Gunung Prau Cocok Untuk Pendaki Pemula


Gunung Parahu Terletak di desa Bakulan, Kecamatan, Kemangkon, Kabupaten Purbalingga, desa Dieng, Kecamatan Sejajar, Kabupaten Wonosobo, desa Wonosobo, Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten  Kabupaten Kendal, Provinsi Jawa Tengah. Gunung Prau ini lebih tepatnya berada di perbatasan empat kabupaten di jawa tengah yaitu Kabupaten kendal, Kabupaten Batang, Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Wonosobo. Gunung Prau di kenal dengan dua nama lainnya ada yang bilang gunung parahu dan ada juga yang bilang dengan sebutan gunung prahu. gunung prahu ini terletak di dataran tinggi dengan ketinggian puncak gunung sekitar 2.590 Mdpl. Puncak dari gunung Parahu merupakan padang rumput luas yang memanjang dari barat ke timur. Bukit-bukit dan sabana dengan sedikit pepohonan dapat dijumpai pada puncaknya. Gunung ini menjadi salah satu tujuan pendakian utama di Dataran Tinggi Dieng khususnya bagus untuk pendaki pemula yang ingin merasakan indahnya gunung prau ini sebagai salah satu spot sunrise favorit bagi wisatawan lokal atau wisatawan mancanegara. gunung Prau memiliki hutan lebat yang mengarah ke arah kabupaten kendal dan kabupaten batang serta hutan ini terdapat berbagai tumbuhan yang membuat hutan ini menjadi indah dari segi flora atau faunanya. disini terdapat tumbuhan kantong semar (pitcher plants) endemik Jawa yaitu Nepenthes gymnamphora yang banyak tumbuh bersama dengan pakis resam (Glichenia linearis). di sekitar puncak gunung prau terdapat bunga edelweiss jawa (Anaphalis maxima dan Anaphalis longifolia) yang biasa juga di temui di berbagai wisata gunung lain di jawa tengah. selain faunanya, disini juga di temui binatang khas Jawa seperti macan tutul jawa (Panthera pardus melas), sigung jawa (Mydaus javanensis) dan elang jawa (Nisaetus bastelsi). gunung prau memiliki aturan yang dimana pendaki gunung prau dilarang untuk mendirikan camp di area puncak gunung prau kabupaten kedal, Provinsi Jawa Tengah ini.

  
Gunung Prau Jawa Tengah

Wisata Gunung Prau bisa di bilang cocok untuk pendaki pemula karena medan dan akses untuk menuju puncak gunung prau tergolong mudah di bandingkan gunung yang lainnya, sehingga gunung prau selalu ramai di kunjungi oleh para wisatawan atau pendaki gunung. untuk mencapai puncak gunung prau tidak sampai memakan waktu selama 5 jam perjalanan dari basecamp tetapi, hanya memakan waktu sekitar 3 sampai 4 jam perjalanan hingga menuju puncak. setiap jalur manapun yang dipilih untuk menuju puncak gunung hanya memakan waktu sekitar paling lama 4 jam perjalanan itupun bersamaan dengan istirahat tergantung fisik pendaki gunung itu sendiri. dari keenam jalur yang ada, rute yang paling singkat berada di jalur pertama yaitu dari desa patakbanteng yang dimana desa ini yang paling dekat dengan puncak gunung prau dengan jarak tempuh sekitar 4 Km menuju puncak gunung prau. rekomendasi untuk pendaki pemula lebih baik melewati jalur dari desa dwarawati yang menawarkan medan yang lebih landai dengan mayoritas lebih pada tanah berundak yang bisa di kategorikan lebih aman. dalam perjalan menuju puncak gunung prau, pendaki akan melewati 3 pos untuk tempat beristirahat sementara untuk menikmati indahnya pemandangan. pos pertama disebut dengan nama sikudewo, pos kedua disebut dengan nama pos cangal walangan dan pos ketiga di sebut dengan nama pos cacingan serta di pos ketiga inilah para pendaki bisa berbelanja sambil mengisi perut atau makan. sebelum berangkat alangkah baiknya para pendaki menyiapkan peralatan yang harus di bawa seperti pakaian, obat-obatan, logistik dan peralatan kemah. sebelum sampai ke puncak gunung prau para pendaki akan melihat bukit-bukit saat perjalanan menuju puncak. salah satu bukit yang di lihat adalah Bukit Teletubbies yang merupakan kumpulan bukit-bukit kecil yang terletak di Puncak Gunung Prau. Seperti namanya, bukit ini terlihat seperti bukit tempat tokoh animasi Teletubbies bermain. Bukit yang ditumbuhi rumput dan tanaman liar lainnya terlihat sangat unik. Kawasan Bukit Teletubbies yang tidak rimbun dan banyak daerah yang datar inilah yang membuat Bukit Teletubbies dijadikan area camping. Dinamakan Gunung Prau karena memiliki bentuk seperti perahu yang dari kejauhan terlihat seperti dalam posisi terbalik. Ada pula yang mengatakan bahwa penamaan Gunung tersebut dikarenakan banyaknya sumber air disana. Dibuktikan dengan banyaknya telaga dan mata air.

