Air Terjun Batang Kapeh Tertinggi di Sumatera


Air Terjun Batang Kapeh terletak di Desa Lubuk Bigau, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Air Terjun Batang Kapeh juga dikenal dengan Air Terjun Lubuk Bigau. Air Terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 150 Meter yang di kabarkan adalah sebuah air terjun tertinggi di sumatera. sebelum sampai di Air Terjun Batang Kapeh ini ada terdapat dua buah air terjun di sekitar Air Terjun Kapeh ini. Air Terjun yang pertama debit airnya kecil, tetapi pengunjung bisa berlindung di bawah batu tempat air terjun itu mengalir. Air Terjun yang kedua pengunjung dapat mandi dan berenang karna memiliki lubuk yang cukup luas dan dalam. ada lorong di antara berbatuan di pinggang bukit ini dengan air yang jernih.



Air Terjun Batang Kapeh

Dibawah air terjun terdapat batu-batu yang berukuran raksasa yang di tumbuhi dengan lumut-lumut hijau dan tumbuhan perdu yang memanjakan mata pengunjung dengan air mengalir mengikuti rongga-rongga diantara tumbukan batu. Air Terjun Pangkalan Kapas ini mengalahkan ketinggian Air Terjun yang berada di Sumatera seperti Air Terjun Lembah Anai dan Air Terjun Si Piso-piso. objek wisata air terjun ini sangat menarik untuk di kunjungi para wisatawan meskipun untuk jalan menuju Air Terjun ini sangat memprihatinkan dan sangat sulit. 

Air Terjun Lubuk Bigau

Air Terjun ini masih sangat alami dan masih banyak pengunjung yang belum mengetahui Air Terjun ini, dikarenan akses menuju lokasi sangat sulit dan butuh perjuangan. di kawasan air terjun juga tidak terdapat gazebo atau rumah-rumahan. di sekitar air terjun hanya terlihat hutan tropis dan tinggi. jadi jika anda ingin ke objek wisata air terjun ini persiapkanlah bekal dan semua hal yang dibutuhkan. karna di tempat lokasi tidak ada yang berjualan.

Bebatuan Air Terjun Batang Kapeh




Akses Menuju Lokasi

ada dua jalur untuk menuju lokasi objek wisata air terjun Lubuk Bigau ini yaitu :

  1. Jalur pertama melalui pekanbaru ke bangkinang menuju arah sumatera barat dan masuk ke kabupaten 50 kota sampai ke tanjung pati. dari tanjung pati ke simpang taram anda harus belok kiri dan masuk ke desa buluh kasok dan desa kebun tinggi. dari desa kebun tinggi menuju desa tanjung permai kemudian ke desa Lubuk bigau.  
  2. jalur kedua melalui pekanbaru ke lipat kain menuju ke simpang rakit gadang. dari simpang rakit gadang anda harus belok ke arah kanan ke arah desa gema dan belok kanan untuk sampai ke pangkalan kapas. jika anda belok kiri maka anda akan tiba di desa gema. pada desa IV/IX koto setingkai belok ke kiri untuk sampai ke desa deras tajak kemudian desa batu sasak dan desa Lubuk Bigau.  

jika anda telah sampai ke objek wisata air terjun lubuk bigau ini, untuk mencapai lokasi air terjun ini anda harus melalui jalan setapak yang telah di semen oleh warga sekitar sejauh 4 - 5 Km sampai ke bagian awal perkebunan karet milik desa bigau. kemudian anda harus mendaki melalui jalan setapak dalam hutan melalui kebun karet dan sampailah anda di Air terjun Yang sangat indah yang di bilang dengan Air Terjun Tertinggi Di Pulau Sumatera.



Demikianlah informasi tentang Air Terjun Batang Kapeh yang berada di Desa Lubuk Bigau. anda disarankan untuk mengunjungi air terjun yang alami ini. Ayo Buruan Kunjungi!.

1 Response to "Air Terjun Batang Kapeh Tertinggi di Sumatera"

  1. sumatera ternyata punya banyak air terjun ya, keren air terjun batang kapeh

    BalasHapus