Danau linow Wisata Populer di Sulawesi Utara


Danau Linow terletak di Kelurahan atau desa Lehendong, Kecamatan Tomohon Selatan, Kabupaten atau Kota Tomohon. Provinsi Sulawesi Utara. Kota Tomohon diapit oleh dua gunung yaitu gunung lokon dan gunung mahawu yang membuat kota ini menjadi sejuk. alam yang begitu indah dan penorama perbukitan dan pegunungannya membuat kota tohomon memiliki keindahan tersendiri. kota tomohon juga memiliki julukan yaitu kota seribu bunga. danau linow adalah salah satu destinasi wisata unggulan kota tomohon yang memiliki keunikan pancaran 3 warna keindahan. wisata danau linow memiliki keunikan lain seperti Bau menyerupai telur busuk yang langsung menusuk hidung pada saat berada di area Danau Linow. Aroma ini berasal dari bau belerang yang tersebar di sekitar danau. Konon, belerang ini merupakan sisa letusan Gunung Mahawu yang terjadi ratusan tahun yang lalu. nama danau linow ini diambil dari bahasa minahasi lilinowan yang berarti tempat berkumpulnya air yang dimana air danau dapat berubah-ubah warna menjadi warna hijau, biru dan kuning kecoklatan. Perubahan warna terjadi karena ada unsur belerang yang tertimbun di dalam danau serta pembiasan dan pantulan sinar matahari yang menyebabkan warna air di Danau Linow bisa berubah. pengunjung dan wisatawan tidak dapat melakukan aktivitas berenang disini, karena danau ini memiliki kandungan belerang yang tinggi dan dapat membuat tubuh menjadi terluka serta berakibat fatal. danau Linow Tomohon juga dapat dijadikan tempat mengabadikan foto kedalam sosial media yang instagrammer seperti facebook, instagram, twitter dan masih banyak lagi sosial media lainnya. meskipun keberadaan danau linow belum banyak yang mengetahui, namun wisata ini adalah tempat wisata yang sangat menarik untuk di kunjungi yang berada di provinsi sulawesi utara. wisata danau linow dan bukit doa ini di kelola oleh pihak swasta. danau linow juga dikenal dengan nama danau 3 warna oleh warga setempat. selain pesona danau linow yang indah, pengunjung dapat juga melihat sebuah pesona desa lahendong yang berada di dekat danau.  



wisata danau linow sulawesi utara

pengunjung dan wisatawan yang datang bukan hanya datang dari lokal saja, namun wisatawan asing atau mancanegara juga pernah sampai ke wisata danau linow ini. danau linow memiliki banyak gelembung-gelembung air yang naik dari dasar danau. gelembung ini berasal dari gas belerang di dalam tanah. jadi, karena belerang inilah daerah lahendong terkenal dengan pemandian air panasnya. Pada tepian danau juga telah dibangun instalasi geotermal milik Pertamina. disinilah terdapat Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTPB). danau linow juga memiliki luas danau sekitar 34 hektar dan kedalaman mencapai sekitar 5 meter. yang biasanya pengunjung yang membawa pasangan menjadikan danau menjadi tempat nokrong yang menarik. jika pengunjung ingin berkeliling danau, ada tempat tracking untuk pejalan kaki dengan suasana sejuk dengan campuran bau belerang. disini juga banyak pasangan yang melakukan foto prawedding sebagai background foto yang menarik. disini pengunjung juga dapat menikmati makanan pisang goreng dan makanan khas minahasa tinutuan yang enak. danau ini semakin bertambah keindahannya dengan aktivitas warga setempat yang sedang menanam padi, jagung dan rempah-rempah. sebelum memasuki danau linow, pengunjung dapat melihat bunga sakura dan bunga kamboja yang berada di depan gerbang danau linow ini. sekitar objek wisata, selain burung Blibis terdapat juga serangga terbang yang diaman masyarakat setempat menyebutnya serangga "sayok / komo". Serangga ini ribuan dan cukup unik karena itu juga dikonsumsi oleh masyarakat setempat yang tinggal di sekitar danau. di tepian danau juga banyak yang melakukan aktivitas menggambar atau melukis diatas kanvas. selain danau linow, kota tomohon juga terkenal dengan berbagai macam flaura dan faunanya. Tepat di ujung jalan tersedia sarana wisata berupa perahu kayuh  dan kano yang bisa disewa. Dengan perahu kayuh atau kano, pengunjung dapat mengitari seluruh area danau linow. namun, pengunjung dan para wisatawan dilarang mendekat ke bagian danau yang dialiri sumber air panas. suhu udara pada danau linow mencapai 18 hingga 20 derajat celsius, membuat suasana semakin nyaman dan segar.

