Pantai Klayar Pacitan Yang Sungguh Mempesona dan Unik


Pantai Klayar Pacitan terletak di Desa Kalak, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur. pantai klayar adalah salah satu pantai yang populer dan sering dikunjungi oleh para wisatawan dari berbagai daerah. pantai klayar pacitan memiliki pesona dan menyimpan sejuta keindahan serta misteri yang menjadikan pengunjung terpesona. wisata pantai klayar pacitan ini memiliki pasir pantai yang berwarna putih kecoklatan yang sangat lembut dan bersih. bagian tengah pantai terdapat sebuah bebatuan karang yang tidak hanya sekadar hasil dari erosi air laut. Konon katanya batu tersebut merupakan hasil pertarungan makhluk  gaib yang terjadi di Pantai Klayar. Batu Karang yang tersebut tersambung dengan bebatuan Karang yang ada di pinggiran Pantai Klayar bahkan bisa didaki karena sudah disediakan tangga dari beton sehingga mudah diakses oleh pengunjung. pantai klayar juga memiliki atraksi yang sering diadakan di pantai klayar ini. atraksi tersebut adalah atraksi Seruling Samudra yang sering dinanti bagi yang berkunjung ke wisata ini. Seruling Samudra merupakan sebutan untuk sebuah Lubang Batu Karang yang berada di balik tebing. Dinamakan Seruling Samudra karena ketika angin dan air laut menembus lubang tersebut, maka akan terdengar seperti suara seruling dari laut. keunikan dari pantai klayar ini adalah sebuah air mancur yang berada di tengah laut setinggi 10 hingga 15 meter. bukan hanya itu saja, disini juga terdapat sebuah fenomena alam yang dimana terdapat bebatuan yang mirip dengan Patung Sphinx yaitu Patung Singa dengan Kepala Manusia yang ada di Mesir. Keunikan tebing batu tersebut sering kali dijadikan objek wisata oleh para wisatawan Pantai Klayar. wisata ini tidak akan membuat pengunjung bosan saat dikunjungi.


Pantai Klayar Pacitan

kota pacitan juga terkenal dengan nama kota seribu satu goa yang dimana disini adalah tempat kelahiran presiden RI ke 6 yaitu bapak susilo bambang yudhoyono. goa-goa tersebut berhias stalagtit dan stalakmit. dua goa yang sangat terkenal di kota pacitan yang sangat terkenal yaitu goa tabuhan dan goa gong yang konon merupakan goa tercantik di asia. selain Pantai Klayar, kota pacitan juga memiliki wisata pantai lain seperti pantai teleng ria, pantai watu karang, pantai banyu tibo, pantai soge, pantai srau, pantai taman dan pantai bayutan. pantai klayar juga sebagai tempat objek wisata favorit di Provinsi jawa timur. pantai klayar juga menyimpan sebuah misteri atau mitos tentang tiga sumur yang terdapat di belakang tebing batu. menurut kepercayaan warga setempat, dua dari tiga sumur tersebut yaitu sumur sunyarata dan sumur cindelaras. konon katanya jika pengunjung membasuh wajah dengan air sumur, maka wajahnya akan memancarkan aura kebaikan. sumur pertama bentuknya paling besar dan digunakan untuk memandikan serta mengobati kuda balap. sumur kedua dan ketiga yang berukuran lebih kecil yaitu sumber air kebaikan menurut warga setempat. ditempat ini juga banyak terdapat pohon kelapa. dari atas bukit atau tebing pengunjung dapat mengambil gambar yang inda, bagi pengunjung yang hobi dengan photography. deburan ombak pantai ini cukup besar dan memiliki karang-karang yang menambah keindahan pantai ini. di atas batu karang pengunjung dapat melihat hewan laut seperti bintang laut, kerang-kerangan, limpet dan rumput laut. aktifitas warga setempat adalah memanjat pohon kelapa untuk mengambil nira yang digunakan sebagai bahan baku pembuatan gula jawa. disini juga terdapat makanan dan minuman khas jawa timur.

Wisata Populer di Jawa Timur

Sejarah Singkat Pantai Klayar Pacitan 

pantai klayar mempunyai kisah dibalik nama klayar itu sendiri yang dimana terdapat dua versi cerita yang berbeda. Versi pertama mengungkapkan bahwa dahulu kala ada sebuah Perahu yang diterjang Ombak besar dan terdampar di Pantai ini. Perahu yang terombang ambing diterjang Ombak sebelum terdampar disebut dengan istilah “Glayar” yang kemudian lama kelamaan kata “Glayar” berubah menjadi kata Klayar yang kini menjadi nama Pantai tersebut. Versi kedua asal mula penamaan Pantai Klayar yakni dahulunya memang Pantai ini seringkali dijadikan dikunjungi penduduk untuk berjalan-jalan baik di Pagi maupun Sore Hari. Klayar berasal dari istilah bahasa jawa yakni “klayar-kluyur” yang artinya berjalan-jalan, lama kelamaan kata tersebut lebih di singkatkan menjadi Klayar untuk mempermudah penyebutan. itulah versi cerita tentang asal usul sejarah tentang nama pantai Klayar pacitan Provinsi Jawa Timur.

