Taman Nasional Bawah Laut Bunaken


Taman nasional bunaken yang terletak di sebelah Kota Manado, lebih tepatnya di Propinsi Sulawesi Utara, Negara Indonesia. Objek wisata ini merupakan perwakilan dari ekosistem perairan tropis Negara Indonesia yang terdiri berbagai macam jenis beberapa di antaranya seperti ekosistem hutan bakau, padang lamun, terumbu karang, dan ekosistem daratan/pesisir. Kini, objek wisata Bunaken tidak hanya menjadi wisata milik penduduk pulau bunaken yang mendiaminya ataupun masyarakat Provinsi Sultra, tapi ia telah menjadi aset nasional di bidang pariwisata dan telah menjadi milik semua orang yang mencintai kelestarian dan keindahan alam dari seluruh wilayah Nusantara.



Taman Laut Bunaken

Nama Bunaken sendiri merupakan nama sebuah pulau di kawasan dekat Manado yang mana keindahan lingkungan bawah lautnya memang terkenal mempesona dan menjadi surga bagi para penghobi selam atau snorkeling. Pulau yang memiliki luas sekitar 8,08 km persegi ini secara administratif termasuk dalam wilayah Kecamatan Bunaken, Kota Manado.

laut bunaken

Pesona keindahan alam bawah laut yang menakjubkan dan membahana akan dapat anda temukan disini, ada sekitar 13 jenis terumbu karang berbagai macam yang menjulang terjal vertikal kebawah sedalam sekitar ketinggian 25 - 50 meter. Anda juga akan dimanjakan dengan pemandangan yang ditampilkan oleh sekitar 91 species ikan sedang dan besar yang ada di Taman Laut Bunaken. Beberapa diantara jenis ikan tersebut adalah koi putih (Seriola rivoliana), nila gasi (Scolopsis bilineatus), gusimi lokal (Hippocampus), lolosi ekor kuning (Lutjanus kasmira)goropa (spilotocepsep hinephelus dan hypselosoma Pseudanthias), dan banyak yang lain. Tidak hanya itu di Taman Laut Bunaken juga banyak ditemukan beberapa jenis Moluska (Hewan berbadan lunak) seperti ikan kepala kambing (Cassis cornuta), nautilus (Nautilus pompillius) dan tunikates atau askidian.

keindahan laut bunaken

Taman Laut Bunaken ini memiliki 20 titik penyelaman (diving spot) dan snorkeling dengan kedalaman bervariasi hingga ke titik terdalam mencapai 1.344 meter. Dari 20 titik penyelaman tersebut, 12 di antaranya berada di sekitar tempat yang dekat Pulau Bunaken. Dua belas titik penyelaman inilah yang paling sering dan kerap dikunjungi oleh penyelam dan pecinta keindahan pemandangan bawah laut dari seluruh dunia.

terumbu karang bunaken

Bagi Anda pecinta fotografi bawah laut sekaligus pecinta wisata bawah air, bisa dipastikan Anda tidak akan kecewa ataupun kesal apabila berkunjung dan menyelam ke Taman Laut Bunaken karena dari sini Anda bisa mendapatkan foto yang spektakuler untuk diabadikan dan dijaga keindahan alamnya, tentu ini sangat jarang Anda dapatkan didaerah lain dibelahan bumi manapun. Dan untuk masuk ke Taman Laut Nasional Bunaken membuatuhkan biaya sebesar Rp. 50.000,-/orangnya untuk sekali masuk. Dan dengan Rp. 150.000,-/orang yang berlaku pelayanan selama 1 tahun penuh lias menjadi member. Jika Anda membeli tiket yang berlaku untuk 1 tahun, Anda akan diberi seperti lencana yang terbuat dari plastik sebagai pengganti tiket masuk. Ini adalah identitas yang melambangkan keanggotaan.



Baca Juga : Wisata Snorkeling Di Pulau Karimunjawa

Lokasi Taman Laut Bunaken

0 Response to "Taman Nasional Bawah Laut Bunaken"

Poskan Komentar