Museum Negeri Terbesar Sulawesi Utara


Museum Negeri Sulawesi Utara terletak di Desa atau Kelurahan Lawangirung, Kecamatan Wenang, Kabupaten atau Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara. UPTD Museum Negeri Provinsi Sulawesi Utara ini termasuk museum sejarah warisan leluhur dan budaya dari kota manado. Objek Wisata Museum Sejarah ini telah menjadi sebuah icon kota manado yang dimana telah menjadi museum terbesar di kota manado. koleksi di museum negeri ini telah mencapai kurang lebih sekitar 2.810 koleksi. koleksi yang telah dipamerkan sekitar 500 koleksi untuk dipamerin di gedung pameran. semua koleksi dikumpulkan dari setiap derah yang berada di provinsi Sulawesi Utara seperti manado, minahasa selatan, sangihe, Talaud, Sitora, Bolaang Mongondow serta kota dan kabupaten lainnya. Koleksi museum negeri sulawesi Utara banyak sekali mendokumentasikan peninggalan-peninggalan leluhur suku minahasa misalnya meliputi geologi, biologi, arkeologi, keramik, seni rupa, heraldic, biologi, historika,  etnografika, filologika, teknologi dan lain-lain. bagi pengunjung atau wisatawan yang membawa anak ke museum ini menjadikan museum ini sebagai wisata edukasi yang bermanfaat bagi mereka tentang budaya. 



Museum Edukasi Negeri Provinsi Sulawesi Utara

disini pengunjung akan berkenalan dengan kejayaan masa lalu daerah ini sebagai rute mingrasi hewan dan manusia di zaman pra sejarah. Saat masuk zaman sejarah, wisatawan bisa mempelajari rute perdagangan antara barat dan timur di Sulawesi Utara, termasuk penyebaran agama Kristen, Islam, maupun kepercayaan atau agama yang dibawa pedagang-pedagang China, Arab, dan Eropa. disini pengunjung akan melihat juga suku asli yang berada didataran provinsi sulawesi utara seperti suku minahasa, suku bolaang mongondow, suku sangihe, suku talaud dan suku siau. museum ini juga memiliki patung-patung pahlawan dari sulawesi utara seperti maria walanda maramis, sam ratulangi, AA Maramis, Daan Mogot dan piere tendean. ada juga Koleksi peralatan penangkap ikan tradisional di Minahasa yang dipamerkan di Museum Negeri Provinsi Sulawesi Utara Manado. Diantaranya adalah Sasarup (alat penangkap ikan di danau, asal Gorontalo), Totobongo (alat penangkap ikan dengan cara menusuk), Igi (alat penangkap ikan air tawar, asal Minahasa), dan tambelong (tempat menyimpan umpan). Ada pula meja dan kursi yang digunakan Pahlawan Nasional Maria Walanda Maramis ketika menjadi guru di PIKAT (Percintaan Ibu Kepada Anak Turunannya), organisasi yang didirikan bersama kawannya untuk memajukan pendidikan wanita Minahasa. Maria Josephine Catherine Maramis lahir di Kema, 1 Desember 1872 dan wafat di Maumbi, pada 22 April 1924. Museum ini bukan hanya memiliki alat-alat kuno namun berbagai macam hal sejarah ada disini terutama budaya yang berada di sulawesi utara. wisata museum ini memberikan semua sejarah suku aslinya.  

Sejarah Peninggalan Suku Minahasa Sulawesi Utara

Fasilitas Museum Negeri UPTD

fasilitas di museum ini hampir sama dengan museum-museum pada umumnya, namun disini terdapat 3 tingkat yang dimana setiap tingkatnya memiliki beberapa ruang koleksi yang berbeda-beda. desain museum ini sangat kental dengan desain yang dibuat dengan struktrur budaya yang mengusung arsitektur rumah adat minahasa serta ornamen minahasa kuno. disini juga terdapat tempat makan disamping museum yang menyediakan kuliner khas daerah sulawesi utara. selain itu pengunjung juga dapat berfoto bersama koleksi sejarahnya.



Koleksi barang-barang kuno Museum Negeri Manado

Sejarah Singkat Museum Negeri

Kota manado ini mulai dibangun pada tahun 1974. awal mula museum ini dibangun dikarenakan pada tahun 1967,dtemukan benda-benda keramik di halaman rumah oleh seorang warga rasi kecamatan Ratahan yang bernama Bola Resun saat dia berkebun, yang kemudian diserahkan kepada kantor daerah Ditjen Kebudayaan Manado. jadi, museum ini diresmikan dengan status negeri pada 9 januari 1991. meseum edukasi ini telah di kelola oleh dinas pariwisata kota. 

Patung para Pahlawan nasional sulawesi utara

Harga Tiket Masuk Museum 

untuk harga tiket masuk ke museum edukasi sulawesi utara ini tidaklah di pungut biaya sepersen pun dikarenan yang mengelola adalah pihak pariwisata negeri provinsi sulawesi utara. namun, jika pengunjung ingin di pandu oleh pihak pemandu, pengunjung hanya membayar mereka dengan seiklasnya saja. namun terkadang membayar untuk uang parkiran museum.


Akses Lokasi Museum Negri Sulawesi Utara

untuk Akses Lokasi para pembaca sempaker tidak perlu khawatir, karena letak Museum Negeri Provinsi Sulawesi Utara ini bisa di bilang terletak dekat dengan kota manado. jadi bagi kalian yang dari luar provinsi sulawesi utara tinggal menggukan pesawat menuju kota manado. setelah sampai di kota manado anda bisa menggukan kendaraan umum atau taksi. Anda bisa turun di depan SMP Negeri 1 Manado yang berada persis di depannya. Biasanya sopir akan menurunkan Anda di depan mesjid raya A. Yani, karena di situ tempatnya agak lebar untuk memutar balik mobil angkutan umum, makanya sopir biasanya hanya berhenti disana, dan anda akan sedikit jalan kaki  sekitar 100 meter ke Museum Negeri Provinsi Sulawesi Utara.



Demikianlah informasi tentang Objek Wisata Museum Negeri Provinsi Sulawesi Utara. Museum ini menyimpan berbagai macam sejarah pra kuno suku minahasa. tempat ini bisa sebagai museum edukasi buat mengenal sejarah kebudayaan minahasa di kota manado. semua peninggalan sejarah terdapat di museum UPTD ini, jadi tunggu apalagi ayo segera berlibur.

0 Response to "Museum Negeri Terbesar Sulawesi Utara"

Posting Komentar