Pulau Sambori, Raja Ampat Sulawesi


Pulau Sambori terletak di Desa Matarape, Kecamatan Menui Kepulauan, Kabupaten Morowali, Provinsi Sulawesi Tengah. Pulau sambori ini juga di kenal dengan raja ampatnya sulawesi tengah. di Papua ada Raja Ampat, di Kampar ada Ulu Kasok dan di Sulawesi ada Pulau Sambori. Pulau ini mirip dengan Raja Ampat yang terkenal eksotis itu karena disini juga pulaunya di kelilingi oleh pulau-pulau kecil. keindahan bawah laut Pulau Sambori juga sangat terkenal dimana wisatawan mancanegara banyak mengunjungi Pulau ini untuk melakukan kegiatan menyelam yaitu Snorkeling. keindahan bawah laut nya sangat indah yang memiliki beragam warna dan jenis binatang karang yang akan memanjakan pandangan anda. Pulau Sambori ini memiliki perpaduan keindahan seperti raja ampat, wakatobi dan bunaken dalam satu spot. pasir di Pulau ini juga memiliki pasir yang putih dan terumbu karang yang indah. 




Pulau Sambori

Kepulauan Sambori ini dikenalkan lewat festival Bajo Pasakayyang pada 21 November 2015 di Pulau Kaleorang. disini juga terdapat binatang air yaitu lumba-lumba dan hiu paus yang lagi mengejar ikan. perairan disini sangat tenang, jernih dan bewarna hijau toska. kawasan ini memiliki luas sekitar 147.700 Ha. selain Snorkeling, anda juga bisa melakukan diving. untuk melakukan Snorkeling dan Diving anda dapat melakukannya di Pulau koko dan Pulau Dua Laut. Pulau Koko terdapat dua pantai yang dikenal dengan lambaian pohon kelapanya, sehingga memberikan kesejukan yang luar biasa. selain di bilang mirip wisata Raja Ampat, Pulau Sambori juga di bilang mirip dengan objek wisata Phi phi Island yang berada di negara thailand. 

Raja Ampat Sulawesi Tenggara

Pulau Sambori bukan hanya memiliki keindahan pulaunya saja, namun disini juga terdapat wisata dua buah goa yang harus anda kunjungi jika anda pergi ke Pulau Sambori. goa yang pertama bernama Goa Berlian yang terletak di pulau lain di bibir daratan Sulawesi yang menghadap Mbokitta. goa ini Disebut Goa Berlian di karenakan stalaktit di dalam gua sangat berkilau seperti berlian jika tersapu cahaya goa. Karena letak goanya berada di tebing, kamu harus membutuhkan usaha keras untuk menaiki tebing dengan kemiringan 70-80 derajat. Ketinggian Goa Berlian adalah sekitar 10 meter dari permukaan laut Pulau Sambori. 

Goa Berlian Pulau Sambori

Goa kedua yang harus dikunjungi adalah Goa Tengkorak. Sesuai namanya, di Goa Tengkorak terdapat tengkorak manusia yang belum diketahui asal-usulnya. Goa Tengkorak juga berada di tebing sekitar 40 meter dari permukaan laut. Goa ini keliatannya sangat serem untuk di kunjungi.

Goa Tengkorak




Akses Lokasi Pulau Sambori

untuk sampai ke Pulau Sambori dengan akses terdekat walaupun pulau sombori berada di kabupaten morowali sulawesi tengah namun, akses terdekat bisa dilakukan melalui kendari sulawesi tenggara. akses terdekat bisa ditempuh melalui kota kendari selama 4 sampai 6 jam. tergantung posisi star atau kecepatan kapal. anda akan melewati pulau labengki dari jalur selatan dari sulawesi tenggara. perjalanannya akan menempuh dua tahap, jalur darat dan laut. untuk lebih cepat, anda melakukan perjalanan darat ke kabupaten konawe utara dan dilanjutkan jalur laut selama 2 jam paling cepat menggunakan speed boat. jika dibandingkan dari ibukota kabupaten sulawesi tengah (poso) untuk ke sambori menempuh jarak 15 jam perjalanan darat.



Demikian informasi tentang objek wisata Pulau Sambori Sulawesi Tengah. anda harus mengunjungi wisata yang satu ini karna sangat indah dan menawan untuk di kunjungi. 

0 Response to "Pulau Sambori, Raja Ampat Sulawesi"

Posting Komentar