Ini Dia Keunikan Pulau Nyamuk Karimunjawa

Pulau Nyamuk Karimunjawa

Pulau Nyamuk, dari namanya saja sudah unik sekali, bagaimana dengan tempat aslinya. Membuat penasaran bukan? Ini dia cerita yang lebih jelas. Walaupun mempunyai nama Pulau Nyamuk, pulau ini bukan di huni oleh nyamuk atau jenis serangga lainnya. Namanya memang cukup unik dan terdengan aneh, Pulau Nyamuk. Namun walaupun begitu pulau ini tetap dihuni oleh manusia biasa seperti kita. Biasanya penduduk sekitar menyebut pulau ini dengan nama Desa Nyamuk. Secara letak geografisnya pulau nyamuk ini memiliki luas 139 Ha atau sekitar 1,39 Km2. Di pulau ini terdapat 4 RT dalam lingkungan 2 RW. Secara administratif Pulau Nyamuk terletak di Kecamatan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah. Dimana wilayah ini masih termasuk dalam wilayah gugusan pulau Karimunjawa.

Sejarah Asal Mula Penamaan Pulau

Sejarah penamaan Pulau Nyamuk memang memiliki cerita rakyat tersendiri yang masih misteri, hal ini ingin diungkapkan dengan cara mencari data dan informasi mengenai sejarah asal muasal nama pulau, baik melalui internet maupun bertanya langsung dengan metode wawancara kepada masyarakat asli Pulau Nyamuk ini. Namun hingga pelaksanaan kegiatan proses survei di Pulau Nyamuk berakhir, serta dilakukannya wawancara terhadap beberapa orang, cerita mengenai sejarah penamaan pulau ini tidak diketahai secara pasti asal muasalnya. Para penduduk di pulau ini sendiri juga tidak mengetahui mengapa pulau yang mereka tinggali dan hidup di atasnya dinamakan dengan sebutan Pulau Nyamuk.

Sedikit informasi di dapat saat diwawancarainya masyarakat oleh tim survei, ada seorang masyarakat yang mengatakan bahwa pulau tersebut dinamakan Pulau Nyamuk karena bentuk pulau yang seperti badan nyamuk, namun cerita tersebut masih diragukan kebenarannya sebagai dasar sejarah pemberian nama Pulau Nyamuk. Seperti yang disampaikan oleh masyarakat setempat saat dilakukannya FGD (Focus Group Discussion), penduduk asli yang mendiami pulau ini adalah generasi ketiga dari sejak hidupnya manusia di pulau ini, sehingga mereka tidak mengetahui secara pasti sejarah mengenai penamaannya.  



Pantai Nyamuk Karimunjawa

Wisata Pulau Nyamuk

Saat ini Pulau Nyamuk dilakukan pemisahan dari desa induknya atau yang kita kenal dengan otonomi atau pemekaran. Awalnya pemisahan Pulau Nyamuk ini bertujuan untuk mempermudah akses masyarakat di Pulau Nyamuk untuk mendapatkan layanan pemerintahan seperti pengurusan kartu keluarga, KTP, dan sebagainya. Karena selama ini mereka harus menyeberang dengan menempuh jarak sekitar 30 km untuk menuju pusat pemerintahan di Desa Parang. Pulau Nyamuk Karimunjawa ini memiliki potensi wisata yang sangat baik dan menjanjikan. Coba saja lihat dari view udara, bentuknya seperti badan seekor nyamuk. Dan juga memiliki pasir putih yang lembut dan mengkilat, jadi sangat cocok untuk dijadikan tempat renang bagi wisatawan. Pulau ini tidak hanya menawarkan pantainya yang indah saja, tetapi juga dasar laut yang memiliki keindahan dan ketenangan, selain itu panorama terumbu karang yang gemerlap warna-warni indahnya, menjadikan keelokan bak sebuah gunung di dasar laut.


Baca Juga : Pulau Karimunjawa, Wisata Keindahan Bawah Laut

Terumbu Karang KarimunjawaKarena lokasi ini cocok sekali bagi masyarakat yang sedang merasa jenuh dengan rutinitas sehari-hari maupun urusan pekerjaan. Potensi wisata di pulau ini sangat bagus dan menawan, namun belum terlalu di eksplorasi layaknya pulau-pulau lain di gugusan Karimunjawa. Kondisi pantainya sangat asri dengan hempasan ombak yang tidak begitu kencang namun sedikit menggaduh, pohon-pohon dipinggir pantai yang dapat digunakan untuk sekedar berteduh dan bersandar sebagai tempat beristirahat. Pepohonan rindang dan nyiur pinggir pantai menjadikan suasana pantai indah ini sangat nyaman dan menghilangkan letih.

Pulau Nyamuk di Karimunjawa Jepara ini memiliki keunggulan dalam keunikan pulau yang tiada tara keindahannya serta tidak kalah dari beberapa pulau yang mengitarinya. Pulau ini bersih akan polusi dan pencemaran, dan kondisi alam yang sangat natural dan alami sepanjang mata memandang. Keadaan ini telah dimanfaatkan oleh wisatawan yang ingin sekali menikmati objek wisatanya untuk menghilangkan stres dan gundag. Aksesnya juga terbilang cukup mudah, serta berbagai jalur bisa dilewati untuk menuju ke sini, baik melewati air maupun udara.


Akses ke Pulau Nyamuk

Untuk menuju ke Pulau Karimunjawa khususnya Pulau Nyamuk, telah dilengkapi dengan tiga kapal, yaitu Express Cantika, KMP Muria dan Singi Jai, yang merupakan transportasi menuju kawasan Karimunjawa. Dengan adanya jalur perairan ini, diharapkan mampu menampung serta melancarkan di bidang perhubungan atar pulau atau daerah yang berada di Jepara dengan biaya yang relatif lebih ringan.

2 Responses to "Ini Dia Keunikan Pulau Nyamuk Karimunjawa"

  1. wisata di >> karimunjawa memang joss.!!
    yuk tetap jaga kelestariannya dengan tidak memegang atau menginjak karang.
    biar tempatnya tetap oke, alamnya senantiasa indah alami. info harga paket karimunjawa juga masih terjangkau, apalagi untuk anda yang ingin menghabiskan waktu liburan setelah menikah, cukup pilih paket honeymoon karimunjawa, cocok untuk 2 orang yang sedang berbulan madu dan untuk anda yang suka petualang, ada juga paket karimunjawa murah ala backpacker, enak to... dimana lagi ada yang semurah harga paket wisata karimunjawa disini.
    informasi selengkapnya paket tour karimunjawa bisa juga cek sumbernya disini >> harga paket karimunjawa

    BalasHapus
  2. Gambar foto di atas sepertinya tidak menggambarkan ilustrasi Pulau Nyamuk yang sebenarnya.

    BalasHapus