Wisata Danau Raja yang memiliki banyak sejarah


Danau Raja terletak di Desa atau Kelurahan Kampung Dagang, Kecamatan Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau. kecamatan rengat adalah sebuah kota tua yang pernah menjadi pusat kerajaan melayu yang bernama kerajaan indragiri. wisata danau raja memiliki air yang membentang dan juga pohon hijau yang mengililinginya. wisata danau raja ini tidak akan pernah terlepas dari sejarah dan legenda. sebelumnya nama danau ini bukanlah danau raja, melainkan danau selikuyang yang berarti sebuah tanjung. wisata danau raja ini slalu menjadi salah satu tempat bersantainya para pengunjung dan wisatawan. di tepi danau raja dulunya pernah berdiri sebuah istana Kerajaan Indragiri, pada masa kepemimpinan Sultan Isa Mudoyat Syah ke-24 pada Abad 18. jadi konon katanya danau ini adalah tempat pemandian putri raja. didalam danau terdapat juga sebuah mitos yang dimana terdapat istana ghaib yang di huni oleh mahluk berwujud buaya kuning. istana tersebut di beri nama dengan nama istana bunian. air di dalam danau tidak akan meluap atau kebanjiran ketika hujan deras dan tidak akan kekeringan meski kemarau panjang. wisata danau raja ini juga memiliki berbagai macam spesies ikan yang berada didalam danau dan memiliki bangunan replika istana serta balai di area wisata. 



Objek Wisata Danau Raja Rengat

danau raja memiliki luas sekitar 200 meter. penduduk rengat adalah suku melayu, namun di kecamatan rengat juga banyak terdapat suku jawa, sunda, minang dan batak. di sekitar danau raja tertanam pohon akasia dan pohon-pohon besar lainnya. selain sebagai pemandian para raja kerajaan, keunikan wisata danau raja juga memiliki keunikan dimana danau ini terhubung dengan sebuah terowongan besar ke suatu tempat sehingga menyebabkan volume airnya selalu stabil. danau raja juga menjadi destinasi wisata populer di masyarakat rengat, dengan pengunjung dan wisatawan bisa mencapai ribuan orang. di sekitar danau raja terdapat sebuah Tugu Agresi yang berdiri di tepian Sungai Indragiri. Tugu ini didirikan untuk mengenang pembantaian secara keji yang dilakukan pasukan KNIL bentukan Belanda, sewaktu melakukan agresi militer II ke Indonesia terhadap 2.600 warga sipil pada 5 Januari 1949. Saat peristiwa tersebut Rengat banjir darah dan air mata, salah satu korbannya adalah Tulus Bupati Keresidenan Indragiri yang merupakan ayah dari penyair Chairil Anwar. selain wisata danau raja, kecamatan rengat juga memiliki berbagai macam wisata lainnya seperti wisata rumah tinggi dan wisata masjid raya indragiri. Buah khas Rengat adalah kedondong. Di pusat kota terdapat sebuah tugu jam dan pahatan buah kedondong di atasnya. Dodol buah kedondong adalah produk olahan yang juga disukai direngat. tidak jauh disisi sebelahnya danau raja juga terdapat Sebuah bangunan megah yakni Gedung Olahraga yang di gunakan untuk cabang Volley dan Sepak Takraw pada Pekan Olahraga Provinsi (porprov) ke VIII di Kabupaten Indragiri Hulu.

Taman Bunga Marigold Kecamatan Rengat

Harga Tiket Masuk Wisata Danau Raja 

pembaca blog sempaker untuk biaya tiket masuk wisata danau raja ini tergolong sangat murah, jadi pengunjung hanya membayar 3.000 ribu rupiah per orangnya. untuk biaya parkir dan biaya menaiki wahanna permainan tidak termasuk didalam biaya masuk wisata danau raja rengat ini. 

Replika istana kerajaan di Danau Raja rengat

Fasilitas Danau Raja Rengat

karna tempat ini masih dalam perkembangan jadi fasilitas di tempat ini masih belum lengkap, dimana dulunya terdapat taman untuk bermain anak-anak dan warung makan. bagi pengunjung yang ingin berlama-lama di kecamatan rengat, pengunjung dan wisatawan dapat menginap pada hotel yang berada di depan wisata danau raja. hotel ini bernama hotel raja yang dimana harga menginap di hotel ini sangat terjangkau. disini juga terdapat berbagai wahanna permainan anak-anak seperti perahu bebek untuk mengelilingi danau. terdapat fasilitas spot untuk berfoto selfie bagi para pengunjung dengan sebuah taman yang bernama taman bunga marigold.     



Keindahan Danau Raja Rengat provinsi riau

Akses Lokasi Wisata Danau Raja Rengat

bagi pengunjung atau wisatawan yang berada di pulau yang berbeda seperti pulau jawa, pulau kalimantan, pulau sulawesi dan pulau-pulau yang berada di indonesia, maka pengunjung harus menggunakan pesawat terbang untuk sampai ke kota pekanbaru. dari pekanbaru pengunjung akan menempuh waktu sekitar 3 hingga 4 jam dengan menggunakan kendaraan umum, kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat untuk sampai ke kecamatan rengat. 



Demikianlah informasi tentang Objek Wisata Danau Raja Rengat Provinsi Riau. wisata danau yang satu ini memiliki berbagai macam cerita dan sejarah didalamnya. para pembaca sempaker wajib mngunjungi wisata ini bersama keluarga dan kerabat ketika lagi liburan di provinsi riau. wisata ini masih menjadi favorit oleh masyarakat setempat dan pengunjung dari luar kota.

0 Response to "Wisata Danau Raja yang memiliki banyak sejarah "

Posting Komentar