Wisata Pantai Lampuuk, Saksi Sejarah Tsunami Aceh


Pantai Lampuuk adalah salah satu pantai terkenal di daerah Aceh Besar yang selalu padat dikunjungi oleh pengunjung dari daerah di sekitarnya yaitu Banda Aceh, Meulaboh, Lhokseumawe dan daerah disekelilingnya. Tidak kalah dari pemandangan pantai Bali, Aceh juga mempunyai pantai yang bisa dibilang menyaingi pantai di Bali. Ya, Pantai Lampuuk ini menjadi andalan warga dan Provinsi Aceh. Oleh karena itu Pantai ini juga dijuluki dengan nama Pantai Kuta nya Aceh.

Pantai ini adalah salah satu primadona Provinsi Aceh sebelum terjadinya Tsunami Aceh tahun 2004 lalu. Saat tsunami terjadi Pantai Lampuuk juga terkenal gelombang besar sehingga penginapan maupun hotel disekitar pantai mengalami kerusakan termasuk keindahan panorama pantai.

Namun, setelah 11 tahun lebih berlalu, pantai ini kembali menampakkan keindahan panorama alamnya bahkan hampir menyami Pantai Kuta Bali. Walaupun keindahannya berkurang karena pengaruh gelombang besar tsunami, kini telah kembali dan siap dijadikan sebagai destinasi wisata di Provinsi Aceh dan Banda Aceh secara khususnya.



Wisata Pantai Lampuuk

Objek Wisata Saksi Sejarah Tsunami Aceh

Pengaruh gelombang besar dari laut yaitu tsunami yang terjadi di Aceh khususnya daerah Aceh Besar atau Banda Aceh memberikan efek yang luar biasa kepada kota-kota disekitar serta objek wisata di sekitar Banda Aceh. Hal ini sempat membuat pantai ini tertutup untuk aktivitas ekonomi maupun pariwisata. Trauma terhadap ancaman tsunami datang kembali membuat masyarakat dan wisatawan cukup takut untuk datang ke pantai ini, selain karena banyaknya pohon pinus yang tumbang dan puing-puing sisa tsunami.

Keramaian Pantai Lampuuk

Namun saat ini semua masalah itu sudah di tanggulangi dan telah kembali dibangun objek wisata yang indah dan membahana. Pengelolaan pembangunan kembali Pantai Lampuuk diintegrasikan dengan beberapa objek wisata lainnya di Aceh, seperti Pulau Weh, Dataran Tinggi Takengon, dan Danau Laut Tawar.

Baca Juga : Air Terjung Blang Kolam, wisata air terjun Aceh Utara

Keindahan Pantai Lampuuk

Pantai Lampuuk memiliki garis pantai yang panjang, yaitu sepanjang 5 km dari selatan ke utara dengan pasir putih lembut dan tebing bebatuan karang di ujung pantai. Banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di pantai ini mulai dari berjemur, berselancar, berenang dan juga bermain banana boat. Selain itu juga ada kegiatan unik lainnya yang dapat kita lakukan yaitu pelepasan hewan lindung yaitu penyu. Karena di pantai ini juga ada tempat penangkaran penyu yang dapat Anda kunjungi disana. Sehingga menjadikan Pantai Lampuuk sebagai destinasi Wisata yang harus Anda kunjungi sebagai seorang traveler sejati.

Jika berkunjung ke Pantai Lampuuk ini ada banyak cottage untuk beristirahat dipinggir pantai. Juga sangat banyak pedagang ikan bakar atau makanan ringan yang ada disekeliling pantai khususnya pada saat musim liburan serta ditemani dengan air kelapa muda yang segar.

Wahana wisata yang bisa Anda kunjungi di Pantai Lampuuk, diantaranya :
  • Ombak tinggi untuk berselancar
  • Berjemur panas pantai
  • Penangkaran atau konvervasi Penyu
  • Banana Boat
  • Air pantai untuk berenang dan mandi
  • Kios-kios seafood pinggir pantai
Banana Boat Lampuuk

Akses Lokasi Objek Wisata Pantai Lampuuk

Pantai Lampuuk berada di Desa Meunasah Masjid, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten/Kota Aceh Besar. Harga tiket masuk objek wisata ini hanya dengan 3.000 Rupiah saja. Namun juga sering di tagih biaya parkir untuk wisatawan yang membawa kendaraan. Ada empat jalur masuk yang bisa dilalui oleh para pengunjung untuk menuju lokasi pantai dari tempat yang berbeda, yaitu jalur Babah Satu, Jalur Babah Dua, Jalur Babah Tiga, dan Jalur Babah Empat. Masing-masing pintu masuk dinamai berurutan sesuai posisinya, urutannya yaitu dari yang paling selatan ke yang paling utara. Sedangkan jalur yang banyak dilalui oleh para pengunjung lokal umumnya adalah jalur Babah Satu dan jalur Babah Dua. Turis asing biasanya datang dari jalur Babah Tiga karena mereka mencari lokasi surfingnya.




Baca Juga : Pulau Weh, objek wisata pulau Kota Sabang

Begitu lengkapnya wahan objek wisata di Pantai Lampuuk membuat sangat cocok dijadikan sebagai destinasi wisata kota Banda Aceh bersama sanak keluarga khususnya dimusim liburan sekolah. Ayo kunjungi dan ramaikan objek wisata Pantai Lampuuk Aceh Besar.

0 Response to "Wisata Pantai Lampuuk, Saksi Sejarah Tsunami Aceh"

Poskan Komentar