Air Terjun Guruh Gemurai Yang Deras


Air Terjun Guruh Gemurai ini terletak pada perbatasan Sumbar-Riau yang berada di kawasan Hutan Lindung Bukit Betabuh. Tepatnya di desa Kasang, Kecamatan Kuantan Mudik atau Lubuk Jambi, Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau. Air Terjun ini memiliki dua curahan air. curahan pertama memiliki ketinggian mencapai 20 meter. selain itu terdapat kolam penampungan yang dapat dijadikan untuk mandi dan berada pada dasar air terjun.


http://sengpaku.blogspot.co.id/

Sejarah Singkat Air Terjun Guruh Gemurai

Nama Guruh Gemurai diambil dari bahasa daerah setempat yang dimana Guruh atau gemuruh adalah bunyi dari sebuah air terjun tersebut. sedangkan Gemurai adalah percikan air yang berserakan. jadi, Guruh Gemurai adalah sebuah bunyi air terjun yang berserakan.

jembatan menuju air terjun

Akses Menuju Lokasi

Berjarak sekitar 10 Km dari pasar Lubuk Jambi atau 25 Km dari Teluk Kuantan ibukota Kabupaten Kuansing ke arah Kiliran Jao perbatasan Sumatera Barat-Riau. untuk menuju lokasi air terjun ini anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau umum. jika anda telah sampai di jambi maka dari pasar jambi ambil belok sebelah kiri yang menanjak yang menuju ke arah kiliran jao. sewaktu anda menemukan jalan bercabang dua ada daerah yang namanya desa koto yang melewati jalan sedikit berkelok. kemudian anda akan sampai di desa kasang. kemudian anda lanjutkan berjalan sekitar 10 menit hingga tiba di lokasi pintu gerbang Objek Wisata Air Terjun Guruh Gemurai yang letaknya di sebelah kanan jalan raya. dari tepi jalan nasional, kawasan ini atau objek wisata ini berjarak 2 Km melewati hutan gundul yang telah di tanami batang karet. menjelang anda sampai ke lokasi di ketinggian ada beberapa balai yang dimana bisa di jadikan tempat beristirahat sejenak. 1 Km kemudian sampailah sampailah di lokasi air terjun Guruh Gemurai yang dimana telah dibangun tangga beton yang di bangunn antara tebing untuk turun dan berjalan menuju kolam jatuhnya air terjun Guruh Gemurai yang Deras.

gerbang masuk lokasi air terjun

Harga Tiket

Atas peraturan dinas pendapatan daerah Kabupaten Kuantan Singingi biaya untuk menikmati wisata indahnya air terjun di bagi  menjadi dua kategori yaitu berdasarkan jenis kendaraan dan usia pengunjung. untuk kendaraan roda dua biayanya sebesar Rp.1000 dan biaya untuk roda empat biayanya Rp.1500. biaya masuk untuk anak-anak sebesar Rp.1000 dan bagi usia dewasa di kenakan biaya sebesar Rp.3000 untuk dapat memasuki objek wisata ini. 

Air Terjun Guruh Gemurai Yang Deras

Fasilitas dan Akomodasi 

Beberapa Fasilitas menuju ke Wisata Air Terjun Guruh Gemurai adalah jalan yang telah beraspal saat anda menuju ke lokasi, area tempat parkir kendaraan anda, tempat bermain dan pemandian. ada juga terdapat pentas terbuka untuk mengadakan acara-acara seperti konser musik dan lainnya. jika anda beragama muslim disana juga terdapat mushola. kemudian apabila anda ingin bermalam terdapat beberapa hotel terdekat yang ada di sekitar Air Terjun.




Demikianlah informasi tentang Air Terjun Guruh Gemurai Yang Deras. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda yang membutuhkan dan yang lagi kepengen jalan-jalan bersama keluarga anda. Jangan Lupa berkunjung Ke Wisata Guruh Gemurai di Lubuk Jambi.

1 Response to "Air Terjun Guruh Gemurai Yang Deras"

  1. artikelnya bagus, ijin share di https://ksmtour.com , terimakasih

    BalasHapus