Green Canyon, Pangandaran Jawa Barat


Green canyon atau lebih dikenal sebagai cukang taneuh oleh warga sekitar, dan green canyon bukanlah grand canyon amerika, tapi green canyon pangandaran. Yang berlokasi di desa kertayasa, kecamatan cijulang, kabupaten ciamis. Kurang lebih 31 km dari Kota Pangandaran. Asal muasal nama green canyon sendiri adalah dari seorang turis perancis yang datang pada tahun 1993. Hal ini dikarenakan airnya yang jernih kehijauan dari sungai dan lumut hijau berlimpah di sisi tebing yang membuatnya populer dengan nama green canyon.




Objek wisata green canyon sebetulnya merupakan aliran sungai cijulang yang melintas menembus gua yang sangat memesona karena penuh dengan keindahan lukisan alam stalaktit dan stalagmit. Posisi green canyon ini semakin populer keindahannya karena diapit oleh dua buah bukit, terdapat banyak bebatuan dan begitu rimbunnya pohon. Kesemuanya itu bisa anda nikmati ketika berkunjung ke green canyon.

Untuk mengelilingi sungai sepanjang green canyon ini maka anda bisa menyewa perahu kayu yang berjajar di tepi sungai saat anda pertama kali tiba di objek wisata ini. Nama perahu kayu itu disebut “ketinting” oleh penduduk setempat. Dan anda harus menempuh perjalanan selama 30 sampai 45 menit dengan menggunakan perahu kayu modern, tarif per orang untuk ketinting ini adalah 75.000 rupiah dengan daya tampung maksimal lima orang dan beroperasi mulai pukul 7.30 sampai 16.00 WIB. Sepanjang perjalanan anda mengelilingi sungai nanti anda akan dibawa untuk melihat keajaiban alam green canyon.
Begitu terlihat jeram dengan alur yang sempit yang sulit dilewati oleh perahu berarti sudah sampai di mulut green canyon, di mana airnya sangat jernih berwarna kebiru-biruan. Di sinilah awal petualangan menjelajah keindahan objek wisata ini dimulai. Dari sini wisatawan dapat melanjutkan perjalanan ke atas dengan berenang atau merayap di tepi batu. Disediakan ban dan pelampung bagi yang memilih untuk berenang. Meski harus menempuh cara seperti ini, perjalanan dijamin sepenuhnya aman. Bahkan untuk anak-anak 6 tahun ke atas cukup aman untuk menyusuri aliran sungai dengan menggunakan ban dan dipandu oleh pemilik perahu yang disewa.




Lokasi :
Green canyon berada di desa kertayasa, kecamatan cijulang, ciamis, jawa barat - indonesia. Kalau ditempuh dari kota ciamis, jaraknya sekitar 130 km, jika dari pantai pangandaran hanya berjarak 30 km atau 45 menit perjalan.

0 Response to "Green Canyon, Pangandaran Jawa Barat"

Poskan Komentar