Kawah Putih Ciwidey Terkenal Di Jawa Barat


Kawah Putih Ciwidey terletak di Desa Sugihmukti, Kecamatan Pasirjambu, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat. Kawah Putih ini adalah tempat objek wisata yang sangat populer di bandung. Kawah Putih ini adalah sebuah danau yang terbentuk akibat sebuah letusan Gunung Patuha. Kawah Putih ini memiliki tanah yang putih yang di akibatkan oleh belerang pada saat letusan Gunung Patuha. air danau kawasan Kawah Putih juga mempunyai warna yang putih kehijauan dan dapat berubah warna sesuai dengan kadar belerang yang terkandung, suhu, dan cuaca. Kawah Putih ini berada di daerah pegunungan yang memiliki ketinggian 2.400 meter di permukaan laut. udara di daerah ini sangat dingin dengan suhu mencapai 8 derajat celcius hingga 22 derajat celcius. jadi bagi kalian yang tidak mau kedinginan maka pakailah jaket tebal jika anda berlibur kesini. pemandangan disini sangat indah dan sering dijadikan tempat objek berfoto PreWedding untuk pasangan yang ingin menikah. disini anda dapat melakukan berbagai kegiatan seperti berfoto, melukis, mendaki, berkuda dan berbagai kegiatan lainnya.



Kawah Putih Jawa Barat

Sejarah Singkat Kawah Putih 

Kawah Putih bermula pada abad ke 10 di mana terjadi sebuah letusan hebat oleh Gunung Patuha. Setelah letusan ini, banyak orang beranggapan bahwa lokasi ini adalah kawasan angker karena setiap burung yang terbang melewati kawasan tersebut akan mati. Seiring dengan berjalannya waktu, kepercayaan mengenai angkernya tempat ini mulai pudar, sampai akhirnya pada tahun 1837 ada seorang ahli botani dengan kebangsaan Jerman datang ke kawasan ini untuk melakukan penelitian. Peneliti yang bernama Dr. Franz Wilhelm Junghuhn tersebut sangat tertarik dengan kawasan pegunungan sunyi yang bahkan tidak ada burung yang terbang di atasnya sehingga ia berkeliling desa untuk mencari informasi. Pada saat itu, seluruh informasi yang ia dapatkan adalah bahwa kasawan tersebut angker dan dihuni oleh mahluk halus. Bagi Dr. Franz Wilhelm Junghuhn, pernyataan masyarakat setempat tersebut tidaklah masuk akal. Karena tidak percaya dengan cerita-cerita tersebut, ia pergi ke dalam hutan rimba untuk mencari tahu apa yang ada di sana. Singkat cerita, akhirnya Dr. Franz Wilhelm Junghuhn berhasil mencapai puncak gunung, dan dari sana ia melihat keberadaan sebuah danau indah berwarna putih dengan bau belerang yang menyengat. Sejak itu, keberadaan Kawah Putih Ciwidey menjadi terkenal dan mulai dari tahun 1987 pemerintah mengembangkan kawasan ini sebagai tempat wisata yang menawarkan pengalaman unik melihat danau yang dapat berubah warna. semenjak itu kawah putih kini menjadi objrk wisata terpopuler di daerah bandung. 

Danau Kawah Putih

tempat wisata Kawah Putih ini di buka pada pukul 07.00 pagi hingga pukul 17.00 setiap harinya. tempat ini memiliki bukit yang mengelilingi kawah putih serta ranting pohon mati sangat unik dan mungkin tidak akan pernah anda jumpai atau temui tempat serupa di seluruh negara Indonesia.  
Pemandangan Kawah Putih Jawa Barat

Fasilitas dan Akomodasi Kawah Putih Ciwidey

wisata kawah putih banyak terdapat fasilitas untuk para wisatawan yang datang ke tempat ini. disini tersedia area parkir yang sangat luas untuk memarkir kendaraan anda. disini juga terdapat Mushola, Transportasi dari gerbang depan hingga ke kawah, pusat informasi, toilet, restoran dan warung makanan. jadi disini sangat lengkap fasilitasnya untuk menemani liburan anda. jika anda ingin menginap di daerah kawah putih, anda dapat menginap di penginapan Patuha Resort, Ciwidey Valley Resort, Hotel Kampung Stawberi dan Penginapan MS. untuk harga menginap di daerah ini berkisar dari 300.000 ribu rupiah hingga jutaan rupiah per kamarnya.

Kawah Putih Terkenal Di bandung




Harga Tiket Masuk Kawah Putih Ciwidey

  • harga masuk wisatawan local sebesar 18.000 ribu rupiah per orangnya.
  • harga masuk wisatawan mancanegara sebesar 30.000 ribu rupiah.
  • Pre wedding 500.000 ribu rupiah. 
  • area parkir atas seharga 150.000 ribu rupiah untuk roda empat.
  • area parkir atas seharga 35.000 ribu rupiah untuk roda dua.
  • area parkir bawah roda empat (mobil) 6.000 ribu rupiah.
  • area parkir bawah roda enam (bus) 25.000 ribu rupiah.
  • area parkir bawah roda dua (motor) 5.000 ribu rupiah.
Yang dimaksud dengan parkir atas adalah membawa kendaraan Anda sampai dengan lokasi kawah, bus tidak dapat parkir di atas. jadi yang dapat sampai ke kawah hanya kendaraan pribadi. kemudian Maksud dari parkir bawah adalah memarkir kendaraan Anda di gerbang masuk kemudian Anda dapat naik ontang-anting untuk menuju kawah putuh ciwidey ini. 

Kawah Putih 2

Akses Lokasi Kawah Putih Ciwidey 

Kawah Putih ini beralamat di jalan raya soreang Ciwidey Km 25. jika anda orang jakarta, dari jakarta anda hanya perlu menggunakan jalur tol cipularang dan keluar melalui pintu tol kopo. Dari sana Anda harus menuju ke Soreang dan berkendara ke bagian selatan Ciwidey. anda juga dapat memilih untuk pergi dengan kendaraan pribadi atau dengan kendaraan umum.  



Demikanlah Informasi tentang Objek Wisata Kawa Putih Ciwidey di Jawa Barat. wisata ini bagus untuk menemani liburan anda bersama keluarga anda. untuk biaya masukpun tidak terlalu mahal jika anda memarkir kendaraan anda di dedepan gerbang Kawah. Tunggu Apalagi!.

0 Response to "Kawah Putih Ciwidey Terkenal Di Jawa Barat"

Posting Komentar