. destinasi ini telah banyak di coba oleh kalangan anak muda di banyuwangi. bila pendaki atau pengunjung telah sampai di puncak gunung ranti maka akan terlihat keindahan kota banyuwangi dan keindahan laut kota banyuwangi dari atas. Ada juga yang menyebut bahwasan gunung ranti ini sebagai negeri di atas awan karena tebalnya gumpalan pemandangan awan di lokasi pendakian. banyak pengunjung dan wisatawan yang menyebutkan, gunung ranti ini lebih baik keindahannya di banding gunung ijen. gunung ranti memiliki ketinggian sekitar 2.601 Mdpl. untuk sampai ke puncak gunung meranti pendaki akan berjalan selama 3 sampai 4 jam perjalanan. kawasan Gunung Ranti menjadi salah satu tempat finish ajang sport tourism International Tour de Banyuwangi Ijen. Gunung ranti yang berbentuk kerucut ini terletak di sebelah baratdaya Gunung Merapi yang berada di jawa timur. gunung ranti juga memiliki banyak tanjakan untuk ke puncak.



Papan Wisata Gunung Ranti Banyuwangi

dari atas puncak gunung ranti pendaki bisa menikmati keindahan alam yang sangat indah dan dapat melihat wisata lain dari atas puncak gunung ranti seperti pulau lombok, bali, rinjani serta gunung agung. saat ini gunung ranti telah menjadi gunung populer oleh traveller dan para pendaki gunung. aktivitas yang di dapat saat pengunjung dan pendaki gunung lakukan adalah melakukan berkemah, hiking dan lintas alam. sebelum menaiki gunung ranti, pendaki dapat menikmati kuliner di Rumah Osing yaitu rumah masyarakat Osing Banyuwangi. Sarana prasarana wisata di WWA gunung rante diantaranya pusat informasi, pondok kerja, camping ground, tempat bermain anak, shelter, fasilitas penginapan, dan tempat parkir kendaraan luas. Gunung Ranti atau yang sering dikenal dengan nama gunung meranti memiliki keunikan atau kemiripan dengan puncak yang ada di B29. Puncak B29 yang sering mendapat julukan dengan samudra diatas awan. diharapkan berhati-hati saat mendaki gunung ranti, karena jalan yang berpasir dan terdapat bebatuan kecil yang dapat membuat para pendaki tergelincir.  

Wisata Gunung Ranti Jawa Timur

Harga Tiket Masuk Wisata Gunung Ranti

biaya tiket masuk untuk menaiki gunung ranti yang terbaru dan tergolong tersembunyi ini sekitar 7.500 per orangnya. bagi pengunjung dan wisatawan yang membawa kendaraan akan di kenakan biaya parkir sebesar 5.000 ribu rupiah untuk kendaraan roda dua. jika para pendaki mendirikan tenda saat di atas gunung akan di kenakan biaya tenda sebesar 7.500 ribu rupiah.

Puncak Gunung Ranti Banyuwangi

Fasilitas Wisata Gunung Ranti

karna Gunung ranti tergolong tersembunyi dan baru, tidak ada memiliki fasilitas yang dapat di pakai seperti di gunung ijen yang memiliki fasilitas naik troly untuk pendaki gunung yang usianya sudah tua. pengunjung dan pendaki di harapkan membawa persediaan makanan dan minuman beserta tenda untuk menginap di kaki gunung ranti. bagi pendaki yang membawa makanan sisa harus membawa kembali saat turun dari gunung, karena di sini tidak memiliki fasilitas tong sampah. di atas gunung ranti terdapat 4 pos untuk beristirahat bagi setiap pendaki gunung. 



Tenda di atas Gunung Ranti Banyuwangi

Akses Lokasi Wisata Gunung Ranti 

bagi pembaca blog sempaker tidak perlu khawatir tentang lokasi gunung ranti ini, karena gunung ranti sendiri terletak 50 meter dari jalur gunung ijen. Wahana wisata alam Gunung Ranti berada di kawasan Perumahan Perhutani KPH Banyuwangi Barat. Lokasi tersebut bisa ditempuh melalui jalur dari Kabupaten Banyuwangi maupun dari Kabupaten Bondowoso. 



Demikianlah infomasi tentang Objek Wisata Gunung Meranti Provinsi Jawa Timur. Gunung ini bagus bagi para pendaki muda, karena banyak rintangan dan adrenalin yang bisa anda coba saat menaiki gunung ranti ini. ayo bagi para pendaki muda, gunung ini patut untuk anda coba. 

0 Response to "Gunung Ranti Yang Tersembunyi di Jawa Timur "

Posting Komentar