Gunung Menumbing, Tempat Pengasingan Bung Karno


Gunung Menumbing terletak di Desa Air Belo, Kecamatan Mentok, Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung. Gunung Menumbing ini memiliki ketinggian sekitar 355 meter Dpl. Gunung Menumbing juga merupakan tempat pengasingan Bung Karno dan Bung Hatta oleh belanda pada tahun 1948 - 1949 Di Pulau Bangka. Selain Gunung Menumbing terdapat berbagai jenis Gunung lain seperti Gunung Maras dengan ketinggian 700 M, Gunung Mangkol dengan ketinggian 347 M, Gunung Permis 453 M dan Gunung  Puding dengan ketinggian 510 M. pada gunung ini terdapat tempat peristirahatan Bung Karno yang bernama Jati Wisata. wisma atau tempat pengasingan bung karno tersebut di jaga oleh keluarga dari Abdi Dalem Keraton Yogyakarta yang terus di lestarikan dari generasi ke generasi, yang dari awal bertanggung jawab untuk menjaga bung karno dan bung hatta selama pengasingan.


Gunung Menumbing, Tempat Pengasingan Bung Karno

Sejarah Gunung Menumbing yang ternyata menyimpan saksi perjuangan kala melawan penjajah belanda. di tempat inilah para pemimpin bangsa menyusun strategi setelah ibukota RI atau Yogyakarta diduduki oleh belanda. untuk para pengunjung atau wisatawan Gunung Menumbing wajib datang ke Wisma Manumbing karena tempat tersebut terdapat banyak barang peninggalan Bung Karno dan Bung Hatta. didalam wisma ini terdapat ruangan rapat yang lumayan luas, kendati kursi dan mejanya sudah tidak asli. kemudian mobil Ford yang pernah di gunakan oleh Ir. Soekarno. terdapat juga kamar tempatnya bekerja dan tidur di wisma tersebut. di teras wisma terdapat sebuah lonceng tua yang diikat di sisi tembok. konon sejarahnya lonceng ini dahulu biasa di bunyikan untuk memanggil tentara belanda untuk berkumpul.

Mobil Ford Bung Karno


di belakang wisma terdapat panorama yang indah, yang dimana saat anda naik ke atas akan terlihat pemandangan hutan yang sangat hijau dan kota bangka barat dari ketinggian. ketika malam tiba lampu-lampu akan menghiasi kota yang bersejarah tersebut. untuk masuk kedalam bangunan anda di pungut biaya sebesar Rp. 2500/orang. di luar ruangan juga terdapat tempat Bung Karno menulis dan membaca. pada kamar terdapat 1 kamar mandi, Lemari dan lain-lain.

Tempat Bung Karno Menulis

Akses Lokasi Wisata Gunung Menumbing 

untuk menuju ke lokasi anda harus melapor terlebih dahulu di Pos 1 atau pintu masuk wisata jika anda membawa mobil. hal ini di karenakan jalan menuju lokasi sangat sempit yang hanya bisa di lewati oleh 1 kendaraan saja. jika anda menggunakan mobil waktu yang dapat anda tempuh menuju lokasi selama 15 menit untuk sampai ke puncak, tetapi jika anda berjalan kaki dapat menempuh waktu untuk sampai selama 1 jam di perjalanan. jadi pergi dan pulang anda dapat menghabiskan waktu selama 2 jam. disisi jalan terdapat pohon-pohon menjulang dengan batu-batu besar yang berbentuk unik mengantar anda sampai ke atas atau tujuan anda. Cuaca di Lokasi ini cukup dingin, jadi alangkah baiknya pengunjung menggunakan pakaian hangat.

Kamar Bung Karno



Demikianlah tentang tempat bersejarah Bung Karno dan pemimpin republik indonesia di asingkan oleh para tentara belanda. wisata ini patut anda datangi saat anda lagi berjalan-jalan ke daerah kota bangka. Ayo Kunjungi Tempat Bersejarah Republik Indonesia Di Bangka.

0 Response to "Gunung Menumbing, Tempat Pengasingan Bung Karno"

Posting Komentar