Umbul Ponggok wisata Kekinian Kabupaten Klaten


Umbul Ponggok terletak di Dusun Jeblongan, Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah. umbul ponggok klaten memang sangat unik dan berbeda dari wisata lainnya. dulunya Umbul Ponggok adalah sebuah sumber mata air alami yang berbentuk kolam. umbul ponggok jawa tengah ini memiliki air yang sangat jernih dan bening. sekarang wisata umbul ponggok ini menjadi wisata yang banyak di minati oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara. umbul ponggok bukan kolam berenang biasa, karena disini pengunjung dapat berenang dengan ikan air tawar berwarna-warni yang memang sudah ada sejak lama di kolam ini. keunikan dari objek wisata ini, pengunjung dapat menyelam dengan berbagai macam ikan tawar dan berfoto bersama. umbul ponggok juga sering di jadikan sebagai tempat latihan diving. selain diving, pengunjung dan para wisatawan juga dapat melakukan aktivitas snorkeling dan berenang disini. snorkeling disini sangat aman daripada di lautan, karena disini tidak ada yang namanya arus ombak di kolam alami umbul ponggok. banyak yang mengatakan keberadaan umbul ponggok ini sudah ada sejak zaman belanda. kolam wisata umbul ponggok ini berukuran sekitar 50 x 25 meter dan kedalamannya sekitar 1,5 hinga 2 meter lebih. selain kegiatan snorkeling dan diving ataupun berenang, sering kali tempat ini juga dijadikan kegiatan underwater photograpy atau fotografi bawah air. umbul ponggok tidak memiliki dasar kolam yang sama dengan dasar kolam pada umumnya karena dasar kolam umbul ponggok berupa hamparan pasir halus yang memberikan sensasi tersendiri. selain umbul ponggok, terdapat juga wisata terdekat dengan umbul ponggok yaitu wisata umbul manten. 



umbul ponggok Kabupaten Klaten

selain menikmati indah nya kolam bawah air dan berfoto, disini juga banyak yang melakukan aktivitas foto prawedding dengan keunikan foto bawah air nya. umbul ponggok memang belum terkenal seperti wisata snorkeling yang lain seperti kepulauan raja ampat, taman nasional komodo, taman nasional wakatobi, bunaken, pulau lengkuas, pantai nglambor, karimun jawa, pulau derawan, tulamben, kepulauan banda, pulau weh dan beberapa tempat yang lainnya. banyak anak muda yang gemar berfoto dengan background unik disini yang akan diabadikan lewat sosial media seperti facebook, instagram, twitter dan sosial media lainnya. kata umbul diambil dari istilah jawa yang berarti sumber mata air dan sedangkan kata ponggok merujuk pada desa yang menjadi lokasi wisata ini. umbul ponggok ini sering di juluki oleh pengunjung dengan sebutan bunaken van klaten karena sensasi yang ditawarkan di tempat wisata ini jernih dan segarnya air serta indahnya pemandangan bawah air seperti sedang menyelam di kawasan bunaken. tempat ini juga di kelilingi pepohonan dan hamparan sawah yang menjadikan tempat ini menjadi sejuk dan nyaman. wisata umbul ponggok provinsi jawa tengah ini memiliki air kolam yang begitu jernih yang dimana pengunjung saat menyelam dapat melihat isi di dasar kolam seperti pasir, bebatuan dan lumut. meskipun ikan di dalam kolam banyak, namun air ini tidak memiliki bau amis karena air seisi kolam selalu baru. bagi pengunjung yang membawa anak-anak tidak perlu khawatir, karena di tempat ini teleh di sediakan kolam khusus anak-anak serta berbagai macam wahanna didalamnya. jika ingin berkeliling menggunakan perahu, disini juga terdapat penyewaan perahu. Kolam Umbul Ponggok berukuran panjang 70 m dan lebar 40 m. terdapat juga wisata kekinian lain selain umbul ponggok yaitu wisata bukit cinta klaten juga. 

wisata umbul ponggok provinsi Jawa tengah

Sejarah Singkat Umbul Ponggok  

bagi warga desa ponggok, keberadaan wisata ini adalah sebuah legenda yang dimana mata air ini telah di fungsikan sejak ratusan tahun yang lalu. menurut catatan sejarah yang berdasarkan bukti-bukti dan data yang ada, pada tahun 1920 desa ponggok merupakan kawasan industri dan menjadi tempat berdirinya suikerfabriek ponggok atau pabrik gula ponggok. tidak jauh dari pabrik ponggok, terdapat juga berbagai macam pabrik gula yang lain seperti suikerfabriek karanganom, suikerfabriek Tjokro toeloeng dan suikerfabriek Delanggoe. ketika saat itu desa ponggok masuk kedalam wilayah administrasi kewedanan ponggok dan banyak keluarga belanda yang tinggal di kawasan ini. mereka tinggal di kawasan disini karena sebagian besar karyawan pabrik yang menduduki sebagai manager, administratur, juru buku dan posisi lainnya adalah warga belanda. mereka tinggal di bangunan yang berbentuk loji yang terletak di sebelah utara umbul ponggok. selama pabrik-pabrik gula beroperasi, umbul ponggok di fungsikan sebagai water reservoir atau tempat penampungan air yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan operasional suikerfabriek ponggok dan suikerfabriek karanganom. perairan umbul ponggok tidak pernah kering dan di manfaatkan untuk mengairi area perkebunan tebu yang terdapat di daerah polanharjo, karanganom, ceper dan sekitarnya. pada tahun 1930an pabrik gula ponggok tutup karena terjadi krisis ekonomi menyusul kebangkitan rakyat indonesia yang ingin memperjuangkan kemerdekaan. pasca tutupnya pabrik gula, umbul ponggok dijadikan menjadi irigasi untuk mengairi perkebunan dan sawah warga. hal tersebut berlangsung hingga sekarang sampai akhirnya umbul ponggok menjadi salah satu destinasi objek pariwisata.  



