Pulau Kera Bagaikan Surganya Wisata


Pulau Kera terletak di Desa Uiasa, Kecamatan Sulamu, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pulau Kera ini masuk dalam wilayah Taman Wisata Alam Laut (TWAL) teluk kupang. pulau ini merupakan pulau berpenduduk karena telah di tempati oleh warga pendatang sejak tahun 1911. di pulau kera ini penduduknya adalah Suku Bajo yang beragama islam. pulau kera ini merupakan pulau kecil yang memiliki luas kurang lebih 1 Km meter persegi. pulau ini memiliki pasir pantai yang berwarna putih dan sedikit kemerahan. Pulau Kera memiliki Air laut berwarna hijau tosca dan sangat jernih. Beberapa pohon kelapa dan cemara menghiasi pulau ini. Pantai di pulau ini cukup landai dan dangkal. bagi para wisatawan dapat melakukan kegiatan yang cukup asyik seperti Divingsnorkeling ataupun memancing. Beberapa spot terbaik untuk menyaksikan pemandangan sunset juga ada di pulau ini. meskipun nama pulaunya pulau kera namun, disini tidak terdapat kera. ada beberapa pendapat tentang asal usul pulau kera ini yaitu ada yang menyebutkan kata kera berasal dari kata kea (bahasa rote) yang artinya Penyu. karna pulau kera dulunya adalah tempat penangkaran binatang penyu. ada juga yang menyebutkan kata kera berasal dari kata Takera (bahasa solor) yang artinya ember atau tinta. 


Pantai Pulau Kera

Pantai disini memiliki warna biru yang sangat jernih dan baik untuk melakukan berenang dan berendam. untuk mencapai pulau kera tinggal menyeberangi pulau dengan kapal dari kota kupang. pulau ini hanya di huni tidak lebih dari 100 kepala keluarga. di pantai pulau kera ini juga banyak terdapat terumbu karang dan keindahan pantai lainnya. disini terdapat ombak juga. 

Terumbu Karang Pulau Kera

Fasilitas Pulau Kera

Di pulau ini masih minim fasilitas. disini ada Beberapa gubuk peristirahatan yang memang sudah tersedia di bibir pantai. Sebaiknya, Anda membawa bekal makanan dan minuman sendiri karena tidak ada warung makan di pulau ini. Yang ada hanyalah beberapa warung kelontong kecil yang menjual kebutuhan sehari-hari. terdapat juga sebuah mesjid dan sekolah disni. 

Gubuk Pulau Kera


Akses Lokasi Pulau Kera 

Pulau Kera bisa diakses melalui kota Kupang. Satu-satunya sarana transportasi menuju ke pulau ini adalah dengan menggunakan perahu. Rutenya adalah dari pusat kota Kupang, Anda bisa langsung menuju ke Pelabuhan Oeba, Kupang. Dari pelabuhan ini, Anda bisa menyewa perahu nelayan untuk menuju ke Pulau Kera. Waktu tempuhnya sekitar 30 hingga 45 menit perjalanan. Sebaiknya Anda melakukan perjalanan di pagi hari karena perahu nelayan yang menuju ke Pulau Kera biasanya hanya ada di waktu tersebut. disini anda juga dapat menginap. 



Demikanlah informasi tentang objek wisata Pulau Kera Kota Kupang. Pulau ini memiliki keunikan pantai yang sangat indah. tempat ini wajib untuk di kembangkan oleh pemerintah supaya menjadi tempat wisata yang di kunjungi banyak wisatawan. Ayo Kunjungi Segera!

0 Response to "Pulau Kera Bagaikan Surganya Wisata"

Posting Komentar