Pemandangan Gunung Prau

Fasilitas Wisata Gunung Prau 

untuk bagi pendaki pemula yang ingin menghemat tenaga atau mungkin tidak mau terlalu capek untuk sampai ke puncak gunung disini terdapat fasilitas ojek yang bisa pendaki manfaatkan. jadi, bagi pendaki yang belum pernah sama sekali mendaki gunung fasilitas ini bisa kalian manfaatkan agar tidak kelelahan dan mencapai puncak tertinggi gunung prau jawa tengah ini. setiap jalur memiliki medan yang unik contoh di jalur desa dwarawati pendaki bisa melihat gunung sindoro dan gunung sumbing. jalur kedua pendaki melewati terowongan semak yang unik dan pada siang hari bisa melihat bukit area sabana dan pada sore hari dapat melihat sunset yang sangat indah yang menemani perjalanan pendaki sampai ke puncak gunung prau. selain dari fasilitas ojek, ternyata gunung prau mempunya fasilitas umum lainnya seperti toilet, mushola, kamar mandi, tempat parkir, warung makan, toko sovenir, supermarket, penginapan dan tempat sewa perawatan berkemah. fakta yang unik di gunung prau ini adalah dimana pendaki bisa melihat lima gunung sekaligus saat perjalanan menuju puncak gunung prau.
Baca Juga : Wisata Air Terjun Kalipancur Jawa Tengah

Harga Tiket Masuk Gunung Prau 

Untuk tiket registrasi pendakian, setiap pendaki Gunung Prau akan dikenai biaya 15 ribu rupiah per orangnya. jika para pendaki membawa kendaraan akan di kenai biaya parkir sebesar 10 ribu rupiah untuk kendaraan roda dua dan 25.000 ribu rupiah untuk kendaraan roda empat. Selain mendapatkan tiket, biasanya pendaki akan mendapat selembar peta sebagai pemandu jalur serta selembar kantung sampah agar menciptakan kebersihan pada area gunung. Sementara untuk menikmati fasilitas basecamp seperti toilet dan lainnya, pendaki hanya dikenai 10 ribu.


Padang daisy Gunung Prau Jawa Tengah

Akses Lokasi Wisata Gunung Prau

untuk mendaki Puncak Gunung Prau pendaki memiliki enam jalur umum yang bisa digunakan yaitu jalur pertama dari jalur desa dieng, desa kalilembu dan desa patakbanteng kecamatan kejajar kabupeten wonosobo arah barat daya atau arah selatan. jalur kedua dari desa igirmranak, kecamatan sejajar, kabupaten wonosobo arah tenggara. jalur ketiga dari desa kenjuran, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Kendal dari arah timur. jalur ke empat dari desa pranten, kecamatan bawang, kabupaten batang dari arah barat laut. jalur kelima dari desa wates, kecamatan wonoboyo, kabupaten temanggung dari arah tenggara. jalur keenam dari desa ngelak kabupaten batang dari arah utara. untuk ke jalurnya pendaki bisa menggunakan kendaraan umum untuk memilih lokasi jalur mana yang di pilih untuk ke puncak gunung prau. 
 


Demikianlah informasi tentang Objek Wisata Gunung Prau bagi pendaki pemula. gunung prau adalah salah satu tempat wisata para pendaki pemula yang pengen mencoba andrenalin dan merasakan bagaimana perjalanan untuk mendaki gunung sampai ke puncak gunung Prau.

0 Response to "Gunung Prau Cocok Untuk Pendaki Pemula"

Posting Komentar