Istana Pagaruyung Tempat Bersejarah Sumatera Barat


Istana Pagaruyung atau yang disebut juga Istana Baso terletak di Kecamatan Tanjung Emas, Kota Batu Sangkar, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat. Istana ini adalah salah objek Wisata yang terkenal di Sumatera Barat. Istana Pagaruyung tidak hanya memperlihatkan keindahan Istananya saja, tetapi juga lingkungan disekitar Istana Pagaruyung tersebut. Istana Pagaruyung bukan hanya terkenal dengan pemandangan tempat objek wisatanya saja tetapi terdapat sejarah yang dapat menambah ilmu pengetahuan anda.


Gerbang Masuk Istana Pagaruyung

Sejarah Singkat Istana Pagaruyung 

Istana yang berdiri sekarang adalah Istana Replika dari Istana yang asli. Istana yang asli terletak di atas bukit batu patah dan terbakar habis oleh sebuah kerusuhan berdarah pada tahun 1804. setelah hal itu Istana kemudian di dirikan lagi namun kembali terbakar pada tahun 1966. kemudian kembali di bangun dengan peletakan tiang utama pada 27 Desember 1976 oleh Gubernur Sumatera Barat yang bernama Harun Zain. Istana Pagaruyung didirikan kembali tidak di tempat istana lama atau di tempat tiang utama yang sebelumnya di bagian sebelah selatan tiang sebelumnya. kemudian pada tahun 1970-an Istana ini di buka untuk umum dan menjadi tempat wisata. Pada tanggal 27 Februari 2007, istana pagaruyung atau yang disebut juga istano basa mengalami kebakaran hebat karena petir yang menyambar di puncak istana. dimana kerajaan minang kabau Istana Pagaruyung memainkan peran ganda yaitu sebagai tempat tinggal keluarga kerajaan dan sebagai pusat pemerintahan kerajaan Minang Kabau yang di pimpin oleh seorang raja yang di kenal dengan Rajo Alam atau Raja di Raja Kerajaan minang.

Istana Pagaruyung

Istana Pagaruyung sekitar 3 Km dari pusat Kota Batu Sangkar ke arah Utara, di Kecamatan Tanjung Emas. sebelum anda sampai ke Istana Pagaruyung yang letaknya tidak jauh dari kantor bupati Kabupaten Tanah Datar ada beberapa situs peninggalan sejarah yang terletak di pinggir jalan menuju Istana Pagaruyung. di daerah Kabupaten Tanah Datar masih banyak tempat wista yang dapat anda kunjungi seperti Batu Batikam, Balai Ruang Sari. 

Lumbung Padi

didalam Istana Pagaruyung terdapat berbagai peninggalan kerajaan minang kabau dan terdapat berbagai peninggalan sejarah Istana. didalam Istana ada peraturan yang di buat oleh pengelola wisata Istana Pagaruyung. di perkarangan Istana anda juga dapat menaiki kuda yang terdapat di sisi samping Istana Pagaruyung. anda dapat berkeliling Istana dengan menggunakan kuda. 


Peninggalan Sejarah Istana Pagaruyung

Istana Pagaruyung memiliki kayu berbentuk empat persegi panjang seperti rumah panggung dengan atap khas minang kabau yang menonjol seperti tanduk kerbau. didalam bangunan ini terdapat 11 Gonjong, 17 Tonggak dan memiliki 3 lantai ini terdapat berbagai macam barang-barang peninggalan kerajaan yang masih di pelihara dengan baik. untuk masuk dan melihat-lihat sejarah yang terdapat didalamnya anda harus melepas kan alas kaki dan anda bisa membawanya dengan masukkan ke tas kain yang telah disediakan agar kebersihan Istana tetap terjaga. anda juga dapat berfoto dengan barang-barang yang berpada di dalam Istana. 



Demikianlah tentang Wisata Istana Pagaruyung yang berada di Kabupaten Tanah Datar yang lebih tepatnya di Kota Batu Sangka. Istana ini adalah tempat bersejarahnya kerajaan Minang Kabau dan patut anda kunjungi untuk liburan anda. Ayo Kunjungi Wisata Istana Pagaruyung.

0 Response to "Istana Pagaruyung Tempat Bersejarah Sumatera Barat"

Poskan Komentar