Museum Angkut Batu Jawa Timur


Museum Angkut terletak Desa Ngaglik, Kecamatan Batu, Kabupaten Batu, Provinsi Jawa Timur. kota batu terkenal dengan buah apelnya, namun kota batu juga terkenal dengan parawisatanya. Museum Angkut adalah tempat wisata dengan menghadirkan pemandangan yang tidak akan pernah anda temui di tempat wisata manapun karna wisata ini menghadirkan koleksi mobil dan motor yang sangat langka. Di museum ini anda juga akan di hadirkan koleksi mobil bersejarah yang di pakai oleh orang - orang penting seperti Ratu InggrisBung Karno dan lain-lain bahkan mobil SMK buatan anak bangsa yang di Uji coba oleh Dahlan Iskan juga terdapat di Museum ini. museum ini adalah salah satu objek pertama di indonesia dan asia yang memajang lebih dari 300 unit mobil antik (kuno) maupun yang modern baik yang memiliki mesin dan tidak memiliki mesin. museum ini telah di kunjungi oleh jutaan pengunjung setiap liburan tiba.


Museum Angkut Batu Malang

Sejarah Singkat Museum Angkut Batu

Tempat yang bersebelahan dengan D’Topeng ini didirikan pada tanggal 9 maret 2014 di atas sebidang tanah seluas 3,8 hektar. Museum ini menyimpan historial yang sangat membantu pendidikan mengenai sejarah kendaraan di dunia, sehingga diharapkan mampu memberikan dampak munculnya simpati, empati dan menghargai serta menghormati asal mula ataupun segala kejadian yang ada pada masa lampau. Karena semua perkembangan yang ada pada saat kini merupakan hasil pembelajaran di masa lalu. Dan untuk memperlengkapi pengetahuan yang dibutuhkan oleh pengunjung tentang angkutan trasportasi, di sini juga tersedia Movie Star Studio yang pertama kali ada di wilayah Malang. Museum ini mengandung sisi edukasi juga.

Mobil Kuno Presiden Soekarno

bagi para pemotret ataupun fotografer tidak perlu khawatir karena di museum ini terdapat tempat motret dengan ciri khas desain yang unik yaitu desain Gangster Town dan replika dari menara Eifel yang sangat indah. selain Gangster Town disini juga banyak terdapat yang menarik untuk di kunjungi seperti Hall Utama, Zona Eropa, Zona Edukasi, Zona Sunda Kelapa dan Batavia, Zona Istana Buckingham, Zona Las vegas, Zona Hollywood dan Pasar Apung Nusantara yang dapat anda kunjungi jika berada di museum Angkut Batu di malang ini.

Movie Star Museum Angkut

Zona Hall Utama 

Ruangan ini adalah ruangan pertama yang anda kunjungi di museum angkut batu. Di tempat ini terdapat berbagai koleksi mobil dari berbagai negara dan berbagai waktu, yang didukung dengan lampu-lampu eksotis sehingga menimbulkan kesan elegan. Sungguh unik dan anda pasti terkesan dan kagum dengan koleksi terbaik di tempat ini khususnya daerah malang. 

Zona Hall Utama Museum

Zona Eropa

disini anda akan di perlihatkan koleksi mobil angkutan transportasi negara-negara eropa seperti negara belanda, perancis, italia, jerman dan inggris. disini di kemas dengan begitu indah yang disajikan dengan nuansa malam. koleksi disini hanya terdapat sebuah mobil angkutan saja. 


Zona Eropa Pada Museum

Zona Edukasi

Wisata pendidikan di zona seluas 900 meter ini berisi tentang sejarah berbagai angkutan transportasi dari waktu ke waktu baik di Indonesia maupun di dunia. Temukan cara baru belajar tentang alat angkut di museum ini dengan cara yang menyenangkan dan interaktif.

Zona Edukasi Museum

Zona Sunda Kelapa dan Batavia

disini anda akan merasakan ditarik kembali ke suasana kota Jakarta tempo dulu saat menjadi pelabuhan terkenal di jaman Batavia. Temukan nuansa tempo dulu, tiruan menara Syahbandar dan berbagai jenis mobil dan angkutan transportasi kala itu akan serasa kembali ke jaman dulu.

