Gunung Dempo Pagar Alam Sumatera Selatan


Gunung Dempo terletak di Desa Dempio Makmur, Kecamatan Pagar Alam Utara, Kota Pagar Alam, Provinsi Sumatera Selatan. Gunung Dempo adalah Gunung tertinggi di Sumatera Selatan dengan ketinggian 3.195 Mdpl. Gunung Dempo adalah sebuah Gunung berapi yang aktif dan masih mengeluarkan asap dengan menyemburkan sedikit lumpur ke daratan rendah di bawahnya. Gunung ini masuk dalam jajaran pegunungan Bukit barisan yang memiliki dua puncak yaitu Gunung Dempo dan Gunung Marapi. Gunung ini sangat indah menjulang dan menggapai langit yang bisa apabila di lihat di pagi hari. oleh karena itu sangat tepat untuk bermalam di dalam Gunung ini dan kota ini. di tempat ini banyak tersedia losmen atau Motel.


Gunung Dempo Sumatera Selatan

di kawasan hutan menuju puncak Gunung Dempo terdapat sebuah sungai kecil dengan air yang sangat jernih. para pendaki dapat memanfaatkan air sungai ini sebagai air minum selama perjalanan untuk mencapai puncak Gunung Dempo. saat mendaki pengunjung harus melalui berbagai rintangan dengan jalan setapak yang di penuhi dengan akar-akar perpohonan yang besar dan melintang. di perjalanan anda akan selalu mendengar kicauan burung-burung yang berada di tempat ini. suhu di puncak gunung mencapai dibawah 1 hingga 3 derajat celcius. di Gunung Dempo juga terdapat kawah yang airnya bisa anda minum langsung. salah satu keunikan ciptaan ilahi ini adalah terdapat sebuah pohon kayu panjang umur dengan panjang pohon 2 meter. apabila pohon tersebut kurang panjang dari 2 meter maka tanaman itu akan mati dengan sendirinya. dari ketinggian tertentu, pengunjung dan pendaki dapat menyaksikan hamparan kebun teh yang hijau. kebun teh itu memiliki luas 1.500 hektar yang dimana kebun teh tersebut adalah kebun teh milik PT. Perkebunan Nusantara PTPN VII.


Kebun Teh Gunung Dempo

jika pengunjung dan para wisatawan melihat lebih jauh akan terlihat sebuah kota pagar alam. panorama ini akan indah saat anda melihat pada malam hari dengan lampu gemerlap yang indah. jika anda pendaki gunung ini anda tidak akan di kenai tiket untuk memasuki dan menaiki gunung dempo ini. untuk sampai ke Puncak Gunung Dempo membutuhkan waktu sekitar 8 - 10 jam perjalanan. di hari biasa banyak warga desa yang naik ke gunung ini untuk mencari kayu.
Baca Juga : Pulau Kemaro Milik Sumatera Selatan
Gunung Dempo

Akomodasi dan Fasilitas Gunung Dempo

pada Gunung Dempo anda dapat menginap untuk bermalam bagi para pendaki. fasilitas yang terdapat di daerah ini seperti Villa, Losmen, Motel dan Warung makan di sekitar kaki gunung dempo. jadi, anda bisa makan dulu dan beristirahat sebentar sebelum menaiki gunung ini.
Baca Juga : Air Terjun Bidadari yang di Miliki Sumatera Selatan
Kawasan Kebun Teh

Akses Lokasi Gunung Dempo

Gunung Dempo terletak sekitar 310 Km sebelah barat kota palembang. untuk anda yang ingin sampai ke gunung ini, pengunjung atau wisaatawan dapat mengggunakan kendaraan pribadi atau bus untuk menuju ke kota pagar alam dengan waktu tempuh sekitar 7 jam perjalanan. dari terminal pagar alam pengunjung dan pendaki gunung dapat menuju kaki gunung dempo yang jaraknya sekitar 15 Km dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun menyewa untuk menuju ke pabrik Teh PTPN III. di pabrik teh ini, alangkah baiknya anda yang ingin menaiki gunung bertemu dengan sesepuh gunung dempo yaitu orang yang di tuakan oleh para pencinta alam. beliau akan mengantarkan anda ke desa terdekat dari kaki gunung dempo yang bernama kampung empat dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. dari tempat inilah pengunjung dan wisatawan meneruskan perjalanan untuk menaiki puncak Gunung Dempo yang tinggi ini. 



Demikianlah informasi tentang wisata Gunung Dempo yang tertinggi di Sumatera Selatan. jika anda pendaki gunung belum lengkap perjalanan anda jika belum menaiki gunung dempo ini. 

0 Response to "Gunung Dempo Pagar Alam Sumatera Selatan "

Poskan Komentar