Pulau Kemaro Milik Sumatera Selatan


Pulau Kemaro adalah salah satu tempat yang terkenal di Kota Palembang. Pulau Kemaro terletak di Kelurahan 1 Ilir, Kecamatan Ilir Timur II, Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan. Pulau Kemaro berada di tengah Sungai Musi Palembang. Pulau ini terletak sekitar 6 Km dari Jembatan Ampera. Pulau ini juga terletak di sebuah indrustri yaitu antara pabrik Sriwijawa dan Pertamina Plaju dan Sungai Gerong. disana slalu diadakan acara Cap Go Meh setiap tahun baru imlek yang membuat tempat ini meriah setiap tahunnya.


Pulau Kemaro Sumatera Selatan

Sejarah Singkat Pulau Kemaro

Pulau Kemaro menyimpan sebuah cerita cinta dari putri raja palembang yang bernama Siti Aminah. Menurut cerita rakyat kisah cinta ini terjadi di Pulau Kemaro ini. Konon utusan anak raja cina yang bernama Tan Bun Ann datang melamar Siti Aminah anak raja palembang dengan sembilan guci berisikan emas. Sembilan Guci Emas itu adalah permintaan kerajaan palembang yang mau menerima anak raja tersebut dengan catatan asal bisa memberikan mas kawin dengan sembilan guci emas tersebut. singkat cerita anak raja cina ini menyanggupinya dan segera mengirimkan sembilan guci emas tersebut melalui jalur laut. di saat itu rute laut rawan perompak, maka untuk mengelabui perompak tersebut guci yang berisakan emas di tutupi dengan sayuran agar perompak mengira yang di bawa adalah sebuah sayur mayur. ketika kapal tersebut sampai di Sungai Musi Palembang, kabarpun sampai langsung ke Siti Aminah. dengan tidak sabaran siti aminah langsung menuju lokasi dan melihat sembilan guci tersebut hanya berisikan sayur mayur. karena siti aminah kecewa, semua guci dan sayur mayur itu di buang ke Sungai Musi. tapi betapa kagetnya hati siti aminah di saat membuang guci yang terakhir terhempas pada dinding kapal dan pecah berantakan sehingga terlihat kepingan emas yang berkilauan. di ceritakan akhirnya, siti aminah karena merasa bersalah dan menyesal dia pun menyeburkan diri ke Sungai Musi dan mati tenggelam. tapi menurut cerita rakyat saat sebelum menyeburkan diri ke sungai Siti Aminah meninggalkan pesan yang berisi " nanti kalau di pinggir sungai ini ada tumbuh tanah maka di sanalah kuburan saya".     

Pagoda Pulau Kemaro Palembang

Daya tarik wisata Pulau Kemaro ini adalah sebuah Pagoda yang berlantai sembilan yang menjulang di tengah-tengah pulau.  Pada Pulau ini terdapat sebuah Vihara China atau Klenteng Hok Tjing Rio dan ada juga sebuah kuil Budha yang sering di kunjungi umat budha untuk berdoa atau berziarah kemakam. didepan Klenteng terdapat sebuah makam Tan Bun An (Pangeran) dan Siti Aminah (Putri) yang berdampingan. kisah cinta merakalah yang menjadi legenda Pulau Kemaro ini. pada Wisata Pulau Kemaro ini terdapat juga sebuah Pohon Cinta yang dilambangkan sebagai Ritus atau Cinta Sejati antara dua bangsa dan dua budaya yang berbeda pada zaman dahulu antara Siti Aminah Putri Kerajaan Sriwijaya dan Tan Bun Ann Pangeran dari negeri Cina. menurut cerita rakyat setempat jika ada pasangan yang mengukir nama mereka di pohon tersebut maka hubungan mereka akan berlanjut sampai jenjang pernikahan.
Baca Juga : Indahnya Panorama Jembatan Ampera Kota Palembang

Kuil Pulau Kemaro


Akses Menuju Lokasi Pulau Kemaro

dari Kota Palembang anda harus menyeberang sungai Musi untuk sampai Ke Pulau Kemaro ini. anda dapat menggunakan perahu boat dengan biaya 100 ribu - 150 ribu rupiah per perahu dengan waktu tempuh 10 sampai 15 menit. anda juga dapat menggunakan perahu ketek dengan biaya 80 ribu hingga 100 ribu per perahu dengan waktu 30 sampai 40 menit. biaya ini termasuk pulang dan pergi. Perahu boat dan perahu ketek ini dapat anda temui di dermaga depan benteng kuto besak. saran saya pakailah pakaian yang berlengan karena di atas perahu dan di Pulau Kemaro cuacanya panas. hari yang terbaik untuk mengunjungi Pulau Kemaro saat Pagi dan Sore hari terutama saat Tahun Imlek karena ramai di kunjungi para wisatawan.



Demikianlah informasi tentang Wisata Pulau Kemaro pada Kota Palembang yang berjulukan Kota Pempek. Pulau ini sungguh menawan hati. Ayo Kunjungi Segera!.

0 Response to "Pulau Kemaro Milik Sumatera Selatan"

Posting Komentar