Air Terjun Mangku Sakti,Terpaku Menatap Keindahan Lombok


Mangku Sakti berarti "Penunggu Yang Ilmu nya Sangat Sakti" itu menurut salah satu warga.
Mangku dalam bahasa Lombok berarti TETUA. 
Asal mulanya gini, pada zaman dahuluu ada seorang Mangku yang beranama Titi Kastura yang menjadi juru kunci dikaki Gunung Rinjani, beliau dijuluki Mangku Gunung atau biasa disebut sang penjaga gunung. Dikehidupan nya sehari hari beliau memliki seorang patner bernama Sembrani. Sembrani ini adalah seekor kuda.
Setelah Titi Kastura ini meninggal, Warga menemukan Air terjun yang diapit oleh berbatuan.
Disisi kiri air terjun yg tersusun berbatuan membentuk wajah yang diyakini warga setempat sebagai wajahnya mangku.
Jadi begitulah mengapa air terjun ini dinamai Mangku Sakti




Kombinasi Berbatuan dengan Pohon-pohon menghasilkan suasana yang sejuk dan nyaman, Air yang mengalir diantara berbatuan serta memiliki kolam hasil dari air yang berjatuhan sangat cocok bagi para pemburu poto-poto keindahan alam, tak usah diragukan lagi. Air Terjun Mangku Sakti selalu memberi lebih. Jangan Hanya dimuluk-mulukan dengan kata-kata penulis blogger. Datang dan Buktikan!
Ingat, keindahan alam tidak untuk dirusak.



Sumber : diditpharm.blogspot.com
Lokasi :

Air terjun mangku sakti berada di Desa Sajang, kecamatan sembalun, kabupaten Lombok Timur
Air terjun ini berjarak kurang lebih 175 km  dari kota Mataram (Ibu Kota Propinsi Nusa Tenggara Barat).   Waktu tempuh yang dibutuhkan sekitar 4 jam perjalanan.
Terdapat dua alternatif rute jalan yang bisa dilalui melalui Kota Mataram. Rute pertama dengan melewati kawasan Kabupaten Lombok Timur yaitu Mataram-Narmada-Mantang-Kopang-Terara-Sikur-Aikmel-Suwela-Sapit-Lemor-Sembalun Bumbung-Sembalun Lawang-Sajang. Sedang rute kedua melewati jalur Kabupaten Lombok Utara yaitu Mataram-Pusuk atau sepanjang jalan Pantai Senggigi-Pemenang-Tanjung-Gondang-Selengan-Batu Gembung-Desa Senaru-Dasan Grisak-Desa Sambiq Elen-Sajang.
Setelah tiba di Desa Sajang akan ditemui jalan tanah sekitar 4 km menuju air terjun. Sepanjang  jalan ini Anda akan melintasi bangunan milik warga setempat ( yang berarsitertur Hindu), padang savana, dan kebun warga. (sumber : http://adilombok.blogspot.co.id/2014/11/air-terjun-mangku-sakti.html)





0 Response to "Air Terjun Mangku Sakti,Terpaku Menatap Keindahan Lombok"

Posting Komentar