Zona Sunda Kelapa dan Batavia Museum

Zona Istana Buckingham

Negara Inggris sebagai kerajaan paling tersohor di dunia dan terbukti menghasilkan berbagai transportasi berkelas seperti Blackburn, Triumph, Matchless, Royal Enfield, Fillir, Francis Barnett, Austin, Mini Cooper, Rolls Royce, serta jenis mobil lainnya, yang semuanya itu dihadirkan di Museum Angkut Malang ini. Ada juga mobil Land Rover yang pernah digunakan oleh Ratu Elizabeth saat parade di Australia. zona istana ini sangatlah menarik untuk di lihat. 

Zona Istana Buckingham Museum

Zona Las Vegas

Nuansa Amerika yang akan mewarnai malam anda dengan gerbang Las Vegas dan berbagai jenis mobil yang melintas. Suasana seru yang menarik ini juga tersedia di kawasan museum ini.

Zona Las Vegas Museum

Zona Hollywood

Di salah satu zona teramai di museum ini, anda akan menemukan berbagai alat angkut (mobil) yang digunakan dalam film Hollywood yang sering disebut sebagai mobil konsep. 

Zona Hollywood Museum

Zona Pasar Apung

Berbagai souvenir Museum Angkut serta makanan khas tradisional turut meramaikan suasana pasar tempo dulu dan nuansa pasar apung seperti yang ada di kampung air Margasari di kota Balikpapan. Berbagai kerajinan dan lukisan gaya seniman wilayah Batu seperti seni batik, ukir, karikatur, dan lain-lain dapat dipelajari, sekaligus anda dapat berinteraksi langsung dengan seniman dan membawa hasil karya seni yang anda pelajari di sini untuk edukasi.  


Zona Pasar Apung Museum

Harga Tiket Masuk Museum Angkut Batu

harga masuk kemuseum ini sangatlah terjangkau yaitu sebesar 60 ribu rupiah jika hari biasa yaitu senen hingga jum'at. bila hari libur harga tiket masuk wisata sebesar 80 ribu rupiah. jika anda membawa kamera DSLR dan sejenisnya kecuali handphone anda akan di kenai biaya sebesar 30 ribu rupiah. jika anda tertarik ingin mengunjungi museum D Topeng anda akan di kenakan biaya tambahan 10 ribu rupiah. museum ini buka dari pukul 12.00 hingga jam 20.00 wib, namun tempat loketnya telah di buka pada pukul 11.00 dan tutup jam 19.30 wib.  

Museum Angkut Batu

Fasilitas Museum Angkut Batu

museum angkut batu ini memiliki luas kurang lebih sekitar 3,7 Ha. fasilitas yang terdapat di museum ini sangatlah lengkap karna disini terdapat tempat beristirahat dan bagi anda yang suka merokok disini telah di sediakan tempat anda untuk merokok atau smoking area. disini juga ada tempat khusus ibu dan anak, toilet umum, tempat penyandang cacat, kursi roda, tim medis dan mobil antar gratis. jadi, kalau anda berlibur disini pasti nyaman dengan fasilitas ini.

miniatur menara eifeil museum angkut

Akses Lokasi Museum Angkut Batu

jika anda ingin mengunjungi wisata yang satu ini anda dapat menggunakan kendaraan pribadi dan kendaraan umum anda. jika anda menggunakan kendaraan pribadi dari kota malang jarak tempuh ke museum angkut hanya sekitar 15 menit bila tidak macet di perjalanan. anda hanya melewati jalan MT Haryono kemudian jalan pattimura dan saat di perempatan lippo plaza anda cukup belok kiri dan lurus lewati jalan sultan agung hingga anda akan menemukan tulisan museum angkut. jika anda menggunakan kendaraan umum rute yang harus anda tempuh yaitu anda naik saja angkot ADL kemudian turun di terminal Landung Sari. dari terminal Landung Sari anda bisa gunakan angkot lagi atau bisa juga menaiki bus dengan jurusan jombang. bus jurusan ini melewati museum angkut jadi anda dapat turun di Museum Angkut Batu.sedangkan untuk anda yang berada di luar kota anda dapat turun di terminal arjosari kemudian perjalanan anda menuju stasiun kota malang dan ikuti ulasan pergi ke museum ini dengan angkutan umum. 



Demikianlah informasi tentang objek wisata Museum Angkut Batu Jawa Timur. Museum ini adalah termasuk museum yang sangat lengkap dengan koleksi alat transportasi dunia hingga indonesia itu sendiri. Ayo Kunjungi wisata yang satu ini bersama keluarga anda.

4 Responses to "Museum Angkut Batu Jawa Timur"