Pulau Karimunjawa, Wisata Keindahan Bawah Laut


Kepulauan Karimunjawa atau Karimun Jawa adalah daerah kepulauan yang terletak di Laut Jawa (bagian utara Pulau Jawa) yang termasuk dalam Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Dengan luas daratan lebih kurang 1.500 hektar dan memiliki luas perairan lebih kurang 110.000 hektar.


Karena keindahan dari pesisir pantai dan keindahan dari dasar lautnya, kini Karimunjawa sekarang mulai di kembangkan sebagai wisata bawah laut. Kehidupan di bawah laut dengan berbagai biota indah membuat Karimunjawa sebagai salah satu dari sembilan Taman Nasional di Indonesia, mungkin Kepulauan Karimunjawa ini belum terlalu terkenal seperti Pulau Bali dan Lombok. Namun dari keindahan yang dimiliki, Pulau Karimunjawa ini juga tidak kalah saing.



Pulau Karimunjawa

Baca Juga : Pulau Weh, Pesona Keindahan Titik Nol Kilometer

Terdiri dari 27 pulau, lima pulau dihuni oleh penduduk, sementara sisanya adalah pulau tak berpenghuni. Sebagian besar lautan dan pantainya dipenuhi terumbu karang, rumput laut, hutan bakau, hutan pantai, dan hutan hujan dataran rendah tropis dengan keanekaragaman hayati yang tinggi.

lokasi karimunjawa

Hamparan pantai yang sejuk nan indah membuat segar mata memandangnya. bukan hanya itu, untuk akses perjalanan menikmati pantai juga tidak kalah menarik. Kita juga bisa menikmati pemandangan di bawah laut dengan ditemani ikan-ikan kecil yang berwarna warni. membuat suasana di bawah laut menjadi lebih nyaman dan indah. 

Snorkeling di Karimunjawa

Terumbu karang memanjakan mata, membuat suasana kedalaman laut yang menabjubkan. Yang penuh dengan hiasan kekayaan alam indonesia. Membuat kita tidak bosan dan lagi-lagi ingin terus merasakan kedamaian di bawah laut bersama ikan-ikan kecil.

Karimunjawa bawah laut

Satu lagi yang harus dan wajib kita ketahui dari keindahan laut Karimunjawa ini, yaitu ada Hutan di dalam Air! Bayangkan betapa indahnya pemandangan di laut ini, sudah seperti hidup didunia mimpi.

Baca Juga : Pulau Komodo, Habitat Asli Hewan Komodo

Menurut salah satu warga lokal yang juga menjadi Guide Diving, pulau ini punya terumbu karang yang tergolong sangat sehat. Tidak seperti di kebanyakan pulau, terumbu karang di sini besar dan subur. Karangnya sendiri bisa 2-5 kali besarnya dibandingkan tubuh manusia. Ditambah lagi dengan beberapa terumbu karang warna-warni yang menghiasi sekitar karang. Rasanya takkan sadar telah berenang ke mana. Selama ada pipa untuk bernafas, rasanya tak ingin mengangkat kepala untuk melepas pandangan dari bawah laut.

Terumbu Karang Karimunjawa

Bukan hanya itu, yang tidak kalah menariknya dari pulau ini adalah penginapan. Memang dengan bentuk penginapan yang sederhana tidak seperti hotel berbintang lima, tapi yang membuat unik dan mungkin menjadi penasaran bagaimana rasanya menikmati tidur diatas air. Mereka menyediakan Wisma Apung Jaya yang berposisi diatas air. Sesuai dengan namanya Apung Jaya yang berarti mengapung atau berdiri di atas air. Heemm.. membuat jadi penasaran bagaimana serunya berlibur di pulau ini.



Wisata Karimunjawa

Akses menuju ke Pulau Karimunjawa.


Menggunakan : Kapal Ferry, Kapal Motor Cepat. 
Pulau Karimunjawa di wilayah kabupaten Jepara ini bisa dicapai dari Pelabuhan Kartini Jepara menggunakan Kapal Motor Cepat, dengan waktu sekitar 2,5 jam sampai 3 jam. Jika kita menggunkana kapal ferry, waktu tempuh adalah berkisar 5 sampai 6 jam. Jika dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, kapal cepat Kartini I berangkat setiap hari Sabtu pukul 09 pagi ke Karimunjawa dan kembali dari Karimunjawa setiap hari minggu siang. Lama penyeberangan sekitar 2 sampai 3 jam tergantung cuaca.

Perlu diperhatika, tidak setiap hari ada kapal berangkat ke Karimunjawa atau sebaliknya. Jadwal kapal ferry dari Jepara ke Karimun hanya berangkat pada Selasa, Rabu, dan Sabtu. Sedangkan untuk motor cepat berangkat Senin, Selasa, Jumat dan Sabtu.

Hemm.. pasti pada penasaran kan bagaimana keindahan dan keseruan di Pulau Karimunjawa?Manfaatkan waktu libur anda dengan menikmati keindahan Alam Indonesia.

1 Response to "Pulau Karimunjawa, Wisata Keindahan Bawah Laut"