danau tiga warna sulawesi utara

Sejarah Singkat Danau Linow

wisata danau linow yang unik ini juga memiliki sejarah wisata yang unik juga. dimana danau linow konon katanya adalah sebuah kawah alam yang dihasilkan dari letusan 500.000 ribu tahun yang lampau. karna letusan ini terjadilah sebuah danau yang kini menjadi wisata unggulan kota tomohon. pengunjung dapat melihat sejarah dan keunikan 3 warna air danau linow tomohon. 

keindahan panorama Danau Linow Tomohon

Harga Tiket Danau Linow Tomohon

untuk pembaca blog sempaker tidak perlu khawatir dengan harga tiket wisata yang indah ini, karena harga tiket danau linow tidak begitu mahal dan masih pas di kantong pengunjung yang memiliki kantong pas-pasan. untuk harga tiket danau linow pengunjung hanya membayar sekitar 25.000 ribu rupiah per orangnya dan ditambah secangkir kopi atau teh. namun, bila pengunjung merasa harga tersebut cukup mahal, pengunjung dapat turun sedikit ke kedai di bagian bawah, di sana wisatawan cukup mengeluarkan biaya sebesar 5.000 ribu rupiah perorangnya. tempat tersebut langsung bisa menikmati keindahan Danau Linow dari tepian. biaya parkir untuk kendaraan roda dua sekitar 2.000 ribu rupiah dan untuk biaya perkir roda empat sekitar 5.000 ribu rupiah. untuk harga sewa perahu kayuh yang mampu memuat empat orang tarif sewanya sekitar 50.000 ribu rupiah per jam, sementara kano disewa seharga 60.000 ribu rupiah per jam. 



Cafe Objek Wisata Danau Linow

Fasilitas dan Akomodas Wisata Danau Linow

fasilitas yang berada di danau linow bisa dibilang tidak kalah dari wisata danau yang lainnya. disini terdapat berbagai macam fasilitas seperti resort, hotel, foodcourt, Spa massage, kamar mandi dan area parkir yang cukup luas. penginapan dan hotel disini beragam yang dimana terdapat hotel kelas melati dan hotel berbintang lima. hotel terdekat yang disarankan untuk pengunjung dan para wisatawan yaitu Onong’s Palace Resort dan Highland Resort dan Spa.


Danau Linaw Hotel

Akses Lokasi Wisata Danau Linow  

bagi pengunjung dan wisatawan yang berada di luar pulau sulawesi disarankan untuk menaiki pesawat menuju kota manado agar perjalanan anda tidak terlalu lama. danau linaw ini berjarak 30 km dari kota manado dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan. Danau Linow juga dapat ditempuh 3 km arah ke barat dari Kota Tomohon. saat perjalanan menuju wisata danau linow, pengunjung dan wisatawan akan di llihatkan sebuah Gunung Lokon yang masih aktif yang tersaji di sini. gunung ini Memiliki bentuk hampir segitiga sempurna dan dikelilingi hijaunya pepohonan. pengunjung dapat juga menggunakan kendaraan umum dari terminal bus di kota tomohon dengan jarak 700 meter untuk menuju lokasi danau linow sulawesi utara yang populer. 



Demikianlah Informasi tentang Objek Wisata Danau Linow Provinsi Sulawesi Utara yang terkenal. wisata ini bagus untuk tempat bersantai bersama keluarga, pacar, teman dan sahabat anda jika berkunjung di daerah tomohon. tempat yang lagi populer di kawasan sulawesi utara.

0 Response to "Danau linow Wisata Populer di Sulawesi Utara"

Posting Komentar