Pasir Pantai Klayar Pacitan Jawa Timur

Harga Tiket Masuk Pantai Klayar 

untuk harga tiket masuk objek wisata pantai klayar pacitan tidaklah mahal dan sangat terjangkau. jika hari senen hingga jumat harga tiket masuk seharga 5.000 ribu per orangnya. namun jika pengunjung dan wisatawan datangnya pada hari weekend atau hari libur serta hari sabtu hingga minggu harga tiket berubah menjadi 10.000 per orangnya. bagi yang membawa kendaraaan roda dua atau kendaraan roda empat akan di kenakan biaya parkir sebesar 2.000 ribu rupiah untuk kendaraan roda dua serta 5.000 ribu rupiah untuk kendaraaan roda empat.  


objek wisata pantai klayar Kabupaten Pacitan

Fasilitas Wisata Pantai Klayar Pacitan

untuk masalah fasilitas pantai klayar pacitan tergolong masih minim untuk fasilitas wisata. namun, wisata ini harus tetap di kunjungi karena memiliki berbagai keunikan yang ada didalamnya. disini terdapat parkir yang cukup luas, kamar mandi, wc umum, mushola dan warung makanan dan minuman. jika pengunjung ingin menginap, terdapat homestay di kawasan perkampungan penduduk yang tidak jauh dari pantai. homestay ini berupa rumah-rumah yang disewakan kepada para wisatawan. namun, jika pengunjung dan wisatawan ingin menginap di hotel terdapat hotel di daerah kecamatan donorejo atau kecamatan-kecamatan lainnya. beberapa hotel yang tidak jauh dari pantai klayar adalah palai teleng ria beach resort, hotel srikandi, hotel bali asri, alloro guest house, harris ocean house, hotel graha prima, guest house pacitan, hotel permata, homestay larasati dan masih banyak lagi hotel-hotel yang lainnya.    

Gerbang Masuk Pantai klayar


Akses Lokasi Wisata Pantai Klayar Pacitan 

untuk menuju wisata pantai klayar pacitan pengunjung bisa melalui berbagai akses jalan yang ada. bisa menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi. jika pengunjung atau wisatawan berada di luar dari kota solo atau kota yogyakarta, bisa menggunakan pesawat untuk sampai ke kota tersebut. Bagi pengunjung yang datang dari arah kota Pacitan, hanya perlu mengikuti jalur bis Solo Pacitan, kemudian belok kiri pada pertigaan Dadapan. Setelah tiba di desa Candi selanjutnya belok kanan. Kemudian lurus terus telusuri jalan tersebut sampai kemudian menemukan pertigaan selanjutnya beserta petunjuk arah yang mengarahkan pengunjung menuju Pantai Klayar. bagi pengunjung dan wisatawan yang datang dari arah Yogyakarta, bisa melewati Wonosari atau Gunung Kidul dari kedua daerah tersebut, pengunjung mengambil arah lurus ke arah timur menuju daerah pathuk. Dari Pathuk selanjutnya menuju arah Pracimantro, kemudian menuju Giribelah, selanjutnya melewati daerah Punung. Di sepanjang jalan Punung ada papan penunjuk arah menuju Pantai Klayar. dari kota pacitan waktu yang ditempuh sekitar 1 sampai 1,5 jam dengan jarak 40 km dengan menggunakan kendaraan roda dua ataupun kendaraan pribadi. akses dari kota pacitan pengunjung harus mengambil arah punung. begitu tiba di pasar punung terus jalan lurus hingga melewati pom bensin dan masjid besar punung. kemudian pengunjung akan menjumpai pertigaan ambil jalan yang belok kekiri dan ikuti jalan poros yang menuju kawasan goa gong. didekat lokasi wisata goa rong, anda akan menjumpai pertigaan yang akan mengantar anda ke goa gong jika pengunjung berbelok kiri. jadi jika ingin sampai ke lokasi tujuan pengunjung harus lurus agar sampai ke pantai klayar. ada banyak rute yang dapat anda tempuh untuk sampai ke lokasi. jika pengunjung melewati rute yogyakarta, anda akan menempuh jarak sekitar 102,4 km dengan waktu tempuh sekitar 3 jam perjalanan. semua tergantung pengunjung dan wisatawan.



Demikianlah informasi tentang Objek Wisata Pantai Klayar Pacitan Jawa Timur. Pantai ini adalah salah satu pantai yang banyak di kunjungi oleh pengunjung dalam kota dan luar kota. 

2 Responses to "Pantai Klayar Pacitan Yang Sungguh Mempesona dan Unik "