Pulau Komodo, Habitat Asli Hewan Komodo


Pulau Komodo adalah sebuah pulau yang terletak di kepulauan Nusa Tenggara. Salah satu pulau yang memiliki habitat asli hewan komodo. Pulau ini juga merupakan kawasan Taman Nasional Komodo yang dikelola oleh pemerintah pusat. Pulau komodo berada sebelah timur pulau sumbawa yang dipisahkan oleh selat sape. Pulau Komodo merupakan ujung paling barat Provinsi Nusa Tenggara Timur, berbatasan dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Pada tahun 1986, UNESCO menetapkan Pulau Komodo dan pulau-pulau lain dikawasan Taman Nasional Komodo sebagai situs warisan dunia karena keberadaan Komodo yang hanya bisa ditemui di Pulau Komodo. Pulau ini dikenal dengan nama Pulau Komodo karena pada tahun 1910 letnan van steyn Hens Broek mencoba membuktikan laporan pasukan belanda tentang adanya hewan besar menyerupai naga dan lantas membunuh seekor Komodo tersebut untuk dibawa  ke Museum and Garden di Bogor untuk diteliti. orang belanda menamai pulau di sisi selatan Provinsi Nusa Tenggara Timur ini dengan julukan Pulau Komodo. Pulau Komodo termasuk dalam New Wonders Of nature pada tahun 2010 yang didalamnya terdapat Hutan Amazon, Teluk Halong, Air Terjun Halong, Air Terjun iguazu, Pulau Peju, Sungai Bawah Tanah Puerto Princesa, dan Table Mountain yang dimana Taman Nasional Komodo mendapat suara terbanyak.



Pulau Komodo

Letak Geografis Pulau Komodo

Secara administratif, pulau ini terhitung provinsi Nusa Tenggara Timur, tepatnya pada Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat. Pulau ini memiliki luas 390 km2 yang dimana terdapat hewan Komodo yang berkembang biak dengan baik dan populasi Komodo dalam pulau ini lebih kurang 1300 ekor Komodo.

Habitat Komodo

Komodo sendiri merupakan binatang reptil sejenis kadal pemakan daging yang panjangnya bisa mencapai 2 - 3 meter dengan berat 100 - 165 kg. warga setempat menyebut binatang ini dengan nama ora. binatang ini sangat menakutkan dengan kuku yang tajam, memiliki kulit bersisik dan lidah yang bercabang. mangsa utama Komodo adalah Babi, Rusa, Kerbau, Musang dan Beruk. Habitat dari Hewan yang hampir punah ini adalah alam terbuka dengan padang rumput, pantai berpasir putih dan hutan hujan tropis. Selain melihat habitat asli dari hewan Komodo ada wahana lain yang bisa anda lakukan di Pulau Komodo seperti Trekking, Menyelam, dan Snorkeling yang anda nikmati di Pulau Komodo.

Pantai Pulau Komodi

Pulau Komodo bukan hanya terdapat binatang Komodo saja, ada banyak binatang lain yang menghuni Pulau Komodo seperti Kuda, Rusa, berbagai jenis Burung, Ular, Biawak dan masih banyak lagi yang lainnya. Salah satu cara untuk menikmati Pulau Komodo dengan cara Trekking. Anda bisa melihat binatang-binatang tersebut dengan melakukan Trekking. Anda akan di ajak mendaki Gunung Ara yang memiliki ketinggian 538 meter di atas permukaan laut.anda juga akan melewati Water Hole yang merupakan tempat minum dan peristirahat Komodo. Anda akan bisa melihat Komodo yang sedang minum dan beristirahat di bawah pohon di sekitarnya. Ada 4 jalur trekking yang bisa anda pilih mulai dari short, medium, long, sampai adventure. Panjangnya jalur trekking ini adalah 1 - 8 km tergantung jenis jalur trekking mana yang anda pilih. Jika anda memilih long dan adventure anda akan di bawa  melewati hutan, sungai dan perbukitan yang begitu indah.

Jika anda memilih jalur short anda akan berakhir di perjalanan di atas perbukitan dengan pemandangan teluk yang sangat mengagumkan. tapi jangan khawatir, jalur keempat tersebut tetap melewati water hole sehingga anda tidak perlu bingung memilih jalur trekking yang mana. Selama trekking, anda dan rombongan akan ditemani seorang ranger atau pemandu sekaligus pawang Komodo agar keselamatan anda terjamin. Ranger akan membekali anda dengan tongkat yang ujungnya bercabang dua untuk menjaga diri dari serangan Komodo, karna tongkat tersebut di buat dari satu jenis pohon yang bisa menjadi senjata untuk mempertahankan diri dari serangan komodo dan dapat melemahkan Komodo.

Karang Pulau Komodo

Ekosistem Pulau Komodo

Wisata Pulau Komodo tidak hanya menawarkan keindahan alam dan daratan saja. Alam bawah laut di Pulau Komodo tidak kalah indahnya. Ada sekitar 386 Terumbu Karang, 70 jenis Bunga Karang, Rumput Laut sebagai rumah bagi ribuan jenis Ikan, Penyu Hijau, Paus, Hiu, Lumba-Lumba dan lain-lain. Alam bawah laut Pulau Komodo disebut sebagai salah satu Lokasi Menyelam terbaik Di dunia. Saat menyelam anda akan melihat keindahan biota laut yang sangat kaya, indah, dan beragam dengan keindahan yang berbeda.

Panorama pulau komodo



Pulau komodo juga memiliki satu Pantai yang unik yaitu Pink Beach atau biasa dikenal dengan nama pantai merah muda yang memiliki pasir berwarna merah muda. Warna Pasir akan terlihat jelas merah muda saat pasir basah oleh sebuah ombak. Menurut penelitian, warna merah muda di pantai ini di sebabkan oleh serpihan koral yang hancur dan bercampur dengan pasir pantai. Di dunia tercatat hanya tujuh pantai yang memiliki pasir yang berwarna merah muda salah satunya adalah Pantai Beach yang berada di Pulau Komodo.

Tips Wisata Ke Pulau Komodo

Jangan pernah melakukan gerakan terkejut atau secara tiba-tiba dan mengeluarkan suara yang berisik karena Komodo sangat peka terhadap gerakan dan suara yang dhasilkan saat anda melakukan Trekking. Bagi para wanita yang lagi halangan atau menstruasi diharapkan melapor kepada ranger agar mendapat perhatian lebih untuk keselamatan anda. Hal ini dilakukan karena hewan Komodo dapat mencium bau darah dari radius ratusan meter. Ayo kita kunjungi dan menikmati Objek Wisata Pulau Komodo.

Lokasi :

0 Response to "Pulau Komodo, Habitat Asli Hewan Komodo"

Poskan Komentar