Wisata Air Terjun Sri Gethuk yang tidak pernah kering


Air Terjun Sri Gethuk terletak di Dusun Mungguran II, Desa Bleberan, Kecamatan, Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. letak air terjun sri gethuk ini berada di tepi sungai oyo sehingga untuk menikmatinya harus menyusuri sungai dengan rakit. selain wisata air terjun sri gethuk, kabupaten gunung kidul juga memiliki wisata air terjun lainnya yang sudah terkenal seperti Air Terjun Sendang Tahunan, Air Terjun sendang Ayu, Air Terjun Banyunibo patuk, air terjun kedung Gembyong, air terjun Juruq lengkongsari, air terjun kedung kandang dan air terjun luweng sampang. wisata air terjun sri gethuk ini sering di sebut-sebut grand canyonnya yogyakarta yang slalu di sejajarkan dengan yang ada di utara arizona america serikat. air terjun ini tergoloang masih alami karna di kelola secara tradisional oleh masyarakat setempat. wisata yang satu ini juga menjadi salah satu objek wisata populer di yogyakarta. 



Wisata Air Terjun Sri Gethuk gunung kidul

air terjun sri gethuk ini juga di kenal dengan nama air terjun slempret. air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter. air di objek wisata sri gethuk ini sangatlah jernih. air yang mengalir di tebing-tebing tinggi akan mengingatkan kalian dengan wisata Green Canyon pangandaran di jawa barat. wisata ini tergolong masih baru, namun telah banyak wisatawan dari lokal maupun mancanegara sampai ke wisata Air terjun Sri Gethuk ini. kebanyakan agen tour dan travel jogja menawarkan untuk paket wisata ke air terjun yang satu ini. air terjun ini memiliki keunikan yang dimana air nya meluncur dengan derasnya melewati 6 tingkat bebatuan. pada bagian dasar air terjun membentuk sebuah undak-undakan batu halus dengan warna pualam ornamen yang sangat cantik sebagaimana mirip seperti ornamen yang menghiasi gua-gua di kabupaten Gunung kidul seperti gua Pindul, gua Jomblang dan masih banyak lagi yang lainnya. anda juga dapat merasakan kesegaran air terjun ini dengan berendam dan berenang di air terjun sri gethuk ini. pemandangan di wisata ini sungguh mempesona dan indah. Sepanjang perjalanan akan disuguhi pemandangan berupa tebing tebing kapur dikanan-kiri dan rimbunnya pepohonan. pada saat musim kemarau, air sungai akan sangat jernih dan berwana kehijauan. Air terjun Sri Gethuk ini memiliki 3 sumber mata air yaitu mata air Ngandong, Dong Poh, dan Ngumbul. Ketiga mata air ini berkumpul dan mengalir melalui tebing tinggi hingga membentuk air terjun Sri Gethuk. Air Terjun Sri Gethuk memiliki tinggi sekira 25 meter dengan 3-5 terjunan air terjun tergantung musim. Air terjun ini tak pernah kering, namun tidak juga membentuk sebuah kolam. Air terjun ini sedang dalam tahap pengembangan untuk menjadi destinasi wisata andalan Kabupaten Gunungkidul selain dari pantai dan pegunungan karst. mata iar disini Masing-masing tercatat menyumbang debit air dengan rata-rata 30 hingga 60 liter per detik. Debit air yang besar tersebut pun membuat lokasi mata air tampak seperti ngarai.

Air Terjun Slempret Yogyakarta

Sejarah Singkat Air Terjun Sri Gethuk 

wisata ini diberi nama dengan air terjun sri gethuk karna asal usul dari mitos wisata ini yang sangat di percaya oleh masyarakat setempat yaitu tentang keberadaan jin yang bernama anggo menduro yang konon menyukai musik tradisional jawa. jadi air terjun ini lah yang digunakan untuk menyimpan peralatan musik tersebut. konon pada saat tertentu dan waktu tertentu masyarakat setempat mendengar sayup-sayup bunyian alunan gemelan yang jika anda semakin dekat bunyi tersebut akan menghilang. diantara musik gamelan yang di mainkan jin tersebut, suara atau bunyi yang paling terdengar suara alat musik kethuk yang bentuknya seperti gong yang berukuran kecil dan bunyi suara slompret yang bentuknya semacam seruling.   

Destinasi Objek Wisata Air Terjun Sri Gethuk gunung kidul

Fasilitas Wisata Air Terjun Sri Gethuk Yogya

untuk menikmati aktivitas bermain dan liburan anda, disini terdapat fasilitas umum yang cukup lengkap. air terjun ini memiliki fasilitas untuk para pengunjung seperti toilet, tempat penitipan barang, tempat penyewaan ban dan pelampung, tempat penyewaan rakit, mushola, area parkir dan warung. jadi tidak usah khawatir jika anda lupa membawa makanan. 

Lokasi Gerbang Masuk Air Terjun Sri Gethuk

Harga Tiket Masuk Air Terjun Sri Gethuk

untuk tiket masuk anda dapat membayar tiket dengan harga 35.000 ribu rupiah per orangnya. jika anda menggunakan kendaraan anda juga akan di kenakan biaya sebesar 2.000-3.000 ribu rupiah untuk kendaraan roda dua dan 5.000-10.000 ribu rupiah untuk kendaraan roda empat.

Rakit untuk menuju air terjun sri gethuk

Akses Lokasi Wisata Air terjun Gethuk 

bagi yang di luar dari pulau jawa, tentu anda akan menaiki pesawat dari daerah anda untuk sampai ke Yogyakarta. banyak jalur yang bisa anda gunakan untuk sampai ke tujuan wisata air terjun gethuk ini. anda dapat melewati jalur utama yang di mulai dari yogyakarta menuju ke arah jalan wonosari hingga sampai ke jalan piyungan. setelah sampai di jalan piyungan anda lanjut perjalanan sampai ke patuk. kemudian dari patuk menuju sambipitu hingga di tengah perjalanan anda akan bertemu pertigaan Lanud TNI AU yaitu lapangan gading. dari pertigaan tersebut anda dapat berbelok kekanan menuju kecamatan Playen hingga sampai ke perempatan pasar Playen. dari pasar playen untuk menuju ke lokasi objek wisata hanya berjarak 500 meter. pada lokasi objek wisata anda akan di berikan dua pilihan rute untuk sampai ke air terjun gethuknya. untuk jalur pertama anda akan Tracking dengan jalan yang diapit oleh hamparan sawah yang jauhnya sekitar 450 meter dengan melewati anak tangga sekitar 96 anak tangga. jika anda memilih untuk menuju jalur kedua, anda akan menyusuri sungai oyo dengan menggunakan rakit sederhana dengan waktu tempuh sekitar 7 menit. namun, jika anda menggunakan rakit ini anda harus membayar 10.000 ribu rupiah untuk perjalanan pulang dan pergi saat anda menaikinya.   





Demikianlah informasi tentang objek wisata Air Terjun Sri Gethuk yang terkenal di Yogyakarta. jadi tunggu apalagi datanglah ke lokasi wista ini bersama teman dan keluarga anda untuk menemani hari libur anda. wisata ini sangat rekomendasi untuk anda yang berlibur ke daerah jogyakarta. selain air terjun ini banyak juga destinasi wista air terjun lainnya. 

0 Response to "Wisata Air Terjun Sri Gethuk yang tidak pernah kering"

Posting Komentar