kolam untuk anak-anak umbul ponggok

Harga Tiket Masuk Umbul Ponggok  

untuk harga tiketnya sendiri sekitar 15.000 ribu per orangnya. disini juga menyediakan peralatan snorkeling dan diving dengan harga sewa sekitar 12.000 ribu rupiah untuk snorkeling, kaki katak 7.000 ribu rupiah, pelampung 7.000 ribu rupiah dan 5.000 ribu rupiah untuk sewa ban. jika pengunjung ingin berfoto di dawah air dapat juga menyewa kamera dengan harga 60.000 dengan waktu 30 menit dan 100.000 ribu rupiah per 60 menit. dapat juga berfoto group dengan di foto oleh para fotografer dengan harga 100.000 perjam nya dengan 7 orang. untuk tarif parkir wisata sekitar 2.000 ribu rupiah untuk kendaraan roda dua dan 4.000 ribu rupiah untuk roda empat. kamar mandi untuk membilas juga membutuhkan biaya 1.000 ribu rupiah per orangnya. penyewaan spot-spot foto yang berada di bawah kolam di sewa dengan harga kurang lebih 100.000 ribu rupiah. harga tergantung spot apa yang di pakai untuk berfoto bersama teman. 

Objek Wisata Umpul Ponggok Klaten

Fasilitas Wisata Umbul Ponggok 

untuk fasilitas wisata umbul ponggok sendiri cukup lengkap dengan adanya kamar mandi, toilet dan berbagai macam spot untuk berfoto didalam air. disini juga terdapat penyewaan kamera dan alat-alat untuk berenang dan snorkeling. spot-spot untuk berfoto bareng keluarga, teman dan selfie yang berada didalam kolam umbul ponggok seperti sepeda motor, televisi, meja, tikat dan masih banyak lagi yang lainnya. jika pengunjung merasa lapar dan haus di tempat ini terdapat juga warung makanan dan minuman yang khas warga umbul ponggok. disini juga terdaapat fasilitas taman bermain anak yang dapat memanjakan anaknya bagi pengunjung yang membawa buah hatinya. terdapat juga berbagai fasilitas lain seperti tempat duduk yang berada di pinggir kolam, mushola dan paket prawedding. jadi bagi yang berlibur kesini tidak perlu khawatir dengan fasilitas disini karena bisa di bilang cukup lengkap fasilitas di umbul ponggok. 

Spot berfoto Umbul Ponggok

Akses Lokasi Wisata Umbul Ponggok

Umbul Ponggok ini berada tidak terlalu jauh dari kota Yogyakarta. Jika pengunjung datang dari arah Yogyakarta, untuk menuju ke tempat ini hanya akan memerlukan waktu tempuh kurang lebih 1 jam perjalanan. ada beberapa rute untuk menuju wisata umbul ponggok kabupaten klaten ini, yang pertama dari kota solo dan kota sekitarnya seperti wonosari, magetan, sukoharjo, karanganyar dan ngawi. akses jalan utama yaitu jalan raya Solo-Yogyakarta dengan melewati Delanggau dan kemudian berhenti dulu di Terminal Penggung Klaten yang ada di kiri jalan. Terminal ini terletak pada persimpangan lampu lalu lintas jalan menuju ke ke Desa Ponggok. Dari lampu lalu lintas ini, ambilah arah ke kanan dan lurus terus dengan mengikuti jalan sampai bertemu dengan Markas Koramil yang ada di sebelah kiri jalan dekat pertigaan. Dari pertigaan tersebut tinggal ambil arah ke kanan, lurus ikuti jalan sampai terlihat Umbul Ponggok. yang kedua dari arah yogya, sleman, prambanan, puworejo dan kebumen.  Rutenya adalah melalui jalan raya Yogyakarta-Solo kebalikan dari rute pertama tadi. saat sampai di persimpangan depan RSUD Suradji Tirtonegoro lurus saja lewat tengah kota hinga menuju GOR Gelarsena Klaten. Setelah sampai di GOR Gelarsena Klaten. Silakan ambil kiri ke arah Jatinom atau Polanharjo sampai ketemu persimpangan dekat Markas Koramil yang ada di sebelah kiri jalan. Lurus saja, ikuti jalan sampai terlihat Umbul Ponggok. yang ketiga dari arah boyolali, salatiga dan semarang. untuk dari rute ini pengunjung dan para wisatawan langsung saja menuju klaten melalui jatinom. Setelah sampai pasar jatinom ambil arah menuju ke Terminal Penggung. Sesaat sebelum kalian sampai terminal, kalian akan melihat Markas Koramil di kanan jalan di dekat pertigaan. Dari pertigaan tersebut tinggal ambil arah ke kanan, lurus ikuti jalan sampai terlihat Umbul Ponggok. jadi tidak susah untuk mencari wisata yang kekinian ini. 




Demikianlah informasi tentang Objek Wisata Umbul Ponggok Kabupaten Klaten. selain wisata umbul yang lagi kekinian, terdapat juga berbagai objek wisata di kabupaten klaten seperti bendungan karang kendal, umbul brondong, umbul kapilaler atau sigedang, bukit patrum, gua maria sendang sri ningsih, river tubing pusur, umbul manten, umbul cokro, candi sewu, candi sojiwan, kali talang, pura candi untoroyono, air terjun gemulai, bukit cinta, candi plaosan, rowo jombor, umbul brintik, kali talang, umbul pluneng, sendang tirto sinongko dan museum gula. 

0 Response to "Umbul Ponggok wisata Kekinian Kabupaten Klaten "

Posting Komentar